Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Ide Kreatif Memanfaatkan Kayu Menjadi Kerajinan Tangan Yang Unik

Berbagai jenis kayu banyak ditemukan di semua daerah terutama di pedesaan karena sebagian maskarakatnya mempunyai lahan yang luas dan disitulah terdapat banyak sekali kayu contohnya jati, mahoni, pinus, midi, albasiah dan masih banyak lagi. Bagi orang yang belum mengerti tentang seni, maka kayu-kayu tersebut pasti akan dibuang begitu saja bahkan ada juga yang membakarnya. Namun disisi lain jika kita selalu bisa memanfaatkan benda mati seperti kayu, maka nantinya akan memiliki nilai esketika yang tinggi sehingga akan meningkatkan nilai jual di pasaran. Ketika Anda mempunyai kayu apaun itu, lebih baik manfaatkan untuk dibuat kerajinan agar lebih bermanfaat. Berikut beberapa  kerajinan tangan yang berasal dari kayu.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kayu

9 Ide Kreatif Memanfaatkan Kayu Menjadi Kerajinan Tangan Yang Unik

1. Vas Bunga

Bagi Anda yang sering datang ke hotel atau tempat yang lainnya pasti sering menemui vas bunga yang dibuat dengan menggunakan kayu, mengapa dengan kayu? Alasan yang pertama yaitu kayu mudah dibentuk dan alasan yang kedua yaitu agar lebih menarik dan terkesan klasik. Jika Anda ingin membuat ruang tamu menjadi lebih nyaman dan menarik maka bisa menjadikan kayu sebagai kerajinan tangan.  Anda bisa mencari refereksi di google atau di media yang lainnya agar lebih mudah dalam membuat vas bunga dari kayu.

2. Jam Tangan

Jaman sekarang orang lebih menyukai barang yang terbuat dari alam salah satu contohnya yaitu jam tangan dari kayu. Selain memiliki daya tarik tersendiri, jam tangan kayu juga bisa untuk dijual dan pastinya memiliki nilai harga yang cukup tinggi. Jiwa kreatif manusia akan terlihat melalui kerajinan tangannya.

3. Cermin Hias

Hampir semua orang setiap hari bercermin untuk melihat penampilan dirinya, dan jika cermin yang dipakai bagus maka orang akan merasa nyaman ketika menggunakannya. Untuk membuat cermin hias Anda hanya membutuhkan kayu dan mengukirnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Cermian hais tersebut bisa diletakkan di kamar maupun di ruang tamu.

4. Kursi Klasik

Siapa sangka kursi yang ada di café-café itu sebenarnya terbuat dari kayu yang tadinya kayu biasa, setelah itu dijadikan sebagai kerajinan tangan dan membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik untuk duduk. Biasanya kursi klasik tersebut banyak disukai oleh anak muda yang mempunyai jiwa seni yang tinggi dan menyukai kerajinan. Jika Anda mempunyai café sendiri, maka bisa membuat kursi klasik dengan menggunakan kayu. Kemewahan tidak perlu dengan yang mahal, hanya dengan kayu dan kreativitas tangan saja bisa membuat benda yang luas biasa.

5. Lampu Meja/ Hias

Lampu hias yang terbuat dari kayu memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak unik? Semua bahan yang digunakan pun berasal dari kayu yang hanya dibentuk sedemikian rupa oleh pengrajin. Hal sesimpel itu bisa menarik perhatian orang, dan mereka biasanya menaruh lampus hias di meja belajar atau di meja ruang tamu. Dengan menggunakan lampu hias, otomatis ruangan akan terasa hidup karena ada cahaya dari lampu hias tersebut.

6. Piring dan Gelas Kayu

Jika Anda sering mengunjungi tempat makan klasik yang ada di Jogja pasti akan menemui tempat yang menggunakan piring dan gelas kayu untuk tempat makan. Karena mereka sudah mendesain semuanya agar terlihat lebih menarik di mata pengunjung, dan terlihat berbeda dari yang lain. Kebanyakan rumah makan sekarang piring dan gelasnya terbuat dari kaca, namun jika Anda mempunyai rumah makan sendiri maka cobalah untuk memanfaatkan kayu untuk membuat piring dan gelas.                         

7. Mainan Kayu

Sekarang sudah banyak orang yang menjual mainan anak-anak seperti mobil-mobilan, motor atau bahkan rumah-rumahan tetapi cara membuatnya dengan menggunakan kayu. Untuk membuat kerajinan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga apabila sudah jadi pasti harga jualnya akan mahal sesuai dengan kesulitan yang dibuat. Namun kebanyakan dari mereka membuat kerajinan tersebut untuk hiasan ruang tamu.

8. Celengan Dari Kayu

Celengan yang terbuat dari kayu pasti akan memiliki nilai estetik tinggi. Apabila Anda mempunyai jiwa seni yang tinggi, maka bisa membuat celengan dari kayu dan dibentuk semenarik mungkin, lalu dijual di pasaran. Target pasarnya yaitu anak-anak SD atau SMP yang masih senang menabung menggunakan celengan.

9. Casing Hp

Umumnya casing hp terbuat dari bahan karet, nah agar berbeda dengan yang lain cobalah membuat casing hp dengan menggunakan kayu. Pasti nanti saat dijual akan laku keras karena sekarang masih jarang orang yang menjual casing hp dengan bahan kayu. Anda bisa membuatnya dengan berbagai jenis motif yang banyak disukai anak muda.
 
Memanfaatkan benda yang tadinya tidak berguna, lalu dijadikan sebagai kerajinan tangan yang menarik dan pasti akan menjadi suatu kepuasan tersendiri. Maka dari itu jangan remehkan benda jelek, karena jika sudah diolah di tangan pengrajin maka akan menjadi luar biasa, bahkan akan mengalahkan barang modern yang harganya mahal.