Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Alasan Mengapa Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga menjadi kegiatan terpenting dalam menjalani hidup, karena dengan berolahraga maka tubuh akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun masih banyak orang yang mengalami cidera saat berolahraga. Banyak faktor yang menyebabkan cidera salah satunya yaitu tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga. 
 
Kesalahan tersebut banyak dilakukan oleh para pemula yang belum memahami tentang kinerja otot terutama otot kaki. Nah bagi Anda yang ingin melakukan olahraga berat, maka lakukanlah pemanasan secara maksimal agar tidak mengalami cidera yang serius. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Mengapa Harus Melakukan Pemanasan?

8 Alasan Mengapa Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Maningkatkan Aliran Darah ke Otot

Jika tubuh sudah lama tidak melakukan olahraga maka peredaran darah dalam tubuh kurang maksimal, dan biasanya orang akan sulit untuk melakukan gerakan saat olahraga. Maka dari itu agar gerakan Anda bisa lancar maka sebaiknya lakukanlah pemanasan. Jadi tidak heran jika melakukan pemanasan sebelum olahraga bisa mengurangi nyeri pada otot.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Tidak melakukan pemanasan justru akan membuat ketidakseimbangan otot dan postur tubuh kurang baik. Biasanya orang yang sedang pemanasan mereka melakukan gerakan-gerakan tertentu dimana gerakan tersebut berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh.

3. Mencegah Varises

Pasti semua orang tidak akan mau mengalami varises terutama anak muda yang ingin mendaftar TNI atau Polri, ketika pendaftaran pasti akan dicek bagian kaki apakah terdapat varises atau tidak. Jika mengalami varises otomatis tidak akan lolos seleksi. Maka dari itu ketika ingin olahraga maka lakukanlah pemanasan terlebih dahulu agar otot terlatih dan peredaran darah semakin lancar.

4. Meningkatkan Performa Saat Berolahraga

Saat ingin mengikuti perlombaan contohnya lomba lari atau pertandingan sepak bola, maka biasanya pelatih akan menyuruh anak buahnya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar nantinya bisa lebih bersemangat saat bertanding. Orang yang sering melakukan pemanasan jauh lebih bugar dibandingkan dengan orang yang tidak pemanasan. Selain itu Anda tidak akan mudah lelah jika sebelum olahraga pemanasan terlebih dahulu.

5. Mencegah Stres

Pemanasan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga akan bermanfaat bagi mental seseorang terutama bisa mencegah stres. Stres ditimbulkan karena terdapat otot yang tegang dan memikirkan banyak permasalahan. Nah dengan melakukan pemanasan, maka pikiran akan menjadi tenang dan terhindar dari stres.

6. Mental Menjadi Lebih Siap

Kekuatan mental bisa dilatih dengan cara memaksimalkan pemanasan sebelum berolahraga. Jika Anda melakukan pemanasan otomatis kemampuan akan lebih unggul dibandingkan dengan teman yang tidak pemanasan terlebih dahulu. Selain itu juga bisa membuat Anda bisa melakukan olahraga dengan baik dan memberikan semangat setiap kegiatan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain terjadi cidera pada otot, bagian tubuh lain yang rawan cidera yaitu tulang, terlebih jika tulang sudah mengalami pengeroposan pasti akan mudah sekali terjadi masalah. Nah bagi Anda yang ingin menjaga tulang agar tetap normal maka bisa melakukan pemanasan, karena dengan pemanasan maka tulang akan menjadi licin dan fleksibel.

8. Mencegah Sakit Kepala

Hampir semua orang pasti ketika berolahraga akan mengalami pusing, bahkan ada juga yang sampai pingsan. Nah jika pemanasan selalu dilakukan maka akan mencegah terjadinya sakit kepala yang berlebihan. Bahkan setelah melakukan pemanasan Anda akan semakin rileks ketika menghadapi pertandingan. 
 
Jangan menyelekekan pemanasan karena jika sekali saja Anda tidak melakukannya, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh maupun mental. Tetapi jangan terlalu lama dalam pemanasan karena itu malah akan membuat tubuh merasa lelah dan tidak tahan lama ketika berolahraga di lapangan.