Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Kerja Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa memang memiliki tanggungjawab yang besar namun waktu kuliah yang didapat sangatlah efisien karena tidak sehari full mahasiswa belajar di kampus. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat salah satunya yaitu kerja part time atau paruh waktu. Selain untuk mendapatkan uang, kerja sampingan bagi mahasiswa juga bisa untuk membayar uang kuliah dan meringankan beban orang tua. 
 
Terlebih sekarang masih dalam masa mandemi covid-19 pasti sistem pembelajaran dilakukan secara daring dan waktu di rumah pasti akan lebih banyak. Jadi memunginkan Anda untuk kuliah sambal bekerja. Berikut beberapa pekerjaan part time yang bisa Anda lakukan selagi masih menjadi mahasiswa.

Kerja Sampingan Mahasiswa

8 Kerja Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Penulis Artikel

Jika Anda memiliki hobi menulis maka bisa menjadi penulis di sebuah website atau bahkan bisa membuat blog sendiri. Dengan menjadi penulis artikel otomatis kemampuan Anda akan semakin meningkat dan bisa juga menghasilkan uang dari tulisan Anda tersebut. Sekarang sudah banyak website besar yang memberikan kesempatan untuk semua orang jika ingin mempubliaksikan tulisannya.

2. Pelayan Toko

Menjadi pelayan toko bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu perempuan ataupun laki-laki. Jika Anda ingin menjadi pelayan toko maka bisa mengatur jadwal kuliah semuanya di awal, agar hari berikutnya bisa mempunyai banyak waktu untuk bekerja. Penghasilan dari pelayan toko sangatlah lumayan yaitu sekitar 1 juta lebih. Anda bisa melamar pekerjaan di sebuah mall ataupun di supermarket terdekat dengan kosan Anda agar nantinya tidak kesusahan jika ingin berangkat kerja.

3. Barista Café

Kebanyakan sekarang yang menjadi barista yaitu mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang. Dengan menjadi barista Anda pasti akan mendapatkan banyak sekali pengalaman tentang kopi atau yang lainnya. Gaji menjadi barista tergantung dengan jumlah pengunjung yang datang ke café tersebut. Kerja menjadi barista dilakukan saat malam hari dan Anda bisa memilih jadwal kuliah di siang hari agar bisa membagi waktu dengan baik.

4. Pengemudi Ojek Online

Ojek online atau biasa disebut dengan ojol menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa, ataupun orang yang sudah berkeluarga. Menjadi ojol sangatlah menyenangkan, karena Anda hanya perlu memantau Hp dan jika ada pelanggan yang memesan Anda tinggal menjemput mereka di lokasi. Gaji yang didapatkan yaitu tergantung dari banyaknya pelanggan Anda setiap harinya, dan jika Anda mendapatkan bintang lebih dari pelanggan maka bonus yang akan Anda dapatkan sangat besar.

5. Guru Les Privat

Menjadi guru les merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa, karena waktunya bisa diatur kapanpun yang Anda mau. Anda juga bisa datang ke rumah murid les Anda dan jika murid les Anda sudah banyak, maka gajinya pun bisa digunakan untuk membeli barang sesuai dengan keinginan Anda atau bisa juga ditabung. Dengan menjadi guru les maka ilmu Anda akan semakin berguna untuk orang lain dan pastinya akan semakin bertambah.

6. Menjadi Reseller

Bekerja sebagai reseller tidaklah serumit yang dibayangkan, karena menjadi reseller bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sebelum memutuskan untuk menjadi reseller, terlebih dahulu Anda harus menentukan perusahaan yang akan Anda jadikan sebagai supplier dan usahakan mencari perusahaan yang sudah mempunyai nama agar kedepannya bisa dipercaya ketika Anda ingin mengambil produk dari perusahaan tersebut.

7. Bisnis Online Shop

Semakin bertambahnya tahun maka perkembanhan jaman semakin maju, contohnya saja pembelanjaan sekarang banyak dilakukan secara online melalui media sosial ataupun marketplace. Hampir semua orang membeli barang melalui online, karena mereka tidak perlu susah-susah pergi ke toko. Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk berbisnis, contohnya jualan baju anak-anak sampai orang dewasa atau bisa juga jualan kebutuhan orang pada umumnya. Jika Anda tidak mempunyai modal, maka bisa menggunakan cara dropship. Jika bisnis tersebut Anda jalani dengan konsisten, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Jasa Pembuatan CV

CV merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika memasuki dunia kerja, karena dengan melampirkan CV pasti HRD akan lebih tahu tentang diri si pelamar. Nah jika Anda memiliki keahlian desain maka bisa membuka jasa pembuatan CV bagi mahasiswa yang sudah lulus. Hampir semua mahasiswa yang sudah lulus membutuhkan CV agar nantinya bisa untuk melamar pekerjaan.
 
Ketika kuliah jangan hanya menjadi mahasiswa yang kegiatannya belajar saja, namun harus selalu mencari ide dan bisa memanfaatkan peluang yang ada. Jika Anda saat kuliah sudah bisa menghasilkan uang sendiri maka ketika sudah lulus tidak akan bingung mau kerja apa dan di mana.