Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Mencari Pekerjaan Bagi Fresh Graduate Saat Pandemi Covid-19

Angka pengangguran saat pandemi covid-19 meningkat drastis karena banyak perusahaan yang ditutup dan juga banyak orang yang kena PHK. Terlebih sekarang ditambah dengan mahasiswa yang baru lulus dan sedang sibuk-sibuknya mencari pekerjaan. Fresh graduate sekarang banyak yang nganggur karena keterbatasan lapangan kerja dan minimnya skill. Maka dari itu kebanyakan dari mereka merasa putus asa ketika mencari kerja. Sebelum pandemi ini berakhir, pasti sangat sulit untuk mencari kerja terlebih di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung. Nah bagi Anda yang sekarang baru lulus kuliah, maka perhatikan beberapa tips berikut ini agar lebih mudah kedepannya dalam mencari pekerjaan di tengah pandemi.

Tips Mencari Kerja Saat Pandemi

5 Tips Mencari Pekerjaan Bagi Fresh Graduate Saat Pandemi Covid-19

1. Selalu Update Informasi

Di saat pandemi seperti sekarang ini Anda harus selalu up to date dengan berbagai macam informasi terutama lowongan pekerjaan. Sekarang sudah banyak perusahaan BUMN atau BUMS yang membuka lowongan kerja, dan itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar nantinya Anda bisa mengikuti seleksi. Selain itu, Anda juga bisa mencari lowongan kerja di berbagai macam website yang tersedia seperti jobfair, Jobstreet atau bahkan di koran. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak informasi dan bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda.

2. Perbaiki dan Tambah Skill Anda

Sebagai mahasiswa fresh graduate jangan hanya mengandalkan ijazah dan nilai IPK saja, karena jaman sekarang yang dibutuhkan yaitu skill. Jika skill Anda mumpuni maka bisa melamar di beberapa perusahaan ternama. Selain itu juga sekarang di luar sana banyak sekali saingan yang ingin masuk dunia kerja dan tentunya Anda harus berbeda dengan yang lain agar lebih unggul dan mudah diserap perusahaan. Skill yang harus Anda kuasai yaitu skill public speaking, berbahasa inggris dan skill dalam bidang komputer. Jika ketiga skill tersebut sudah Anda kuasai maka ketika menghadapi persaingan yang sangat ketat tidak akan minder.

3. Perbanyak Kenalan

Memiliki banyak kenalan memang sangat menguntungkan bagi Anda yang sekarang masih kesulitan dalam mencari perkerjaan, karena mereka bisa menawarkan pekerjaan untuk Anda yang masih menganggur. Sebaiknya jika ingin mencari kenalan yang lebih tua dari Anda karena mereka pasti lebih tahu tentang dunia kerja. Jika Anda memiliki kenalan hanya dengan teman seumuran, maka saat pandemi juga tidak akan bisa berkembang karena mereka juga masih mengalami hal yang sama seperti Anda.

4. Cobalah Kerja Sampingan

Kerja sampingan memang terkesan sepele, namun jika dilakukan dengan serius maka akan mendapatkan nilai plus saat wawancara kerja di perusahaan. Anda bisa bekerja sebagai reseller atau kerja lain yang sekiranya bisa menghasilkan uang walaupun sedikit. Dengan melakukan kerja sampingan, otomatis Anda tidak akan gabut ketika menunggu panggilan kerja dan waktunya pun akan lebih bermanfaat.

5. Jangan Pilih-pilih Pekerjaan

Biasanya para lulusan fresh graduate ketika ingin mencari kerja harus yang sesuai dengan passion dan jika pekerjaannya tidak sesuai passion mereka tidak mau. Hal seperti itu yang akan menyebabkan mahasiswa kelamaan nganggur. Sebaiknya ketika ada lowongan kerja apapun itu, jangan sia-siakan dan jika tidak sesuai dengan keahlian Anda jalani saja dengan senang hati, anggap saja itu menjadi modal utama ketika nanti bekerja di perusahaan ternama. 
 
Untuk semua mahasiswa yang lulus di tahun 2020 tetaplah semangat dalam mencari pekerjaan, karena dibalik musibah seperti ini pasti ada hikmah yang dapat diambil. Jika belum ada panggilan kerja, maka jangan ragu untuk memulai sebuah bisnis siapa tahu bisnis tersebut kedepannya bisa berkembang dengan baik.