Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Persiapan Yang Harus Dilakukan Menjelang Perayaan Natal

Bulan Desember merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Kristen, dimana pada tanggal 25 Desember mereka merayakan hari Natal bersama keluarga dan teman sekitarnya. Biasanya hari natal dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama pada tanggal 24 Desember dengan acara kebaktian malam, dan selanjutnya sesi 2 tanggal 25 Desember yang diisi dengan kebaktian. Nah agar perayaan Natal bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda sebagai umat Kristen wajib mepersiapkan beberapa hal sebelum tanggal 24 Desember. Berikut hal yang harus dipersiapkan sebelum natal agar hari tersebut bisa dikenang.

Persiapan Perayaan Natal

8 Persiapan Yang Harus Dilakukan Menjelang Perayaan Natal

1. Membersihkan Rumah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum hari natal yaitu membersihkan rumah. Mengapa Anda harus membersihkan rumah? Karena nanti rumah Anda akan menjadi tempat berkumpulnya keluarga atau kerabat dekat yang merayakan natal. Selain itu kebersihan rumah menjadi salah satu penentu model dekorasi rumah yang nantinya akan dibuat. Anda bisa membersihkan rumah satu hari sebelum hari natal tiba.

2. Mendekorasi Rumah Luar dan Dalam

Hari natal identik dengan dekorasi yang bagus, dan tentu harus Anda lakukan karena ketika ada keluarga yang berkunjung ke rumah Anda maka mereka akan menikmati suasana natal yang luar biasa. Jika hari natal masih lama, maka Anda bisa mengecat rumah dengan warna yang cerah, dan berikan hiasan. Hiasan yang berlu dipersiapkan yaitu mulai dari pohon natal, glitter, dan lampu warna. Anda bisa memilih lampu yang kerlap-kerlip agar terlihat lebih menarik.

3. Hadiah atau Kado Natal

Agar dekorasi rumah semakin menarik, Anda juga bisa menambahkan kado di bawah pohon natal. Kado tersebut nantinya akan diberikan kepada keluarga atau sahabat yang datang ke rumah Anda. Dengan memebrikan sebuah kado, maka akan memeprerat tali persaudaraan antar sesama.

4. Bunga-bunga

Untuk menambah dekorasi rumah agar lebih indah, tidak ada salahnya Anda menambahkan bunga berwarna hijau dan berbau harum. Dengan begitu pasti ruangan akan terasa adem dan natural. Anda bisa meletakkan bunga di dinding ruang tamu atau bisa juga di luar.

5. Topi Santa

Nah perlengkapan yang tidak boleh ditinggalkan yaitu topi santa, karena dengan menggunakan topi tersebut berarti Anda sedang merayakan hari natal. Anda harus mempersiapkan topi santa untuk orang dewasa dan untuk anak-anak, yang nantinya bisa digunakan untuk foto bersama. Bisa juga Anda meletakkan topi santa di atas pohon natal untuk mempercantik tampilan.

6. Kamera

Sebelum merayakan hari natal, Anda harus mempersiapkan kamera karena nantinya akan digunakan untuk foto dan foto tersebut bisa dijadikan momen kenangan. Kamera tidak perlu yang mahal, intinya bisa untuk mengambil gambar dan memiliki kualitas gambar yang bagus.

7. Sajian Khas Natal

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki masakan natal yang berbeda beda, dan itu akan menjadi ciri khas daerah tersebut. Anda bisa memasak masakan dari daerah lain atau masakan di daerah Anda sendiri. Namun menurut saya lebih baik memasak masakan Anda sendiri, karena nantinya pasti akan lebih mudah diingat oleh banyak orang yang merasakannya.

8. Kue Natal

Selain makan besar, tentunya di hari natal ada yang namanya makan kecil atau biasanya disajikan dengan berbagai macam kue natal. Di luar negeri jika perayaan natal tiba pasti mereka menyediakan “Gingerbread” atau sering disebut dengan kue jahe tetapi berbentuk manusia. Di negara Indonesia juga ada kue natal yang tidak kalah menarik yaitu kue salju, kue spekulasi dan kue kastengel. 
 
Demikian persiapan yang wajib dilakukan menjelang hari natal. Agar natal bisa berjalan dengan lancar maka rayakan dengan keluarga dan teman terdekat. Jika Anda sedang berada di perantauan sebaiknya menyempatkan untuk pulang kampung agar hari natal ini lebih berkesan. Selamat merayakan hari natal semoga Anda semua yang merayakan sehat selalu dan bahagia.