Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Selain Kuliah

Bagi mahasiswa kuliah merupakan hal yang sangat penting karena itu akan menyangkut masa depan mereka. Dengan menyandang gelar Diploma atau Sarjana, pasti semua orang akan lebih percaya diri dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di dunia kerja. Tidak hanya itu dengan gelar sarjana Anda dapat dengan mudah untuk naik jabatan ketika bekerja di sebuah perusahaan. Namun ketika Anda masih menjadi mahasiswa alangkah baiknya melakukan kegiatan lain di luar kampus agar bisa memperbanyak relasi dan pengalaman. 
 
Nilai dan IPK tidak akan menjamin kesuksesan seseorang, dan yang terpenting yaitu pengalaman dan skill yang dimiliki. Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan selain kuliah dan jika kegiatan tersebut dilakukan dengan fokus maka kedepannya akan berdampak positif bagi diri Anda dan orang lain.

Kegiatan Selain Kuliah

6 Kegiatan Positif Yang Bisa Dilakukan Selain Kuliah

1. Mengikuti Organisasi

Sebagai seorang mahasiswa, Anda harus selalu aktif dalam berorganisasi baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus, karena dengan ikut organisasi maka pola pikir Anda akan semakin dewasa dan bisa menyelesaikan berbagai macam masalah dengan baik. Tidak hanya itu di dalam organisasi juga terdapat banyak sekali pengalaman yang akan Anda dapatkan, contohnya jika Anda mengikuti organisasi di dalam kampus pasti akan mendapat informasi penting dari kakak tingkat atau bahkan dari alumni yang sudah sukses.

2. Magang di Perusahaan

Magang merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat selain kuliah, karena dengan megikuti magang maka skill Anda akan semakin terlaih dan nantinya bisa untuk mempersiapkan ketika terjun ke dunia kerja. Tidak hanya itu, ilmu yang didapatkan di tempat magang pasti tidak akan diajarkan di perkuliahan. Anda juga dapat memperoleh pengalaman berharga dari seorang yang bekerja di perusahaan tersebut. Bisa jadi perusahaan tempat Anda magang nantinya menjadi tempat Anda bekerja dan meningkatkan karir.

3. Membuka Online Shop

Pekerjaan freleance yang mudah dilakukan bagi mahasiswa yaitu dengan membuka online shop. Mereka bisa mendapatkan uang dari bisnis tersebut. Biasanya bisnis online shop yang dijalankan mahasiswa yaitu dripshipper. Bisnis dropshipper tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya saja Anda harus membutuhkan yang namanya laptop/Hp dan koneksi internet. Di sela-sela waktu luang kuliah, Anda bisa memanfaatkan bisnis ini siapa tahu bisa menghasilkan rupiah dan bisa untuk menambah uang saku.

4. Mengikuti UKM Kampus

Setiap kampus pasti mempunyai berbagai macam UKM yang disediakan agar diikuti semua mahasiswa. Tujuan dari dibentuknya UKM tersebut yaitu agar kemampuan mahasiswa semakin terasah dan nantinya setelah lulus bisa menjadi mahasiswa unggul di bidang lain, tidak hanya di bidang akademik saja. Dengan ikut kegiatan UKM, maka tidak hanya kemampuan saja yang meningkat tetapi juga cara berbicara Anda akan meningkat karena bertemu dengan teman berbeda fakultas. Anda bisa mengikuti UKM sesuai dengan bakat yang Anda miliki, contohnya yaitu UKM tari, badminton, futsal, Astralic, atau yang lainnya.

5. Mengikuti Seminar

Saat ini jika ingin mendapatkan informasi penting tidak usah bingung, karena banyak sekali orang yang memberikan informasi salah satunya yaitu lewat seminar. Seminar tersebut banyak diadakan oleh kampus ataupun instansi lainnya. Selain itu Anda juga bisa mengikuti seminar online yang banyak tersedia di Instagram dan dari situlah Anda dapat mengikuti sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dengan mengikuti seminar, maka Anda akan belajar banyak hal mengenai kehidupan dan juga tips-tips yang diberikan oleh pembicara.

6. Bakti Sosial

Bakti sosial merupakan salah satu kegiatan yang dilakuakan di sebuah desa dimana desa tersebut membutuhkan bantuan. Ketika mengikuti bakti sosial, Anda akan merasakan bagaimana rasanya terjun langsung di masyarakat dan membantu mereka. Biasanya yang melakukan kegiatan bakti sosial yaitu mahasiswa yang mengikuti organisasi di kampus seperti BEM atau Himpunan.
 
Itulah kegiatan bermanfaat selain kuliah yang bisa Anda lakukan. Saat menjadi mahasiswa jangan hanya terpaku pada nilai atau IPK saja, karena jika Anda fokus dengan nilai maka kuliah selama kurang lebih 4 tahun akan sia-sia dan tidak akan mendapatkan pengalaman apapun.