Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Kegiatan Produktif Yang Harus Dilakukan Saat Liburan Panjang

Saat hari libur tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi pelajar ataupun mahasiswa, karena setelah sekian lama mereka belajar akhirnya bisa istirahat di rumah dengan tenang. Tetapi bukan berarti saat liburan Anda bermalas-malasan dan tidak melakukan hal lain yang bermanfaat. Agar waktu liburan bisa tetap produktif dan tidak terbuang sia-sia maka manfaatkan dengan sebaik mungkin dan jangan melakukan hal negatif karena itu justru akan mempengaruhi masa depan Anda. Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika liburan tiba agar waktu liburan Anda menjadi lebih bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai pengalaman hidup.

Kegiatan Produktif Selama Liburan

8 Kegiatan Produktif Yang Harus Dilakukan Saat Liburan Panjang

1. Membuat Rencana

Bagi Anda yang sekarang masih menjadi mahasiswa sebaiknya mulailah untuk berfikir kedepan dengan cara membuat sebuah perencanaan yang akan dicapai di kemudian hari. Karena dengan melakukan hal tersebut, otomatis Anda akan memikirkan masa depan. Dan buatlah dedline yang tepat untuk mencapai rencana tersebut. Contohnya Anda pengen lanjut kuliah S2 di salah satu universitas, maka tetapkan mau tahun berapa Anda bisa mencapainya, agar Anda lebih bersemangat dalam menjalani kuliah.

2. Mengembangkan Hobi

Hobi merupakan suatu kegiatan yang jika dilakukan tidak akan membuat diri seseorang merasa jenuh, justru jika dilakukan secara terus-menerus dan fokus akan membuat hati seseorang menjadi lebih bahagia. Apabila Anda memiliki hobi menulis maka buatlah sebuah website dimana website tersebut berisi tulisan Anda yang selama ini dibuat dan Anda bisa menulis apapun yang Anda suka. Lakukanlah hobi Anda dengan benar, siapa tahu dari hobi tersebut bisa menghasilkan uang.

3. Mengunjungi Tempat Bersejarah

Jika Anda menyukai sejarah terutama sejarah Bangsa Indonesia, maka saat liburan tiba Anda bisa mengunjungi berbagai macam tempat bersejarah seperti museum yang ada di dekat tempat Anda tinggal. Selain untuk menenangkan pikiran, bisa juga untuk menambah wawasan Anda, terlebih jika Anda kuliah di jurusan sejarah pasti akan sangat penting jika mengunjungi museum.

4. Mengikuti Les Privat

Ikut les privat merupakan hal produktif yang bisa Anda lakukan ketika liburan panjang, contohnya Anda bisa mengasah kemampuan di bidang musik, tari ataupun bisa memperdalam kemampuan berbahasa inggris. Saat teman yang lain sibuk bermain, lebih baik Anda belajar dan mengasah kemampuan yang Anda miliki dengan mengikuti les privat agar nantinya bisa berguna di perkuliahan atau di dunia kerja.

5. Membuat Karya

Bagi mahasiswa khususnya yang mengambil jurusan D3 pasti banyak sekali praktek yang dilakukan selama kuliah, dan tentunya bisa melakukan apa saja yang berhubungan dengan jurusan yang diambil. Selain itu di akhir semester mereka disuruh untuk membuat tugas akhir yang berbentuk projek dari karyanya sendiri. Agar saat menyusun TA/ Tugas Akhir tidak kebingungan, maka itu semua bisa dilatih ketika waktu liburan tiba dan Anda bisa bebas membuat karya apapun sebagai awal mempersiapkan tugas akhir.

6. Magang

Hal produktif yang harus dilakukan saat liburan yaitu magang di sebuah perusahaan. Contohnya jika Anda saat kuliah mengambil jurusan komputer maka bisa magang di perusahaan Telkom, atau perusahaan yang bergerak  di bidang komputer dan jaringan. Sesuaikan tempat magang dengan jurusan yang diambil di perkuliahan. Tujuan dari magang tersebut yaitu agar mendapatkan berbagai macam pengalaman tentang dunia kerja agar nantinya tidak kaget saat lulus kuliah dan tentunya sudah mempunyai skill.

7. Membaca Buku

Buku merupakan jendela ilmu dan itu sudah harus diterapkan sejak SD. Apabila Anda membaca buku pasti secara tidak langsung pengetahuan Anda akan bertambah dan tidak akan pernah ketinggalkan jaman. Bacalah buku yang bisa membuat hidup Anda menjadi lebih baik lagi, contohnya Anda membaca bukunya motivator Indonesia seperti Merry riana, Chandra Putra Negara atau bahkan Bob Sadino. Selain itu dengan membaca buku juga bisa mencegah seseorang dari penyakit pikun.

8. Olahraga

Siapa sih yang tidak suka olahraga? Pasti semua orang menyukai berbagai macam olahraga mulai dari futsal, badminton, renang dan masih banyak lagi. Orang yang rutin berolahraga maka tubuhnya akan menjadi sehat dan hidupnya pun menjadi lebih terarah. Jadi sempatkan waktu liburan Anda untuk melakukan olahraga. Jika Anda mempunyai uang lebih maka bisa datang ke tempat fitnes agar saat melakukan olahraga ada yang mengarahkan.
 
Jadi kesimpulannya yaitu saat liburan sekolah bukan berarti aktivitas Anda juga ikut libur. Tetaplah melakukan hal produktif walaupun tidak ada tugas dari guru atau dosen. Jika Anda bermalas-malasan sewaktu liburan, maka tubuh Anda akan terasa sakit dan juga otak Anda akan berat ketika disuruh untuk berfikir. Maka dari itu lalukanlah kegiatan positif di atas agar liburan Anda menjadi lebih bermakna.