Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Menghilangkan Stres Berlebihan Pada Diri Sendiri

Di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali orang yang mengalami stres baik itu kehilangan pekerjaannya, sistem pembelajaran yang masih daring, sulit untuk mencari pekerjaan dan masih banyak lagi. Permasalahan tersebut tidak dialami di Indonesia saja, tetapi dialami oleh semua orang di dunia ini. Stres yang berlebihan akan menimbulkan berbagai macam penyakit bagi diri sendiri, contohnya penyakit magh karena terlalu banyak berfikir, mual, stroke, sulit tidur dan penyakit lainnya yang ditimbulkan karena pikiran yang selalu stres. 
 
Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tetapi remaja juga bisa mengalami stress, contohnya mahasiswa yang setelah lulus sulit untuk mendapatkan pekerjaan dikarenakan masih pandemi, jadi banyak perusahaan yang ditutup. Nah agar hidup Anda lebih tenang, maka bisa menerapkan beberapa cara berikut ini agar dapat mengurangi stres yang berlebihan.

Cara Menghilangkan Stres Berlebihan

8 Cara Menghilangkan Stres Berlebihan Pada Diri Sendiri

1. Memainkan Alat Musik

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan stres yaitu dengan bermain alat musik yang Anda sukai, contohnya ketika Anda stress karena tugas kuliah maka bisa luangkan waktu untuk bermain alat musik, karena dengan bermain alat musik pikiran Anda akan fokus pada alunan musik dan lirik lagu. Nada yang dihasilkan dari alat musik tersebut bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

2. Sesekali Liburan

Setelah satu minggu full kuliah dan mengerjakan tugas, kini saatnya untuk liburan agar pikiran tidak stres karena memikirkan tugas. Liburan tidak harus ke tempat yang jauh, cukup pergi ke tempat wisata terdekat bersama teman-teman Anda atau bahkan dengan keluarga. Namun jangan terlalu sering liburan, karena nanti bisa lupa dengan tugas utama Anda yaitu kuliah.

3. Olahraga Pagi

Kesehatan memang harus selalu diperhatikan karena apabila tubuh Anda sehat maka pikiran pun akan tenang dan terhindar dari stres. Kebanyakan orang yang mengalami stres dengan pekerjaannya atau dengan kuliahnya, mereka keluar rumah dan olahraga dengan temannya baik itu bermain futsal, renang, lari atau yang lainnya. Waktu olahraga yang paling baik yaitu di pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 10, disaat itulah tubuh akan sangat baik jika berkeringat.

4. Menulis Artikel

Sebagian orang berfikir bahwa dengan menulis artikel akan menambah stres karena memikirkan tulisan yang akan dibuat. Namun itu semua tidak sepenuhnya benar, karena saya sudah membuktikan sendiri dengan menulis artikel pikrian menjadi lebih tenang karena semua permasalahan yang sedang dialami bisa diungkapkan melalui tulisan. Anda bisa bebas menulis apa saja yang sekiranya ada dipikiran Anda, dan ketika menulis maka keluarkan semua ide yang ada di pikiran.

5. Berkumpul Dengan Teman

Setiap mahasiswa pasti akan mengalami stres terutama bagi yang akan menyusun skripsi. Bagi Anda yang sekarang masih bingung dengan skripsi yang akan dibuat dan pikiran merasa stres, maka bisa luangkan waktu untuk berkumpul dengan teman, karena dengan berkumpul dengan teman maka hal yang dibahas pasti akan lebih asik dan bisa menghilangkan stres. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari teman-teman Anda yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan membuat skripsi.

6. Perbaiki Kualitas Tidur

Stres bisa disebabkan karena terlalu sering begadang dan membuat pikiran menjadi pusing. Biasanya akan muda terutama mahasiswa pasti tidur sekitar jam 2 atau jam 3 pagi. Jika hal tersebut terus dilakukan maka akan menyebabkan tubuh merasa lemas dan otak pun sulit untuk berfikir. Tidur yang baik yaitu dari jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi.

7. Jangan Terlalu Banyak Belajar

Belajar memang penting tetapi jangan terlalu sering memanjakan mata di depan buku pelajaran, karena jika setiap hari selalu berfikir tentang pelajaran maka bisa membuat Anda stres. Sesekali Anda belajar hal lain atau bisa yang berhubungan dengan hobi Anda. Sebisa mungkin atur waktu belajar Anda baik itu di waktu pagi, siang atau malam hari, dan usahakan ketika belajar maksimal 2 jam.

8. Curhat Dengan Orang di Sekitar

Stres bisa timbul karena menyembunyikan banyak permasalahan dan tidak pernah diceritakan kepada orang lain. Jika Anda mengalami masalah yang serius usahakan bercerita dengan orang terdekat agar mereka bisa mencarikan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Biasanya setelah curhat dengan orang lain pikiran akan semakin tenang.
 
Itulah 8 cara menghilangkan stres yang berlebihan. Jangan anggap remeh stres karena jika Anda meremehkan maka akan berakibat fatal bagi tubuh Anda terutama pada kesehatan. Apabila Anda melakukan suatu kegiatan yang membuat Anda stres maka segeralah tinggalkan kegiatan tersebut, dan berusaha untuk mengerjakan pekerjaan yang lain yang membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.