Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi hal yang sangat diinginkan oleh semua siswa kelas 12 yang baru lulus, karena dengan melanjutkan kuliah mereka akan mendapatkan banyak pengalaman dan tentunya akan mendapatkan ijazah yang berguna untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi. Namun masih banyak anak SMA yang belum memahami bagaimana cara memilih jurusan yang tepat ketika kuliah, mereka hanya sekedar ikut-ikutan teman atau bahkan dipaksa orang tua. 
 
Dalam memilih jurursan kuliah harus diperhatikan dengan baik, karena itu akan menentukan bagaimana kualitas diri Anda kedepannya. Jika salah jurusan maka kuliah yang Anda jalani akan sia-sia dan hanya menghabiskan biaya. Untuk itu jika ingin mengikuti tes SBMPTN atau tes yang lainnya, maka perhatikan dulu beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam memilih jurusan.

Cara Memilih Jurusan Kuliah

8 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

1. Apakah Sudah Sesuai Dengan Minat dan Bakat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menentukan apakah jurusan yang Anda pilih sudah sesuai dengan minat dan bakat Anda atau belum. Contohnya jika Anda mempunyai bakat di bidang seni atau menggambar maka bisa memilih jurusan DKV, apabila Anda bakatnya di bidang olahraga maka bisa memilih fakultas Ilmu Keolahragaan. Jadi sewaktu SMA Anda harus bisa mengetahui dibidang apa bakat yang Anda miliki dan pada saat kelas 12 sudah harus bisa menentukan jurusan yang akan diambil nanti pas kuliah, jangan sampai ketika memilih jurusan belum tahu bakatnya dimana.

2. Ketahui Kemampuan Diri

Memilih jurusan favorit memang menjadi salah satu hal yang diinginkan semua orang, contohnya jurusan Kedokteran, Hubungan Internasional, Hukum dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut maka jangan sekali-kali memilih, karena jika Anda memaksakan diri maka yang terjadi yaitu akan kesusahan nantinya dalam pembelajaran. Sebaiknya pilihlah jurusan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki,

3. Riset Tentang Fasilitas Kampus dan Jurusan

Fasilitas kampus menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan, karena jika fasilitas kampus sudah memadai maka sistem pembelajaran pun akan berjalan dengan lancar. Anda bisa mencari tahu tentang jurusan tersebut dan sebisa mungkin mencari kampus yang sudah memiliki fasilitas yang mumpuni.

4. Durasi Studi

Biasanya universitas umum menyediakan 3 studi yaitu D3, D4 dan S1. Dari ketiga jenjang studi tersebut Anda harus benar-benar memilihnya dengan baik, karena jika salah pilih nantinya ditengah semester pasti akan merasa malas ketika mengikuti pembelajaran. Jika Anda suka dengan praktek maka lebih baik pilih program D3 atau D4, dan apabila Anda lebih suka dengan teori maka pilihlah S1. Masa studi S1 lebih lama dibandingkan dengan D3 yang hanya 3 tahun. Namun kesiapan kerja lebih unggul D3 karena jenjang tersebut lebih ditekankan ke praktek untuk persiapan terjun ke dunia kerja.

5. Peluang Kerja di Masa Depan

Sebelum memutuskan untuk memilh jurusan, lebih baik mencari tahu jurusan apa saja yang kedepannya terus dibutuhkan dan tidak akan mati. Anda bisa mencari tahu berbagai macam informasi lewat google atau media sosial. Untuk saat ini jurusan yang sangat dibutuhkan di masa depan yaitu seperti matematika, teknik informatika, teknik elektro, ekonomi bisnis, hukum dan kesehatan. Jurusan tersebut kedepannya pasti akan terus mendapatkan peluang kerja yang cukup luas, karena membutuhkan keterampilan yang tinggi.

6. Biaya UKT dan Uang Pangkal

Semua biaya kuliah ditentukan dari jurusan yang diambil dan akreditasi kampus. Jika Anda memilih kampus swasta favorit maka biasanya biaya UKT akan lebih mahal dibandingkan dengan kuliah di universitas negeri. Maka dari itu sekarang banyak orang yang berlomba-lomba untuk masuk ke perguruan tinggi negeri agar mendapatkan UKT yang lebih murah. Selain itu Anda juga harus mencari informasi tentang biaya uang pangkal dari jurusan yang ingin Anda pilih.

7. Biaya Hidup di Kota Tujuan

Memikirkan biaya menjadi hal yang sangat penting terlebih jika Anda nantinya akan merantau. Anda bisa menentukan dari sekarang kota mana yang ingin Anda tuju untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Kota pelajar di Indonesia dengan biaya hidup murah yaitu Jogja, Purwokerto, Salatiga dan Solo. Jika Anda berasal dari Jakarta dan kuliah di antara 5 kota tersebut maka biaya hidup akan terasa murah, karena dengan uang 10 ribu sudah bisa makan enak. Selain itu biaya kos juga tergolong murah rata-rata perbulan 500 ribu, itu sudah termasuk wifi dan listrik.

8. Akreditasi Jurusan dan Kampus

Nah hal yang paling penting yaitu memperhatikan akreditasi dari jurusan dan kampus yang ingin Anda pilih. Sebaiknya pilihlah kampus dengan akreditasi minimal B agar nantinya saat melamar pekerjaan lebih mudah, karena jika kampus yang Anda pilih akreditasinya masih C maka kedepannya pasti akan ribet ketika mengurus surat-surat saat kelulusan. Selain itu juga pilihlah jurusan dengan akreditasi minimal B agar sistem pembelajaran berjalan dengan baik.
 
Kuliah memang penting tetapi jangan asal masuk kampus karena jika Anda salah memilih jurusan dan salah memilih kampus maka itu akan berpengaruh untuk masa depan Anda. Usahakan memilih kampus ternama di Indonesia karena kampus ternama biasanya memiliki lulusan yang berkualitas dan tentunya sistem pembelajarannya sudah disusun dengan baik.