Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Masalah Kesehatan dan Penyakit Yang Sering Dialami Oleh Lansia

Usia tua memang sangat rentan terkena penyakit, yang menyebabkan mereka sulit untuk melakukan aktivitas sebagaimana mestinya. Kebanyakan orang yang mudah terkena penyakit sekitar umur 55 tahun keatas. Di umur tersebut kekebalan tubuh sudah mulai menurun karena ada beberapa organ pada tubuh yang mengalami penurunan. Beberapa gangguan yang sering terjadi yaitu pada bagian kulit, gigi, alat kelamin, rambut, mata dan bagian lainnya. Dari gangguan tersebut menyebabkan berbagai macam penyakit yang menyerang. Berikut ada beberapa penyakit yang sering dialami oleh kakek nenek.

Penyakit Umum Pada Lansia

6 Masalah Kesehatan dan Penyakit Yang Sering Dialami Oleh Lansia

1. Osteoporosis

Masalah pertama yang pasti dialami yaitu osteoporosis atau pengeroposan tulang, dimana berkurangnya kepadatan tulang dan resiko patah tulang akan semakin besar. Biasanya lansia tersebut akan sulit untuk menggerakkan bagian tubuhnya terutama kaki dan punggung. Untuk mengurangi resiko penyakit osteoporosis, Anda bisa mengkonsumsi vitamin D dan juga kalsium, serta diseimbangi dengan berolahraga setiap harinya.

2. Masalah Penglihatan

Masalah dalam penglihatan menjadi salah satu penyakit yang umum dialami oleh lansia, dan biasanya orang yang mengalami masalah pada penglihatan usianya diatas 50 tahun. Penyakit mata yang menyerang lansia yaitu biasanya glaucoma, dimana penyakit ini bisa terjadi karena ada zat cair yang menyerang bola mata dan hal ini yang menyebabkan mata mengalami kebutaan.

3. Stroke

Orang yang mengalami penyakit stroke pasti akan kesulitan ketika ingin melakukan aktivitas terutama dalam berbicara dan mengerakkan anggota tubuh. Penyakit ini bisa bersifat sementara atau juga bisa permanent. Selain faktor usia, gejala stroke bisa disebabkan karena kurangnya olahraga, banyak pikiran atau bahkan kurangnya mengkonsumsi vitamin. Tidak hanya lansia saja lohh yang bisa terkena stroke, tetapi ada juga anak muda yang sudah terserang stroke. Orang yang mengalami stroke biasanya akan membutuhkan bantuan dari orang lain untuk berbagai macam kegiatan, contohnya mandi, makan, sampai memakai pakaian.

4. Penyakit Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah dan biasanya jika sudah lansia, kekuatan otot pada jantung akan mengalami penurunan, terlebih jika lansia tersebut jarang melakukukan olahraga ketika masih muda. Untuk itu bagi Anda yang sekarang usianya masih muda, alangkah baiknya melakukan olahraga secara teratur agar jantung bisa berfungsi dengan baik dan memperkecil terjadinya penyakit jantung. Penyakit jantung yang sering dialami oleh lansia yaitu seperti serangan jantung, jantung koroner, dan gagal jantung.

5. Arthritis atau Nyeri Sendi

Arthritis merupakan salah satu penyakit yang menyerang sendi pada organ tubuh, seperti pergelangan tangan, pinggul, jari dan kaki. Agar terhindar dari penyakit nyeri senndi, sebaiknya olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi. Jika umur Anda sudah 50 tahun keatas, bisa melakukan olahraga seperti jogging atau fitnes.

6. Diabetes

Penyakit diabetes militus tipe 2 bisa saja menyerang semua orang terutama lansia. Penyakit ini terjadi karena peningkatan kadar gula dalam darah sehingga lansia dianjurkan untuk selalu melakukan pengontrolan gula darah. Mengurangi konsumsi nitrat, mengurangi makanan yang mengandung gula, dan nitrosamine pada makanan olahan. 
 
Itulah beberapa penyakit umum yang sering terjadi pada lansia. Namun sekarang sudah banyak lansia yang tetap sehat dan bugar, karena mereka melakukan olahraga secara teratur dan tidak lupa makan makanan yang bergizi. Usahakan menerapkan pola hidup sehat sejak dini agar ketika bertambahnya usia minim untuk terserang penyakit.