Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Aktif dan Disiplin

Mempunyai anak merupakan salah satu kebanggan tersendiri bagi semua orang terutama pasangan baru, meraka pasti akan sangat senang jika sudah dikaruniai anak. Anak tersebut nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas serta bisa mengangkat derajad orang tuanya. Namun disini yang perlu saya tegaskan yaitu cara mendidik anak balita, karena balita masih sangat mudah untuk diajarkan segala hal dan mereka akan nurut kepada siapapun. 
 
Tetapi masih banyak orang tua yang salah dalam mendidik anak di usia 3 tahun, kebanyakan dari mereka membiarkan anaknya untuk melakukan segala hal dan tidak ada larangan sedikitpun. Semua itu memang tidak salah, tetapi alangkah baiknya didiklah anak dengan baik agar kedepannya bisa menjadi anak yang berperilaku sopan kepada siapapun. Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan dalam mendidik anak usia 3 tahun dengan benar.

Cara Mendidik Anak Usia 3 tahun

7 Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Agar Aktif dan Disiplin

1. Lihat Kebutuhan Utamanya

Anak yang usianya baru menginjak 3 tahun pasti belum tahu tentang kebutuhan dirinya, dan mereka  pasti akan menggantungkan dirinya kepada orang tua. Nah Anda sebagai orang tua harus selalu peka terhadap kebutuhan anak, dan jangan sampai salah dalam membelikan apa yang mereka inginkann. Tetapi bukan berarti Anda memanjakan mereka ya, karena jika dari kecil sudah dimanjakan maka sifat tersebut akan terus dibawa sampai besar. Maka dari itu Anda harus bisa memberi batasan kepada anak.

2. Berikan Waktu Istirahat

Kebanyakan anak usia 3 tahun masih senang-senangnya bermain dan mereka yang aktif akan melakukan semua kegiatan yang mereka sukai. Terkadang mereka sampai lupa waktu dan lupa makan karena belum bisa menghadapi permasalahan tersebut. Sebaiknya berilah anak waktu untuk istirahat agar sistem kekebalan tubuhnya selalu terjaga dan tehindar dari berbagai macam penyakit. Usahakan Anda selalu menjadwalkan anak dalam bermain dan beristirahat agar semuanya seimbang.

3. Ajarkan Kesopanan

Mendidik anak usia 3 tahun tergolong mudah karena apa yang dilakukan oleh orang tuanya pasti akan ditiru anak tersebut. Agar anak menjadi pribadi yang baik maka sejak kecil ajarkan mereka tentang kesopanan terutama dalam berbicara. Anda bisa mengajari anak cara berbicacra dengan orang yang lebih tua, dan jika Anda tinggal di jawa maka ajarkan anak dalam menggunakan bahasa jawa kromo inggil.

4. Jangan Terlalu Kasar

Sebagian orang tua pasti akan merasa emosi jika anaknya sulit untuk diatur. Tetapi Anda harus menyikapi hal tersebut dengan kepala dingin dan jangan sampai melakukan kekerasan kepada anak. Bagaimanapun juga mereka masih kecil dan belum mengerti apa-apa. Ketika anak melakukan kesalahan maka nasehati dengan bahasa yang baik.

5. Ajari Tentang Agama

Setiap kali Anda ingin beribadah maka ajaklah anak Anda tersebut karena si kecil akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Apabila mereka sudah terbiasa dalam beribadah maka ketika sudah besar akan terbiasa juga. Selain itu Anda juga bisa mengajarkan kepada anak tentang apa saja hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

6. Ajak Liburan

Ajak anak Anda liburan minimal satu bulan sekali, agar mereka bisa melihat dunia luar. Jangan sampai anak tidak pernah diajak liburan dan kesehariannya hanya di rumah saja, karena mereka akan menjadi anak  yang pasif dan minder ketika bertemu dengan orang banyak. Luangkan waktu Anda untuk anak dan keluarga agar interaksi antara keluarga dan anak bisa berjalan dengan baik.

7. Berbagi

Berbagi merupakan kegiatan positif yang harus diajarkan kepada anak, karena dengan berbagi maka mereka akan merasakan kebahagiaan dengan semua orang. Berbagi tidak harus dengan uang, bisa juga berbagi makanan. Jika anak Anda sedang makan maka ajarilah untuk berbagi dengan temannya.
 
Mendidik anak kecil memang bisa dibilang sepele, tetapi jangan sampai Anda meremehkannya. Karena jika Anda salah salah mendidik anak, maka ketika sudah besar nanti pasti akan menjadi anak yang bebas. Kelakuan anak ketika sudah besar, tergantung cara orang tua dalam mendidiknya pada usia balita.