Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Inovasi Membangun Desa Agar Lebih Maju dan Sejahtera

Sekarang bukan hanya teknologi saja yang semakin maju, namun ada beberapa desa yang sudah mengalami kemajuan dari segi kualitas lingkungan sampai fasilitasnya. Di beberapa kota sudah banyak orang yang menjadikan desanya sebagai desa percontohan, bahkan bisa menjadi desa wisata. Contohnya saja di Semarang ada desa pelangi. Dulunya desa tersebut merupakan kawasan yang kumuh karena sering terjadi banjir, namun dengan ide kreatif yang dilakukan maskarakat, kini desa tersebut menjadi salah satu desa terbaik dan bisa menjadi percontohan. 
 
Bagi Anda yang sekarang desanya belum berkembang, tidak usah khawatir karena semuanya pasti membutuhkan yang namanya proses, dan tergantung dari niat penduduk sekitar. Untuk mensejahterakan sebuah desa, pasti harus ada yang namanya ide kreatif yang harus selalu dikembangkan. Berikut ini ada beberapa inovasi yang bisa Anda lakukan untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera.

Inovasi Membangun Sebuah Desa

5 Inovasi Membangun Desa Agar Lebih Maju dan Sejahtera

1. Air Bersih

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan pengecekan air yang ada di desa tersebut. Jika ingin desa menjadi lebih sejahtera, maka bisa menggunakan PDAM agar masyarakatnya lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu dengan danya PDAM juga bisa menambah penghasilan desa. Tetapi ada beberapa orang yang enggan menggunakan air dari desa, karena mereka sudah menggunakn air dari sumur. Namun permasalahan tersebut bisa Anda atasi dengan cara mengunakan filter air rumahan agar kebersihan tetap terjaga.

2. Listrik Gratis/Lampu Jalan

Sekarang sudah banyak inovasi yang dilakukan seperti menggunakan panel surya untuk tempat beribadah, penerang jalan atau digunakan di tempat umum yang cenderung rame. Apabila di desa Anda masih minim listrik atau ada listrik tetapi belum merata, maka Anda bisa mencoba untuk mengusulkan inovasi tadi kepada kepala desa agar bisa segera dilaksanakan. Dengan menggunakan panel surya maka desa akan mendapat berbagai macam keuntungan contohnya lampu jalan menjadi lebih terang, mengurangi tindak kriminal, dan masyarakatnya pun akan lebih nyaman ketika beraktivitas di malam hari.

3. Internet Desa

Kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini membuat orang menjadi lebih mengatahui tentang segala hal yang mereka butuhkan. Jika kepala desa menyetujui, maka bisa menyediakan wifi gratis yang bisa diakses oleh siapapun yang berkunjung ke desa tersebut. Dengan begitu, masyarakatnya pun bisa mengembangkan kemampuannya dengan bermodalkan internet. Jika internet gratis sudah disediakan di desa, maka potensi desa tersebut akan maju bisa lebih besar.

4. Pengecekan Kesehatan Gratis

Dengan melakukan pengecekan secara gratis, maka kesehatan masyarakat di desa tersebut akan terjamin. Tim kesehatan bisa berjunkung ke desa minimal 2 minggu sekali atau jika sempat bisa menyuruh semua penduduk desa agar berkumpul di balaidesa untuk melakukan cek kesehatan.

5. Pengelolaan Sampah Menjadi Pupuk

Ketika ada sampah biasanya orang akan langsunng membakar sampah tersebut atau mengubur sampah basah. Jika hal tersebut dihindari dan diganti dengan pembuatan pupuk dari sampah sepertinya akan lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, karena pupuk akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Jika pupuk yang dihasilkan banyak, maka bisa dijual ke daerah lain. Keuntungan dari memanfaatkan sampah menjadi pupuk yaitu agar lingkungan menjadi lebih subur, sampah berkurang, tidak ada polusi udara dan yang paling penting desa mendapat pemasukan. 
 
Suatu desa akan berkembang dengan baik jika masyarakatnya saling gotong royong untuk membangun desa tersebut. Agar desa Anda menjadi desa percontohan, maka carilah ide kreatif dan yang sekiranya belum dilakukan di desa lain. Apabila desa Anda sudah semakin maju, maka masyarakatnya pun akan dikenal banyak orang dan pastinya hidup bahagia.