Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Mengatasi Sifat Sering Menunda Pekerjaan

Sifat sering menunda masih banyak dilakukan semua orang terutama pelajar dan mahasiswa, contohnya menunda mengerjakan tugas dan akhirnya tugas tersebut dikerjakan saat mendekati dedline atau tenggang waktu. Jika hal tersebut Anda lakukan maka yang terjadi hasil tugas tidak akan makasimal karena dari cara mengerjakannya pun tidak serius dan terburu-buru. Maka dari itu sifat sering menunda harus segera dihindari agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Nah bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengatasi sifat tersebut, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sifat sering menunda pekerjaan lama-kelamaan hilang.

Sering Menunda Pekerjaan?

5 Tips Mengatasi Sifat Sering Menunda Pekerjaan

1. Niat

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan niat, karena jika suatu pekerjaan diawali dengan niat pasti kedepannya akan berjalan dengan baik. Jika Anda sudah niat maka lakukanlah pekerjaan tersebut dengan fokus hingga selesai, dan jangan terpengaruh dengan godaan lain, contohnya godaan dari teman Anda yang tiba-tiba ngajak bermain atau godaan dari Hp.

2. Buat Dedline Palsu

Jika Anda seorang mahasiswa pasti ketika praktikum atau ada tugas lainnya dari dosen memberikan sebuah dedline dan biasanya sekitar 1 minggu pengumpulan. Dari dedline tersebut pasti sebagian mahasiswa meremehkan dan akhirnya mereka mengerjakan tugasnya mendekati dedline. Nah untuk mengatasi semua itu, maka Anda harus membuat dedline palsu, contohnya jika dedline asli dikumpulkan pada tanggal 15 maka Anda bisa membuat dedline palsu pada tanggall 13, atau juga bisa lebih cepat. Apabila cara tersebut Anda lakukan secara terus-menerus, maka dalam mengerjakan tugas pasti tidak akan ada masalah.

3. Tidur Yang Cukup

Kualitas tidur seseorang akan mempengaruhi cara mereka menyikapi segala hal terutama pekerjaan. Nah bagi Anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa maka perbaiki kualitas tidurnya, maksimal tidur yang baik yaitu sekitar 5 jam. Dan jangan pernah begadang atau nongkrong dengan teman yang tidak ada manfaatnya. Lebih baik waktunya digunakan untuk isntirahat agar saat mengerjakan tugas atau pekerjaan bisa lebih fokus.

4. Hindari Media Sosial

Saat mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya, Anda harus menghindari yang namanya media sosial, seperti Instagram, facebook, whatsapp atau yang lainnya. Kebanyakan mahasisawa saat mengerjakan tugas pasti sambil bermain Hp dan jika hal tersebut terus dilakukan maka yang terjadi yaitu tugas tidak akan pernah selesai, karena mereka lebih senang dengan media sosialnya dan meninggalkan tugas yang sudah dimulai dari awal. Untuk itu lebih baik jauhkan Hp saat sedang mengerjakan tugas agar nantinya bisa diselesaikan dengan baik.

5. Lihat Saingan Anda

Setiap orang pasti mempunyai saingan, maksudnya saingan dalam hal positif contohnya saingan dalam prestasi di sekolah atau di kampus. Nah ketika Anda mempunyai saingan, maka otomatis akan terus bergerak melakukan segala hal agar bisa mengalahkan saingan Anda tersebut. Setiap mahasiswa pasti akan merasa puas jika sudah bisa mengalahkan saingannya. Maka dari itu Anda perlu mencari salah satu teman yang sekiranya pintar di kelas, dan jadikan teman tersebut sebagai saingan Anda dalam belajar. Dengan begitu pasti Anda tidak akan menunda pekerjaan lagi dan pasti akan terus bersemangat.
 
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sifat sering menunda bisa diatasi dengan mudah jika kita mempunyai tujuan yang jelas dan semua itu tergantung dari pribadi masing-masing. Jika seseorang sudah mempunyai target dan tujuan maka sesulit apapun pekerjaannya pasti akan dilakukan dengan maksimal.