Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Mengatasi Rasa Gengsi Yang Berlebihan Pada Remaja

Gengsi merupakan salah satu sifat seseorang yang mengutamakan martabat, kehormatan dan harga diri. Biasanya orang yang memiliki gengsi yang tinggi mereka tidak percaya dengan kemampuannya atau dengan keadaan yang sedang dialami sekarang. Sifat gengsi biasa dimiliki oleh anak muda dimana mereka merasa tidak percaya diri ketika sedang berkumpul dengan teman-temannya yang memiliki barang mewah. Mereka rela berhutang demi membeli barang dengan harga tinggi agar bisa mendapatkan apresiasi dari temannya. 
 
Apabila sifat gengsi masih saja melekat pada diri Anda, maka akan berdampak negatif bagi kehidupan khususnya finansial. Semakin besar gengsi Anda maka akan semakin besar pula hutang yang dimiliki. Untuk itu hindari sifat gengsi, lebih baik hidup sederhana tetapi bahagia daripada hidup mewah tetapi banyak hutang. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gengsi yang berlebihan.

Tips Mengatasi Rasa Gengsi

5 Tips Mengatasi Rasa Gengsi Yang Berlebihan Pada Remaja

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memperhatikan lingkungan tempat Anda berkumpul. Jika Anda setiap hari berkumpul dengan orang yang berpenampilan mewah maka gaya hidup Anda akan meniru mereka. Dan jika Anda tidak bisa mengikuti gaya hidup teman-teman maka biasanya akan dijauhi, maka dari itu kebanyakan anak muda memilih untuk berhutang agar bisa memenuhi gaya hidup agar bisa diterima di lingkup pertemanan.

2. Membiasakan Diri Untuk Meminta Maaf

Jika Anda memang melakukan kesalahan maka jangan sampai gengsi untuk meminta maaf karena jika Anda selalu mengutamakan gengsi maka permasalahan tidak akan cepat selesai. Biasakan diri untuk selalu meminta maaf terlebih dahulu agar menjadi orang yang rendah hati dan terhindar dari sifat gengsi. Masalah diterima atau tidak itu bisa dipikirkan belakang, yang terpenting sudah berani meminta maaf.

3. Memikirkan Masa Depan

Bagaimana dengan masa depan Anda jika setiap hari membesar-besarkan rasa gengsi? Gengsi tidak akan membuat masa depan Anda menjadi lebih baik, justru akan menghambat Anda untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Jangan sampai karena memiliki rasa gengsi, masa depan Anda menjadi tidak jelas. Lebih baik memikirkan masa depan karena masa depan merupakan hal yang paling penting yang harus dilakukan.

4. Stop Keras Kepala

Keras kepala bisa menimbulkan rasa gengsi terutama pada pasangan. Biasanya orang yang terlalu sering gengsi yaitu laki-laki, karena mereka lebih keras kepala dibandingkan dengan perempuan. Jangan menunggu pasangan untuk mendatangi Anda terlebih dahulu, tetapi jika Anda membutuhkan alangkah baiknya mendatangi ke rumahnya.

5. Jadikan Respon Buruk Menjadi Motivasi

Kebanyakan orang jika mendapat respon buruk menjadi salah satu hal yang sangat menyakitkan karena itu akan membuat diri Anda menjadi down. Tetapi usahakan untuk selalu menjadi orang yang bisa menerima kritik dari siapapun dan jadikan itu semua menjadi motivasi bagi Anda untuk menjadi lebih baik lagi, dan jangan merasa gengsi untuk menerima saran dan kritik dari orang lain. 
 
Itulah 5 tips mengatasi rasa gengsi yang berlebihan pada diri sendiri, jika Anda selalu rendah hati maka apapun yang dialaminya pasti tidak akan membuat Anda iri. Jadilah orang yang bisa memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih baik lagi. Gengsi berlebih hanya akan membuat diri Anda menjadi tertekan dan kekurangan dalam finansial.