Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Melatih Kebiasaan Positif Pada Diri Sendiri

Kebiasaan merupakan salah satu hal yang dilakukan secara terus-menerus oleh seseorang dimana orang tersebut melakukannya dengan nyaman dan senang hati. Apabila Anda melakukan berbagai macam kegiatan dan dilakukan setiap hari maka pasti ada orang yang berkata “kebiasaan sih”. Nha kebiasaan ada 2 yaitu kebiasaan positif dan kebiasaan negatif. Contoh kebiasaan positif yaitu olahraga, belajar, menolong orang lain dan masih banyak lagi, sedangkan kebiasaan negatif yaitu merokok, begadang, atau bahkan mencemooh orang lain. 
 
Nah kali ini saya akan membahas tentang kebiasaan positif, dimana kebiasaan tersebut harus dilakukan dengan siapa saja dan kapan saja. Bagaimana cara agar kebiasaan positif bisa terlatih dengan baik. Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih kebiasaan Positif setiap hari.

Cara Melatih Kebiasaan Positif

6 Cara Melatih Kebiasaan Positif Pada Diri Sendiri

1. Fokus Dulu ke Satu Kebiasaan

Jika Anda ingin memiliki kebiasaan yang baik maka langkah pertama Anda harus fokus ke satu kebiasaan, contohnya Anda memiliki kebiasaan menulis artikel maka setiap hari lakukanlah dengan konsisten dan jangan sampai putus di tengah jalan hanya karena ada salah satu halangan. Jika Anda sudah menjalaninya kurang lebih sekitar 2 minggu maka apapun yang Anda lakukan pasti akan terbiasa, dan jika sekali saja Anda tidak melakukannya maka hidup akan terasa kurang.

2. Komitmen Pada Kebiasaan Tersebut

Ketika Anda sudah bisa fokus ke satu kebiasaan, maka selanjutnya yaitu bangun sikap komitmen. Mengapa harus berkomitmen? Karena semua kebiasaan akan berjalan dengan baik jika Anda berkomitmen untuk mempertahankannya dan tidak akan berpaling ke hal yang lain. Jika dari awal sudah memiliki komitmen maka apapun rintangan yang Anda hadapi pasti bisa dilalui dengan baik.

3. Jangan Merasa Malu

Kebanyakan orang jika melakukan kebiasaan positif pasti akan merasa malu terlebih jika kebiasaan tersebut tidak dilakukan oleh temannya. Apabila teman-teman Anda melakukan kegiatan negatif maka Anda jangan malu melakukan kebiasaan positif di depan mereka, karena jika selamanya malu maka kebiasaan tersebut tidak akan pernah berhasil Anda lakukan. Memang ada orang yang mencemooh Anda, tetapi percayalah mereka juga belum tentu bisa melakukan kebiasaan baik seperti Anda. Dan jadikan cemooh tersebut sebagai motivasi Anda untuk membentuk diri lebih baik lagi.

4. Dukungan Dari Pasangan

Jika Anda sekarang sudah mempunyai pasangan baik itu masih dalam pacaran atau sudah berkeluarga, pastinya sangat membutuhkan dukungan dari pasangan Anda tersebut, terlebih jika Anda ingin melakukan hal positif. Dukungan yang diberikan pasangan kepada Anda bisa membuat Anda menjadi lebih yakin untuk mendapatkan semuanya dan bisa melakukan kebiasaan positif sesuai dengan niat Anda sebelumnya. Apabila Anda memiliki pasangan yang suka memberikan dukungan, maka pertahankanlah karena tidak semua orang mau mendukung Anda.

5. Mulai Secara Perlahan

Untuk melatih kebiasaan positif maka harus membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, karena membangun kebiasaan positif lebih sulit dibandingkan dengan kebiasaan negatif. Tetapi itu semua bisa dilakukan asalkan Anda mau memulainya secara perlahan. Jika baru pertama kali memulai maka alangkah baiknya sehari Anda melakukan 2 kali dan jika sudah terbiasa bisa sampai 3 atau 4 kali, contohnya Anda ingin memiliki kebiasaan menulis artikel maka di minggu pertama usahakan setiap hari selalu menulis artikel sebisa Anda, dan jangan sampai bolong. Jika seminggu pertama sudah terbiasa maka minggu berikutnya akan terasa nyaman ketika setiap hari nulis artikel.

6. Beri Hadiah Pada Diri Sendiri

Apabila Anda sudah berhasil melatih kebiasaan positif, maka berilah hadiah pada diri Anda sendiri karena dengan memberi hadiah maka kedepannya pasti Anda akan berusaha lebih baik lagi. Hadiah tidak perlu yang mahal atau mewah, tetapi cukup dengan membeli barang yang belum pernah Anda miliki, dan menurut Anda itu merupakan barang yang spesial.
 
Kebiasaan positif harus selalu dilatih mulai dari sekarang, karena jika dari remaja saja sudah terlanjur memiliki kebiasaan negatif maka suatu saat nanti ketika sudah tua pasti akan menyesal. Kebiasaan positif sangat bagus jika dilatih ketika masih menjadi mahasiswa.