Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Kerugian Yang Akan Dirasakan Jika Menjadi PNS

Kebanyakan mahasiswa di Indonesia setelah lulus pasti ingin menjadi seorang PNS, karena berbagai alasan contohnya ingin mengabdi pada negara dan tentunya ingin memiliki gaji tetap. Salain itu jika Anda menjadi PNS pasti akan terhindar dari yang namanya PHK, karena semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah. Tetapi dibalik itu semua, pekerjaan PNS juga memiliki kekurangan yang tidak disadari oleh orang lain. Berikut beberapa kekurangan atau kerugian jika Anda memutuskan untuk menjadi PNS.

Kerugian Menjadi PNS

7 Kerugian Yang Akan Dirasakan Jika Menjadi PNS

1. Gaji Tidak Bisa Dinegosiasi

Ketika Anda sudah resmi menjadi PNS, maka berapapun gaji yang Anda terima dari pemerintah tidak bisa dinegosiasi, karena itu semua sudah dijelaskan di table gaji secara berkala. Berbeda dengan kerja di sebuah perusahaan, dan pada saat tes wawancara pasti calon karyawan akan ditanya berapa gaji yang akan diminta dan itu semua tergantung dengan kemampuan di pelamar kerja tersebut.

2. Sulit Bekerja Sesuai Passion

Semua orang pasti mempunyai passion dan mereka menginginkan bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki, dan tentunya mereka bisa bebas melakukan apa saja yang menjadi keinginannya. Tetapi ketika bekerja dengan pemerintah atau menjadi PNS, maka pekerjaan yang Anda kerjakan di kantor sesuai dengan peraturan yang sudah diberikan dan tidak bisa diubah.

3. Sulit Berkembang

Menjadi PNS pasti akan sulit berkembang karena semuanya sudah diatur oleh pemerintah, dan jika Anda ingin melakukan kegiatan lain itu akan sangat berat karena pekerjaan PNS banyak sekali yang harus dikerjakan. Semua yang Anda lakukan harus sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

4. Jam Kerja

Jam kerja seorang PNS sudah ditentukan dari pemerintah sekitar 8 sampai 9 jam perhari, dan itu pasti akan membuat seseorang merasa jenuh, apalagi bagi mereka yang suka dengan kegiatan outdoor dan tidak suka dikekang atau diatur. Berbeda ketika Anda berwirausaha, waktu untuk bekerja ditentukan oleh diri sendiri dan tidak ada yang ngatur.

5. Bekerja Hingga Masa Pensiun

Banyak orang yang menginginkan menjadi PNS karena gaji yang diberikan akan semakin naik dan pastinya akan bebas secara finansial sampai tua. Namun disini Anda tidak bisa memulai usaha lain ketika masih bekerja menjadi PNS dan harus menunggu sampai pensiun, tentunya ini akan sangat berat untuk dilakukan karena gaji PNS hanya cukup untuk kebutuhan keluarga saja.

6. Rentan Jenuh Terhadap Pekerjaan

Apabila Anda menjadi PNS, maka Anda harus mengerjakan pekerjaan tersebut sampai tua atau pensiun, hal tersebut akan membuat Anda merasa stress karena kerja. Apalagi pekerjaan yang dilakukan hanya itu-itu saja dan tidak pernah berubah, pasti akan membuat orang merasa jenuh ketika melakukannya.

7. Tidak Bisa Kaya

Menjadi PNS bukan untuk menjadi kaya, melainkan untuk mengabdi pada negara. Nah bagi Anda yang ingin menjadi kaya, sebaiknya jangan menjadi PNS karena gaji PNS sangat terbatas dan semuanya sudah ditentukan melalui beberapa golongan. Jika ingin menjadi kaya, maka jadilah pengusaha yang bisa mengembangkan segala kemampuan yang dimiliki dan berpeluang mendapatkan gaji besar.
 
Jadi kesimpulannya yaitu semua pekerjaan pasti ada plus minusnya, tergantung dimana Anda bekerja. Kebanyakan orang tertarik menjadi PNS karena tergiur dengan tunjangan dan pensiunannya saja, tidak memperhatikan hal lain. Biasanya orang yang jadi PNS tidak memiliki mental baja dan takut akan kegagalan atau tantangan.