Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Menabung Ala Mahasiswa Untuk Mempersiapkan Masa Depan

Hidup di tanah rantau memang membuat para mahasiswa menjadi lebih dewasa dalam segala hal terutama dalam mengatur keuangan. Mereka harus pintar-pintar dalam mengatur uang apalagi jika orang tua memberi uang tiap bulan. Saat menjadi mahasiswa memang memiliki banyak sekali kebutuhan contohnya kebutuhan tugas kuliah, kebutuhan kos sampai kebutuhan makan sehari-hari. Banyak sekali mahasiswa yang rela kuliah sambil bekerja, demi untuk menabung untuk mempersiapkan masa depannya. 
 
Bagi Anda yang sekarang masih menjadi mahasiswa semester awal, sebaiknya perbanyaklah menabung karena dengan menabung nantinya Anda tidak akan kesusahan jika suatu saat ada kebutuhan mendadak, dan tidak perlu lagi meminta uang ke orang tua. Nah berikut ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menabung.

Tips Ampuh Menabung Ala Mahasiswa

7 Tips Menabung Ala Mahasiswa Untuk Mempersiapkan Masa Depan

1. Buat 2 ATM

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat 2 rekening baik itu BRI, BNI atau BCA. Fungsi dari membuat 2 ATM tersebut yaitu yang satu untuk tempat ketika orang tua memberikan kiriman uang, dan rekening yang satunya yaitu untuk tempat menabung. Atau bahkan Anda bisa juga saat awal bulan langsung meletakkan sebagian uang kiriman ke ATM tabungan agar nantinya tidak tercampur dengan ATM utama yang akan digunakan untuk kebutuhan anak kos pada umumnya.

2. Mengatur Pengeluaran

Bagi anak kos mengatur pengeluaran menjadi hal yang harus dilakukan karena dengan begitu maka Anda bisa mengetahui berapa pengeluaran tiap bulannya. Anda juga bisa membuat list kebutuhan umum yang diperlukan anak kos, seperti membeli peralatan mandi, beli makanan, bayar listrik, sampai bayar kos. Selain untuk melatih kedisiplinan, mengatur pengeluaran juga akan membuat Anda menjadi lebih teliti dalam mengatur keuangan.

3. Gunakann Metode Uang 20 Ribu

Menabung dengan uang 20 ribu terkesan sangat simpel, namun jika dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan tabungan yang banyak. Setiap kali Anda belanja kebutuhan maka akan mendapat kembalian, nah biasanya ada uang 20 ribu dan uang tersebut bisa Anda masukkan ke dalam kotak kecil yang digunakan untuk menyimpan uang. Dengan cara tersebut Anda bisa lebih cepat mengumpulkan uang.

4. Berhenti Merokok

Bagi kalangan pria merokok merupakan hal yang umum dilakukan dan itu sudah menjadi kebiasaan mereka. Biasanya anak muda sering menghabiskan rokok sekitar 1 bungkus tiap harinya dan harganya sekitar 20 sampai 25 ribu, jika dikalikan 30 hari itu sudah mengeluarkan banyak uang. Dan jika uang tersebut tidak digunakan untuk membeli rokok, melainkan untuk ditabung maka tabungan Anda perbulan akan semakin bertambah. Selain untuk menghemat uang, berhenti merokok juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Kurangi Kebiasaan Shopping

Shopping merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh para wanita, seperti membeli baju, sepatu atau bahkan make up. Memang shopping menjadi hal yang wajib dilakukan, namun jika terus menerus justru akan menguras keuangan Anda. Kebanyakan anak muda ketika melihat temannya mempunyai barang mewah, mereka merasa iri dan pasti langsung ikut membelinya. Lebih baik uang yang seharusnya digunakan untuk shopping, dimasukkan ke dalam tabungan. Untuk Anda yang senang shopping, usahakan kurangi melihat toko online agar tidak tergiur dengan barang mewah terbaru.

6. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Anak muda jaman sekarang masih belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan salah satu hal yang wajib dibeli dan itu akan digunakan untuk keseharian Anda sebagai anak kos. Sementara jika keinginan yaitu hanyalah suatu keinginan seseorang yang mana itu buka prioritasnya dan hanya menuruti nafsu.

7. Manfaatkan Layanan WIFI

Bagi anak rantau mencari tempat kos yang sudah ada layanan wifi memang hal yang sangat penting dilakukan, karena dengan adanya wifi maka akan mengurangi pengeluaran untuk membeli paketan. Paket data biasanya dibandrol dengan harga sekitar 50 ribuan tergantung dengan berapa GB yang diinginkan. Nah apabila kosan Anda sudah ada wifi, maka uang yang seharusnya buat beli paketan jadi bisa digunakan untuk kebutuhan lain atau bahkan bisa ditabung. 
 
Mempersiapkan keuangan di masa muda memang harus dilakukan dari sekarang, karena jika nanti sudah lulus bisa untuk persiapan hidup apabila belum mendapatkan pekerjaan. Selain itu dengan rajin menabung, maka ketika ingin membeli suatu barang Anda tidak usah lagi meminta uang ke orang tua karena sudah mempunyai tabungan sendiri.