Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja di Depan Komputer

Ngantuk saat bekerja memang menjadi hal yang umum dialami oleh semua orang, karena disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu sering begadang, pekerjaan terlalu menumpuk dan masih banyak lagi alasan lainnya. Terlebih sekarang masih di masa pandemi pasti semua aktivitas dilakukan di rumah terutama pekerjaan kantor. Rasah bosan pasti ada karena dari yang tadinya bekerja di kantor dengan suasana yang nyaman, sekarang bekerja di rumah yang sangat sepi dan biasanya mengerjakan pekerjaan di dalam kamar. 
 
Apabila Anda sedang bekerja di depan komputer pasti sering mengalami rasa ngantuk secara tiba-tiba dan itu akan sangat menganggu bahkan membuat pekerjaan tidak cepat selesai. Nah untuk itu perhatikan beberapa cara berikut ini agar rasa ngantuk saat bekerja bisa cepat hilang dan Anda bisa produktif lagi.

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja di Depan Komputer

1. Atur Posisi Duduk

Saat bekerja di depan komputer alangkah baiknya Anda mengatur posisi duduk, seperti duduk di kursi yang nyaman dan jangan sampai Anda salah dalam posisi duduk karena bisa menyebabkan tulang belakang bengkok dan juga bisa membuat Anda tidak nyaman ketika bekerja. Apabila Anda memiliki modal yang cukup maka bisa membeli kursi agar lebih nyaman ketika bekerja atau melakukan kegiatan lainnya.

2. Mendengarkan Musik

Terlalu lama berada di depan komputer pasti akan merasa jenuh terlebih jika Anda bekerja mengerjar dedline, untuk itu dengarkan musik kesukaan Anda agar pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menghilangkan rasa ngantuk. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan banyak inspirasi ketika mendengarkan musik. Dan jangan sampai mendengarkan musik terlalu keras, karena nantinya pasti akan menganggu pekerjaan Anda.

3. Minum Kopi

Hampir semua orang jika bekerja di depan komputer mereka selalu menyediakan kopi, mengapa harus kopi? Karena kopi sudah terbukti bisa menghilangkan rasa ngantuk berelebihan. Sekarang banyak orang ketika ingin begadang maka mereka minum kopi agar kuat sampai malam. Cara ini bisa Anda lakukan ketika sedang bekerja di malam hari.

4. Sempatkan Waktu Keluar Rumah

Setiap orang yang bekerja pasti akan merasa stres karena terlalu lama menghadap komputer atau PC. Anda bisa menyempatkan waktu di sela-sela jam istirahat untuk keluar rumah terlebih dahulu agar pikiran menjadi lebih tenang dan juga bisa menghirup udara segar. Dengan melihat dunia luar maka secara otomatis rasa ngantuk akan cepat hilang.

5. Siapkan Cemilan Sehat

Agar otak menjadi lebih fokus ke pekerjaan maka Anda bisa menyediakan cemilan sehat untuk mengusir rasa ngantuk. Anda bisa memilih cemilan sehat seperti buah-buahan, coklat atau yang lainnya. Jangan sampai Anda menyediakan cemilan yang tidak sehat karena nantinya malah akan membuat Anda terkena penyakit.

6. Banyak Minum Air Putih

Kekurangan air putih bisa membuat tubuh dehidrasi dan merasa lesu, itulah penyebabnya jika Anda sering ngantuk saat bekerja terlebih jika bekerja di depan komputer. Usahakan untuk selalu teratur minum air putih minimal 8 gelas perhari agar tubuh sehat dan terhindari dari penyakit. Selain itu dengan minum air putih juga bisa meningkatkan konsentrasi otak saat bekerja.

7. Perhatikan Kerapian Meja Kerja

Kerapian meja menjadi salah satu penentu apakah Anda bisa nyaman atau tidak dalam mengerjakan suatu pekerjaan, karena jika meja yang Anda gunakan tersebut rapi dan tertata dengan baik maka akan terasa betah berlama-lama bekerja di meja tersebut. Namun apabila meja tempat kerja Anda berantakan maka ketika datang pun sudah terasa malas terlebih dahulu dan tidak nyaman jika ingin melakukan suatu kegiatan. 
 
Mengusir rasa ngantuk ketika bekerja tidaklah sulit karena bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, nah saya harap setelah Anda membaca artikel di atas tidak lagi ngantuk saat bekerja di depan komputer. Selain itu nikmati saja proses Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dan jangan melakukan kegiatan lain sebelum pekerjaan utama selesai.