Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting

Memiliki mental yang kuat memang menjadi salah satu hal yang sulit untuk dilakukan sebagian orang. Biasanya orang yang memiliki mental kecil akan selalu minder atau malu ketika menghadapi suatu permasalahan. Nah hal ini yang membuat orang tersebut terkesan orang introvert. Padahal mental seseorang bisa dibentuk kapan saja, asalkan ada niat untuk merubahnya. Bagi Anda yang sekarang masih muda, alangkah baiknya melatih mental agar semakin kuat dan tahan terhadap suatu cobaan. Dalam membentuk mental kuat dan tahan banting, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun Anda tidak usah khawatir karena disini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membentuk mental agar tahan banting.

Cara Membentuk Mental Diri Sendiri

9 Cara Melatih Mental Agar Kuat dan Tahan Banting

1. Berani Mengambil Resiko

Langkah pertama yaitu Anda harus berani mengambil resiko dalam hal apapun, terutama dalam hal membangun bisnis. Jika Anda ingin berbisnis dan memiliki mental baja, maka keluarlah dari zana nyaman, contohnya kurangi waktu Anda bermain dengan teman, kurang membeli barang yang tidak penting dan berani membayar harga untuk sebuah kesuksesan. Jika Anda berani keluar dari zona nyaman, maka sedikit demi sedikit mental Anda akan terlatih untuk mengahadapi resiko.

2. Berfikir Positif

Semua orang harus berfikir positif, karena dengan memiliki pikiran yang positif maka otomatis Anda akan siap menghadapi segala hal walaupun hal tersebut belum bisa dilihat. Contohnya sebelum Anda mengikuti perlombaan maka pastikan pikiran Anda sudah positif, urusan kalah atau menang itu dipikirkan belakarang, dan yang terpenting yaitu berani terlebih dahulu. Namun apabila Anda memiliki pikiran negatif, maka ketika menghadapi rintangan, pasti sudah takut duluan. Untuk itu setiap hari diusahakan untuk berfikir positif agar semua rintangan bisa dilalui dengan baik tanpa ada keraguan.

3. Asah Kemampuan Diri

Kemampuan yang Anda miliki juga menjadi salah satu hal yang yang membuat mental menjadi kuat. Jika Anda memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni, pasti akan selalu siap ketika menghadapi tantangan. Namun jika kemampuan Anda minim, sekecil apapun rintangannya pasti Anda tidak akan pernah percaya diri untuk melaluinya. Maka dari itu, mulai sekarang latihlah skill Anda dengan baik, seperti skill public speaking, pidato atau yang lainnya,

4. Sering Berolahraga

Olahgara secara rutin bisa menjadi mdoal utama dalam mengembangkan mental, karena dengan berolahraga tubuh akan selalu fit dan kuat dalam melakukan pekerjaan. Usahakan setiap hari melakukan olahraga minimal 15 menit. Selain itu berolahraga bisa memperlancar aliran darah dan membuat otak menjadi fresh.

5. Lupakan Masa Lalu

Apabila Anda memiliki masa lalu yang kurang baik, maka sebisa mungkin untuk melupakan semuanya, karena dengan melupakan masa lalu otomatis mental Anda akan terlatih. Anggaplah masa lalu yang kelam tersebut sebagai pengalaman bagi Anda untuk menghadapi rintangan yang akan lebih berat kedepannya. Semakin Anda melupakan masa lalu, maka Anda akan mudah untuk menemukan masa depan yang lebih baik lagi.

6. Berkumpul Dengan Teman

Berkumpul dengan teman juga bisa melatih mental Anda lohh. Bagaimana tidak, jika sedang berkumpul maka semua orang akan membuka pembicaraan. Dengan hal tersebut pasti pikiran Anda akan semakin terbuka dan berani untuk mengungkapkan segala sesuatu yang ada di pikiran. Hal kecil seperti itu bisa melatih keberanian Anda dari yang tadinya introvert menjadi ekstrovert.

7. Gunakan Media Sosial Dengan Bijak

Di jaman sekarang ketika orang ingin menemukan informasi sangatlah mudah karena sudah ada smartphone dan laptop. Cukup dengan mengetik apa yang diinginkan pasti akan muncul. Nah jika Anda pengguna aktif media sosial, maka berhati-hatilah dalam menggunaknnya, karena media sosial bisa membawa pengaruh buruk bagi mental Anda. Contohnya ketika teman Anda membuat postingan yang negatif, dan apabila Anda membacanya otomatis pikiran Anda menjadi ikut negatif dan hal inilah yang akan merusak mental Anda bahkan bisa membuat down.

8. Menerima Kegagalan

Kegagalan pasti akan dialami semua orang baik itu di dunia bisnis atau dunia pendidikan. Jika Anda mengalami kegagalan pasti mental akan langsung down dan stress ketika melakukan segala sesuatu. Namun hal yang perlu Anda ingat yaitu kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda. Jadi permasalahan yang telah berlalu segera dilupakan dan berusaha untuk mencoba hal baru lagi dan berjuang untuk mendapatkannya.

9. Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, karena kesuksesan tidak akan pernah dilakukan secara bersama, pasti ada waktu yang tepat untuk orang tersebut untuk mendapatkan kesuksesannya. Jika ada teman Anda yang sudah berhasil menguasai suatu bidang, maka Anda tidak usah membandingkan diri Anda dengan orang tersebut, karena apabila Anda selalu membanding-bandingkan maka hanya akan timbul rasa iri dan dengki. Untuk itu fokuslah pada tujuan yang sudah Anda rencanakan dari awal dan jangan dengarkan omongan orang lain.
 
Demikian artikel tentang cara melatih mental agar semakin kuat dan tahan banting. Semoga bagi Anda semua yang menerapkan cara yang ada di artikel tersebut bisa menjadi orang yang selalu berfikir positif dan bisa bersaing dengan siapapun tanpa ada rasa minder.