Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Yang Harus Dicoba Untuk Menambah Relasi Saat Menjadi Mahasiswa

Dunia perkuliahan memang sangat berbeda dengan sekolah, karena saat kuliah memiliki banyak waktu luang yang harus digunakan untuk berbagai macam hal seperti memperluas relasi dengan banyak orang. Ketika menjadi mahasiswa jangan hanya mengerjakan tugas di kos saja, tetapi sekali-kali harus selalu aktif di luar agar mengetahui banyak hal yang nantinya bisa menjadi modal utama dalam menuju kesuksesan. Kesuksesan tidak akan datang jika kita tidak memiliki koneksi yang banyak di luar kampus. Untuk itu jika Anda sekarang masih kuliah sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini untuk memperluas relasi.

Tips Menambah Relasi

7 Tips Yang Harus Dicoba Untuk Menambah Relasi Saat Menjadi Mahasiswa

1. Ikut Organisasi

Anda harus mengikuti organisasi baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus, karena dengan mengikuti organisasi maka pola pikir Anda akan semakin dewasa dan juga bisa melatih public speaking dengan baik. Selain itu Anda juga akan mendapatkan berbagai macam pengalaman dari orang lain di dalam organisasi tersebut. Apabila Anda ikut organisasi di luar kampus dan berkumpul dengan orang yang sudah sukses, maka otomatis mereka akan terbuka dengan Anda dan jika setelah lulus Anda belulm mendapatkan pekerjaan bisa meminta bantuan orang tersebut. Itulah pentingnya mengikuti organisasi untuk menunjang karir kedepannya.

2. Perbanyak Relasi Dengan Alumni

Hampir semua kampus tiap tahunnya mengundang alumni yang sudah sukses di dunia pekerjaan. Nah dari situlah Anda bisa berkenalan secara langsung dengan mereka dan jangan merasa malu, karena jika malu Anda tidak akan mendapatkan ilmu dari alumni tersebut. Setiap alumni pasti akan membagikan banyak tips mulai dari cara mencari perusahaan yang baik sampai cara menghadapi tes wawancara kerja. Untuk itu jika ada alumni yang datang ke kampus maka langsung saja sapa mereka dengan baik, pasti mereka juga akan merespon Anda dengan baik.

3. Gabung Komunitas

Di setiap kota pasti ada yang namanya komunitas yang diadakan oleh pemuda yang ada di kota tersebut. Anda juga bisa bergabung di komunitas sesuai dengan hobi yang Anda miliki, contohnya Anda hobi menulis maka bisa bergabung dengan komunitas blogger, jika Anda hobi di otomotif maka bisa gabung dengan komunitas motor, dan masih banyak komunitas yang lainnya. Mengapa harus gabung komunitas? Karena itu akan memperluas relasi dan juga menambah kekeluargaan.

4. Membangun Bisnis

Membangun sebuah bisnis juga akan menambah relasi kita saat menjadi mahasiswa, karena jika bisnis sudah berkembang maka akan semakin banyak orang yang mengenal Anda baik itu secara langsung maupun lewan media sosial. Selain itu seorang pebisnis ketika mendapatkan suatu kesulitan maka akan menanyakan kepada orang yang sudah ahli di bidang tersebut, dan pastinya akan memperoleh relasi yang cukup luas dan bisa menambah ilmu tentang dunia bisnis.

5. Banyak Bergaul Dengan Dosen

Sebagian mahasiswa menganggap bahwa dosen merupakan orang yang paling ditakuti di perkuliahan, tetapi kenyataannya banyak sekali dosen yang akrab dengan mahasiswanya dan cenderung mudah untuk diajak ngobrol. Dosen pasti lebih mengetahui dunia luar dan jika Anda akrab dengan dosen maka ketika mendapatkan kesulitan pasti akan dibantu dan diberikan jalan keluar. Cara agar bisa dekat dengan dosen yaitu dengan cara menjadi ketua kelas, menjadi pengurus UKM atau bahkan bisa menjadi asisten dosen.

6. Mengikuti Seminar

Di perkuliahan pasti ada banyak sekali seminar yang diadakan oleh kampus, baik itu seminar tentang pendidikan atau tentang bisnis. Untuk itu setiap kali ada seminar maka ikutilah karena dari materi seminar tersebut Anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan juga bisa menambah relasi. Ilmu yang didapatkan dari seminar juga bisa diterapkan di kehidupan setelah lulus.

7. Nongkrong Dengan Teman Beda Kampus

Saat masih sekolah pasti Anda memiliki banyak teman yang setelah lulus SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, dan pastinya berbeda-beda, ada yang kuliah di negeri dan ada juga yang lebih memilih di swasta. Nah Anda bisa nongkrong bareng teman Anda yang berbeda kampus agar bisa mendapatkan banyak informasi penting dan menambah relasi. Selain itu Anda bisa saling bertukar pengalaman selama kuliah, dan itu akan menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa.
 
Manfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin terutama dalam hal mencari relasi. Mencari relasi tidak harus dengan teman satu kampus, bisa juga dengan teman beda kampus agar pengalaman semakin bertambah. Jika relasi Anda luas, maka setelah lulus tidak terlalu bingung mau ke mana karena pasti akan ada banyak sekali saran dari teman Anda yang sudah lulus. Jangan pilih-pilih dalam berteman karena bisa jadi teman yang dulunya Anda ejek bisa berpengaruh besar terhadap karir Anda di masa depan.