Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Peluang Usaha Minim Modal Yang Cocok Untuk Guru Honorer

Jurusan pendidikan memang banyak disukai oleh semua orang, karena mereka setelah lulus nanti akan mendapatkan gelar S.Pd dan potensi menjadi guru lebih besar. Namun guru di Indonesia sekarang masih banyak yang berstatus honorer, yang digaji per jam biasanya sekitar 50-60 ribu. Itu berlaku untuk guru SMA, jika Anda menjadi guru SD atau SMP pasti gajinya dibawah 60 ribu. Jaman sekarang sudah banyak kampus yang mewisuda sarjana pendidikan tiap tahunnya, tentu persaingan menjadi guru akan lebih ketat lagi. 
 
Apabila Anda mengajar di salah satu sekolah dan berstatus honorer maka gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan biaya kuliah yang sudah dikeluarkan. Untuk itu sekarang banyak guru honorer yang memilih untuk memulai usaha sampingan agar bisa menambah penghasilan dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut ada beberapa usaha yang bisa dilakukan oleh guru honorer agar kedepannya bisa mendapatkan gaji yang lebih baik lagi.

Usaha Untuk Guru Honorer

5 Peluang Usaha Minim Modal Yang Cocok Untuk Guru Honorer

1. Menjadi Penulis

Sebagai seorang guru pastinya memiliki banyak ilmu sesuai dengan jurusan yang dulunya diambil waktu kuliah. Anda bisa meluangkan waktu untuk bekerja freeleance di berbagai media yang menyediakan honor untuk penulis. Ilmu yang Anda kuasai bisa dibagikan melalui website yang Anda pilih tersebut. Selain itu Anda juga bisa membuat blog sendiri dan menulis apa saja yang ada di pikiran Anda, dan blog tersebut nantinya bisa dihubungkan dengan google adsense dan bisa menghasilkan uang.

2. Menjadi Youtuber Profesional

Youtuber merupakan salah satu peluang usaha yang harus dicoba guru honorer, karena sekarang sudah banyak orang yang sukses dengan channel youtubenya. Untuk memulainya, Anda bisa membuat sebuah video tentang keseharian yang Anda lakukan. Jika Anda dulunya kuliah di jurusan DKV maka akan menjadi nilai plus ketika membuat video karena tidak perlu membayar editor lagi. Menjadi yotuber professional hanya membutuhkan yang namanya keterampilan dalam berbicara di depan kamera dan menentukan ide yang kreatif dalam membuat konten.

3. Bisnis Online

Jaman sekarang semua bisa dilakukan dengan media online, hingga bisnis pun bisa dilakuan secara online. Anda hanya bermodalkan laptop/Hp dan koneksi internet saja sudah bisa mengakses apa saja yang Anda mau. Usaha yang sangat familiar yaitu membuka toko online dan menjadi seorang dropshipper. Bisnis dropship tidak membutuhkan modal sedikitpun, karena tugas Anda yaitu hanya mengupload ulang produk orang lain dan memodifikasi sedikit. Bisnis ini sudah terbukti dapat menghasilkan uang yang lumayan banyak jika dilakukan dengan tekun.

4. Jasa Pengetikan dan Printing

Masih banyak orang yang tidak mempunyai komputer/laptop di rumah, sementara mereka memiliki  pekerjaan yang mengharuskan untuk menggunakan komputer. Maka dari itu cobalah membuka jasa pengetikan dan printing siapa tahu bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda. Anda bisa membuka bisnis ini di dekat kantor, atau bahkan dekat dengan sekolah, karena sekarang anak sekolah pun sudah ada tugas yang harus dilakukan dengan menggunakan komputer.

5. Membuka Bimbel

Selain mengajar di sekolah, guru honorer juga bisa membuka bimbingan belajar di rumah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, karena sekarang banyak sekali orang tua yang memasukkan anaknya ke tempat les agar bisa lebih memahami mata pelajaran di sekolah. Untuk itu manfaatkan bisnis ini dengan baik. Anda bisa mempromosikan bisnis bimbel ini di sekolah agar nantinya murid-murid bisa mengetahui jika Anda membuka les privat. 
 
Itulah beberapa peluang usaha yang cocok untuk guru honorer dan usaha tersebut pastinya membutuhkan modal yang sangat minim, bahkan hanya membutuhkan skill yang dimiliki. Untuk itu bagi Anda yang sekarang menajdi guru honorer jangan mudah mengeluh dengan gaji yang diterima tiap bulan. Masih banyak peluang usaha yang bisa dilakukan untuk menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.