Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Faktor Yang Menyebabkan Orang Indonesia Enggan Berbisnis

Bisnis merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan kebebasan finansial dengan cepat, karena income yang didapatkan pebisnis dengan pekerja kantoran pasti jauh berbeda. Negara yang paling banyak melahirkan pengusaha yaitu China. Hampir di semua negara terdapat penduduk rakyat China yang berprofesi sebagai pengusaha. Bahkan di Indonesia pun sekarang toko-toko sudah dikuasai oleh China, karena orang Indonesia masih bermental karyawan. 
 
Mereka lebih suka mencari lowongan pekerjaan daripada membangun sebuah bisnis sendiri. Kebanyakan orang Indonesia malah menjadi karyawan di negeri sendiri dan bos mereka orang China. Maka dari itu negara China lebih cepat maju karena penduduknya yang bermental pengusaha lebih banyak. Berikut ada beberapa alasan mengapa orang Indonesia tidak mau berbisnis dan lebih memilih untuk menjadi karyawan.

Mengapa Orang Indonesia Jarang Berbisnis?

7 Faktor Yang Menyebabkan Orang Indonesia Enggan Berbisnis

1. Takut Rugi

Penyebab pertama yang sering dikeluhkan oleh orang Indonesia yaitu takut rugi dalam memulai usaha. Mereka lebih mencari aman daripada mengambil resiko, artinya belum bisa keluar dari zona nyaman. Rugi dalam berwirausaha memang sudah menjadi hal yang sering dialami, dan jika ada seseroang yang bisa bertahan dari kerugian maka orang tersebut merupakan pebisnis sejati. Berbisnis sama halnya dengan menikah, yang belum tahu kedepannya mau bagaimana dan intinya harus dijalankan terlebih dahulu.

2. Tidak Ada Modal

Kebanyakan orang ketika disuruh untuk berbisnis alasannya pasti terkendala di modal, bahkan mereka  tidak mau mengeluarkan modal sedikitpun untuk memulai sebuah bisnis. Tapi kenyataannya modal bukan lagi menjadi syarat utama dalam menjalankan bisnis. Syarat utamanya yaitu niat /kemauan dalam membuka bisnis dan bisa tangguh ketika menghadapi berbagai macam rintangan.

3. Takut Dengan Ketidakpastian

Dalam berbisnis, ada kalanya berada di titik terendah contohnya produk tidak laku atau bahkan omset yang didapatkan pun tidak pasti, kadang mendapat banyak kadang tidak mendapat sedikitpun atau bahkan bisa minus. Hal inilah yang membuat orang Indonesia masih enggan untuk memulai bisnis sendiri, dan mereka lebih memilih bekerja menjadi karyawan dengan gaji tetap perbulan. Jika terus-terusan menjadi karyawan, maka hidupnya pasti tidak akan berkembang.

4. Bingung Cara Memulainya

Sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar jika dari awal sudah mempunyai rencana untuk kedepannya. Nah bagi pemula biasanya tidak tahu akan memulai bisnis apa, darimana dan sistemnya bagaimana. Mengapa mereka bingung? Karena dari kaluarganya pun tidak ada yang menjadi pengusaha, dan juga pasti sudah terlalu lama menjadi karyawan, jadi ketika disuruh untuk berfikir tentang dunia usaha sangat lambat.

5. Terlalu Mendengarkan Kata Orang Lain

Di sekitar kita pasti banyak sekali orang toxic yang berpengaruh buruk bagi kita ketika akan menjalankan suatu kegiatan positif. Mereka biasanya menakut-nakuti bahwa dalam menjalani bisnis sangat berat dan pasti akan gagal. Nah pengaruh seperti itulah yang akan membuat orang menjadi lebih takut dalam membangun bisnis. Jika ada teman toxic, maka selalu ingatlah quotes yang disampaikan oleh salah satu motivator Indonesia yaitu kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda, artinya ketika menjalani hidup kita tidak mungkin gagal terus, pasti akan berhasil entah itu kapan. Dan yang terpenting yaitu selalu bersemangat dan jangan pernah menyerah.

6. Tidak Ada Dukungan Dari Keluarga atau Pasangan

Dukungan atau support dari orang terdekat menjadi hal terpenting ketika ingin memulai bisnis, karena mereka bisa dijadikan sebagai motovasi atau bahkan bisa dijadikan teman curhat ketika ada masalah dalam berbisnis. Namun bagaimana jadinya jika tidak mendapat dukungan dari siapapun terutama keluarga dan pasangan, pasti akan mudah menyerah dalam berbisnis.

7. Takut Dijauhi Teman

Nah kesalahan yang paling fatal ketika ingin memulai bisnis yaitu takut dijauhi teman terdekat. Banyak anak muda yang lebih mementingkan teman daripada berbisnis, karena jika mereka membuka bisnis maka otomatis waktu untuk nongkrong akan semakin berkurang, dan hal inilah yang paling ditakuti orang Indonesia. Lebih baik dijauhi teman daripada hidup tidak berkembang, karena jika bisnis sudah berhasil maka teman akan datang dengan sendirinya.
 
Mengambil resiko memang salah satu hal yang sangat berat untuk dilakukan sebagian orang, tetapi jika  orang tersebut ingin melakukannya maka usaha tidak akan menghianati hasil. Untuk itu jika ingin negara Indonesia menjadi negara maju maka penduduknya harus menjadi seorang pengusaha dan jangan menjadi karyawan di perusahaan. Untuk meningkatkan jiwa pebisnis yang tinggi, maka harus diajarkan mulai dari SD agar anak bisa lebih memahami apa itu bisnis dan bagaimana cara menjalankannya.