Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Membangun Bisnis

Investasi jangka panjang yang paling direkomendasikan yaitu memiliki sebuah lahan kosong, dimana lahan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membangun bisnis dan mendapatkan pasif income dari bisnis tersebut. Harga lahan kosong di daerah perkotaan jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di pedesaan, bahkan harganya akan naik tiap tahunnya. Bagi Anda yang memiliki lahan kosong maka gunakanlah sebaik mungkin untuk membangun sebuah bisnis agar nantinya lahan tersebut bisa lebih bermanfaat. 
 
Namun bagi sebagian orang masih kebingungan dalam memanfaatkan lahan kosong, dan akhirnya lahan tersebut dibiarkan begitu saja. Untuk Anda yang sedang mencari cara bagaimana memanfaatkan lahan kosong dengan baik, bacalah artikel ini sampai habis karena saya akan memberikan beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan bagi Anda yang saat ini mempunyai lahan kosong.

Cara Memanfaatkann Lahan Kosong

6 Cara Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Membangun Bisnis

1. Dijadikan Tempat Parkir

Bagi Anda yang mempunyai lahan kosong di dekat pasar atau bahkan di dekat tempat wisata, sebaiknya gunakanlah sebagai tempat parkir sepeda motor atau mobil, karena pendapatan yang dihasilkan hari parkir tersebut sangat besar, apalagi lahan yang Anda miliki luas. Jika lahan kosong terletak di dekat pasar, maka itu akan lebih menguntungkan lagi, karena di desa pasar akan diadakan setiap seminggu sekali dan itu tergantung dari daerahnya. Biasanya pendapatan dari parkir sekitar 400 ribu sehari. Untuk parkir roda 2 Anda bisa mematok harga 2 ribu dan untuk roda 4 biasanya 5 ribu.

2. Dijadikan Tempat Budidaya Ikan

Budidaya ikan saat ini sangat menguntungkan apalagi jika Anda memang sudah hobi di bidang tersebut. Anda bisa menanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan seperti ikan lele, ikan hias dan lainnya. Bisnis budidaya ikan memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, dan itu harus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menikmati hasilnya, namun jika usaha tersebut dilakukan dengan konsisten dan sabar maka akan berjalan dengan baik dan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Membuat Kos-kosan

Jaman sekarang apabila mempunyai lahan kosong di tengah kota tidak usah bingung mau dibuat apa, Anda bisa memulai bisnis kos-kosan. Bisnis tersebut semakin kedepan pasti akan semakin menguntungkan karena jumlah anak rantau akan semakin banyak, terutama mahasiswa. Harga kos di kota biasanya sekitar 500 ribu sampai 1 juta perbulan dan jika Anda membuat 12 kamar kurang lebih sudah 10 juta perbulan dan itu bisa menjadi pasif income bagi Anda. Apabila bisnis kosan Anda sudah berjalan maka Anda tidak usah lagi bekerja di perusahaan, karena perbulan Anda pasti akan mendapatkan penghasilan dari kos tersebut.

4. Bisnis Sayuran

Saat ini harga kebutuhan dapur semakin naik seperti cabai, tomat, dan masih banyak lagi, Untuk itu manfaatkan lahan kosong untuk bisnis sayuran. Jika bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, maka tawarkan kepada penjual sayur keliling atau bisa juga di pasar, agar mereka tertarik untuk membeli sayur di tempat Anda. Bisnis ini tentu sangat menjanjikan kedepannya, karena hampir semua orang membutuhkan sayuran untuk makan sehari-hari.

5. Tempat Penggilingan Bakso

Bakso merupakan makanan favorit orang Indonesia dan pasti semua kota ada penjual bakso. Namun Anda harus memanfaatkan keadaan dengan cara membuat penggilingan bakso. Mengapa penggilingan bakso? Karena pasti penjual bakso akan sangat membutuhkan tempat penggilingan agar jualan mereka bisa berjalan dengan baik. Bayangkan saja jika tidak ada tempat penggilingan bakso, maka semua penjual bakso akan semakin kesulitan dalam mengolah daging. Anda bisa mencoba usaha ini di tempat yang sekiranya mudah dijangkau, dan usahakan sediakan peralatan yang lengkap agar nantinya tempat penggilingan tersebut bisa menjadi langganan para penjual bakso.

6. Tempat Pencucian Mobil dan Motor

Semua orang pasti ingin sekali melihat kendaraannya selalu bersih, dan mereka pasti akan membawanya ke tempat pencucian kendaraan agar proses nya bisa lebih maksimal. Nah Anda yang mempunyai modal bisa mencoba bisnis ini, karena bisnis pencucian tidak akan pernah mati dan akan terus dibutuhkan. Biasanya sekali mencuci motor mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu dan untuk mobil 20 ribu. Bayangkan saja jika seharinya bisa mencapai 5 motor dan 5 mobil, pasti pendapatan Anda akan lumayan besar. Agar pengunjung bisa lebih nyaman ketika sedang mencuci kendaraannya di tempat Anda, maka sediakan layanan wifi dan juga makanan/minuman agar mereka tidak jenuh saat menunggu.
 
Mencari uang di jaman sekarang tidaklah sesulit yang dibayangkan, tinggal Anda sendiri bisa memanfaatkan keadaan atau tidak. Jangan hanya mengandalkan gaji dari perusahaan saja, namun Anda harus selalu mengambil keputusan dan harus bisa memanfaatkan apa yang Anda miliki contohnya lahan kosong yang sudah dijelaskan diatas.