Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Profesi Yang Diperkirakan Akan Hilang di Masa Depan

Semakin berkembangnya teknologi, maka semua aktivitas dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet saja. Selain itu juga semua orang bisa melakukan apa saja yang mereka mau contohnya belanja online atau belajar pun bisa dilakukan secara online. Dengan kemudahan teknologi seperti sekarang ini, maka dianggap lebih efisien dan bisa memenuhi semua kebutuhan hidup manusia. Apabila semua sudah bisa dilakukan secara online, maka bisa jadi pekerjaan juga bisa dilakukan secara online di rumah dan akhirnya ada pekerjaan yang pasti akan hilang di masa depan karena sudah dikalahkan dengan internet atau teknologi yang semakin canggih. 
 
Bagi Anda yang sekarang masih sekolah atau kuliah, maka pikirkan dengan baik pekerjaan apa yang Anda inginkan di mada depan dan jangan sampai salah pilih, karena itu akan menentukan kehidupan Anda. Berikut ada beberapa jenis pekerjaan yang diperkirakan akan hilang di masa depan, karena digantikan oleh teknologi canggih seperti robot.

Pekerjaan Yang Diperkirakan Hilang

6 Profesi Yang Diperkirakan Akan Hilang di Masa Depan

1. Guru atau Dosen

Ada beberapa peneliti yang mengatakan bahwa profesi guru/dosen akan hilang 20 tahun kedepan, karena semua sistem pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Bayangkan saja materi yang diajarkan oleh guru sudah dari zaman dahulu, sementara teknologi semakin canggih dan sekolah atau kampus tidak mengajarkan hal tersebut. Yang mereka inginkan yaitu murid atau mahasiswa bisa memahami materi yang diajarkan, dan mereka tidak mengajarkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Sekarang informasi apapun bisa Anda dapatkan melalui google atau youtube, dan tidak perlu repot-repot pergi ke sekolah atau ke kampus untuk menuntut ilmu. Dengan perkembangan tersebut profesi pengajar pasti kedepannya akan semakin berkurang.

2. Teller Bank

Banyak mahasiswa yang setelah lulus ingin bekerja di bank dikarenkan gajinya yang besar dan ingin menduduki posisi tertentu, salah satunya yaitu teller. Teller bertugas untuk melayani orang yang ingin melalukan transaksi atau membuka rekening baru. Tetapi disisi lain sekarang di beberapa kota sudah disediakan mesin otomatis yang berfungsi untuk tempat transaksi atau membuka rekening baru dan itu semua bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan teller. Contoh kecil saja, menabung uang bisa dilakukan melalui ATM karena ATM jaman sekarang sudah ada yang bisa memproses setor tunai dan itu akan sangat memudahkan orang lain dalan bertransaksi. Nah apakah profesi teller bank masih digunakan lagi 20 tahun kedepan?

3. Pekerja Pabrik

Sekarang banyak sekali lulusan SMP atau SMA yang setelah lulus bekerja di salah satu pabrik. Mereka berfikir dengan bekerja di pakrik tidak membutuhkan ijazah dan bisa bekerja denga mudah. Tetapi profesi tersebut diperkirakan 10 tahun mendatang akan hilang karena semuanya akan digantikan dengan robot dimana robot tersebut bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaan dibandingkan dengan tenaga manusia. Untuk itu bagi Anda yang sekarang masih bekerja di pabrik, maka persiapkan dari sekarang untuk memulai usaha baru sebelum profesi pekerja pabrik hilang.

4. Kasir

Kasir merupakan profesi yang didominasi oleh perempuan dan biasanya mereka akan bekerja di salah satu mall. Bekerja di kasir memang membutuhkan yang namanya keterampilan dalam menghitung dan mengoperasikann komputer. Namun profesi tersebut kini sudah bisa digantikan dengan mesin otomatis dan ada beberapa mall yang menggunakan sistem tersebut. Dengan menggunakan sistem robot, maka semua akan berjalan dengan baik dan lebih efisien. Dan pemilik toko pun akan mendapatkan untung yang lebih besar karena mereka tidak lagi membayar pekerja kasir.

5. Juru Masak Restoran

Juru masak juga termasuk ke dalam pekerjaan yang akan hilang, karena profesi ini bisa dilakukan dengan mudah oleh mesin. Dengan menggunakan mesin, maka masakan akan selesai dalam waktu yang singkat dan kebersihannya pun akan terjaga.

6. Petani

Jaman sekarang petani masih banyak melakukan kegiatannya di kebun, karena belum ada teknologi yang bisa menggantikannya. Akan tetapi 20 tahun mendatang pasti akan ada teknologi canggih yang bisa menggantikan seorang petani dalam mengembangkan kebun atau sawahnya, sehingga mereka tidak usah capek-capek lagi dalam mengelola kebun karena semuanya sudah digantikan oleh mesin.
 
Itulah 6 pekerjaan yang akan hilang di masa yang akan datang. Bagi Anda yang masih menjalankan profesi  seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sebaiknya pikirkan dari sekarang untuk memulai pekerjaan baru, agar kehidupan Anda 10 sampai 20 tahun kedepan bisa  lebih baik. Pasalnya teknologi juga akan semakin canggih dan semuanya bisa digantikan dengan teknologi tersebut.