Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Menjadi Guru Yang Profesional Agar Disenangi Murid

Menjadi guru merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan perjuangan yang sangat ekstra karena harus mengajar murid yang semuanya memiliki karakter yang berbeda-beda terlebih jika murid SD. Apabila Anda menjadi guru SD maka usahakan bisa membuat semua murid menjadi betah saat materi pembelajaran berlangsung. Anda juga harus bisa membuat mereka enjoy, sama seperti ketika mereka bermain dengan teman sebayanya. 
 
Ketertarikan murid dalam pembelajaran tergantung dengan kualitas guru dalam mengajar di kelas. Semakin Anda professional dalam mengajar, maka akan semakin disukai murid dan mereka pun akan nyaman ketika diajari materi oleh Anda. Maka dari itu, perhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda bisa menjadi guru idaman semua murid di sekolah.

Cara Menjadi Guru Profesional

8 Cara Menjadi Guru Yang Profesional Agar Disenangi Murid

1. Jangan Terlalu Serius

Ketika pembelajaran berlangsung, usahakan Anda jangan terlalu serius karena murid pasti akan jenuh dan stress ketika melihat gurunya serius dalam mengajar. Sesekali diselingi dengan guyonan agar siswa menjadi lebih enjoy dalam mengikutinya. Anda bisa melakukan jeda sebentar dan membahas topik lain yang sekiranya mengundang tawa. Apabila Anda menjadi guru yang asik dan penuh dengan guyonan, pasti murid akan selalu menanti kedatangan Anda dan tidak akan bosan atau mengantuk ketika sedang pelajaran.

2. Ramah dan Selalu Tersenyum

Hal yang paling murid sukai dari guru yaitu ramah dan murah senyum. Apabila bertemu di luar kelas maka Anda bisa menyapa murid dan tersenyum dengannya, karena dengan Anda melakukan hal tersebut maka murid akan merasa kalau mereka selalu diperhatikan. Selain itu ketika di dalam kelas Anda bisa menanyakan sesuatu kepada siswa agar siswa tidak jenuh dengan mata pelajaran, terlebih jika Anda mengajar anak SD yang masih senang-senangnya bermain. Mereka pasti akan sangat senang jika mendapat senyuman dari guru.

3. Menjaga Penampilan

Guru menjadi salah satu contoh yang baik bagi siswa terutama dalam hal penampilan. Apabila penampilan Anda rapi maka murid akan menjadi tertarik dan pasti mereka akan meniru cara berpakaian Anda. Jangan sampai seorang guru salah dalam menggunakan pakaian. Hal tersebut akan membuat harga diri Anda sebagai guru turun di mata siswa.

4. Jangan Ngajar Semaunya Sendiri

Sekarang banyak sekali guru yang mengajar muridnya semaunya sendiri. Artinya mereka tidak peduli dengan apa yang dilakukan murid ketika di sekolah. Biasanya ini dilakukan oleh guru yang masih berstatus honorer. Jika Anda menjadi guru, maka didiklah murid dengan baik dan ketika mengajar di dalam kelas sebaiknya selalu perhatikan apakah murid tersebut paham atau tidak. Jika murid belum paham maka Anda bisa mengulangnya dari awal. Memang menjadi guru harus selalu sabar dalam menghadapi murid.

5. Disiplin dan Tanggungjawab

Sikap disiplin dan tanggungjawab harus selalu diterapkan guru, karena itu akan menjadi tanda bahwa Anda merupakan guru yang profesional. Contohnya jika Anda terlambat masuk kelas, maka segeralah minta maaf kepada murid dan jelaskan apa alasan Anda terlambat. Dengan begitu murid akan lebih percaya kepada Anda bahwa Anda merupakan guru yang bisa bertanggungjawab ketika melakukan kesalahan. Dan jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama di hari berikutnya.

6. Jangan Jadi Seperti Patung

Banyak guru yang mengajar di kelas hanya berdiri di depan saja tanpa bergerak kesana kemari. Jika hal tersebut Anda lakukan maka murid yang duduk di bangku paling belakang akan ngantuk karena Anda tidak memperhatikan mereka. Sebaiknya Anda sesekali jalan ke belakang sambil menerangakan materi agar murid lebih memperhatikan. Selain itu Anda juga bisa menanyakan satu persatu kepada murid tentang materi yang belum paham.

7. Berikan Hadiah

Jika Anda ingin semua murid memahami apa yang Anda sampaikan maka sesekali Anda memberikan hadiah kepada mereka, baik itu berupa uang ataupun yang lainnya. Murid akan lebih suka dengan tantangan yang berhadiah apalagi anak SD. Nah Anda bisa memberi hadiah kepada mereka yang nilai ulangannya paling bagus. Dengan begitu mereka pasti akan berlomba-lomba untuk belajar agar mendapatkan nilai tertinggi.

8. Sesekali Belajar di Luar

Belajar di luar kelas akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar di dalam kelas. Selain itu juga bisa menghilangkan stress karena terlalu lama belajar materi di kelas. Bagi Anda yang menjadi guru Biologi, maka semakin mudah untuk mengajak muridnya belajar di luar kelas dan mempraktekkanya di dunia nyata. Ketika sedang mempelajari tentang tumbuhan, maka Anda bisa mengajak murid pergi ke taman sekolah untuk melihat bunga atau tanaman berserta bagian-bagiannya. Sistem pembelajaran akan berjalan dengan baik jika diselingi dengan praktek, bukan hanya teori saja.
 
Demikian artikel tentang cara menjadi guru yang profesional dan disukai banyak murid. Menjadi guru yang baik tidak semudah yang dibayangkan dan itu harus selalu dilatih agar kemampuan dalam mengajar menjadi lebih baik lagi. Untuk itu peran guru menjadi sangat penting untuk masa depan murid. Jadi jangan sampai murid melakukan hal yang tidak sepantasnya dilakukan ketika di sekolah.