Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Efektif Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Kuliah bukan hanya sekedar untuk mengerjakan tugas dan duduk di kelas saja, namun harus bisa meningkatkan softskill dengan cara mengikuti berbagai macam organisasi yang ada di kampus. Dengan itu organisasi maka Anda akan dilatih untuk menunjukkan bakat Anda dan dituntut untuk bisa berbicara di depan umum. Pengalaman organisasi akan sangat berguna nanti saat ingin melamar pekerjaan, dan itu akan menjadikan nilai plus perusahaan, karena perusahaan sangat menyukai mahasiswa yang aktif daripada mahasiswa pasif. 
 
Tetapi masih banyak mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi dengan alasan sulit dalam membagi waktu antara kuliah dan rapat organisasi. Namun ada juga mahasiswa yang  ikut banyak organisasi tetapi semuanya bisa berjalan dengan baik. Nah bagi Anda yang ingin mengikuti organisasi tetapi masih bingung bagaimana cara membagi waktunya, maka perhatikan cara berikut ini.

Cara Agar Kuliah dan Oganisasi Seimbang

6 Cara Efektif Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

1. Apa Tujuan Utama Menjadi Mahasiswa?

Semua mahasiswa pasti sudah mempunyai tujuan tersendiri kenapa memutuskan untuk kuliah, ada yang tujuannya agar lebih mudah mencari kerja, ada juga yang tujuannya hanya untuk mencari relasi. Semua itu tergantung pada diri masing-masing. Contohnya ada mahasiswa yang ingin mendapatkan IPK bagus dan mereka tidak ikut organisasi, ada juga mahasiswa yang IPK-nya pas-pasan atau cenderung kurang tetapi mereka sangat aktif dalam organisasi. Dan ada mahasiswa yang IPK-nya bagus, serta aktif dalam berorganisasi. Semuanya bisa berjalan dengan baik asalkan tujuan utama kuliah sudah ditentukan.

2. Utamakan Prioritas

Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengikuti organisasi, maka harus bisa bertanggunng jawab atas apa yang sudah Anda pilih. Jika ada tugas kuliah maka segeralah kerjakan agar tidak menumpuk, karena jika Anda sering menunda maka akan stress di akhir semester. Di dalam organisasi pasti akan banyak sekali kegiatan seperti rapat atau menyelenggarakan acara seperti seminar atau yang lainnya. Dan itu semua pasti akan menyita waktu Anda. Sebaiknya kerjakan tugas kuliah terlebih dahulu baru mengikuti organisasi.

3. Manajemen Waktu Dengan Baik

Agar kuliah dan organisasi bisa berjalan dengan baik maka Anda harus bisa memanajemen waktu dengan baik, contohnya Anda harus memahami waktu kuliah dan waktu untuk rapat dan jangan sampai waktu Anda digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat sehingga kuliah dan organisasinya terhambat. Maka dari itu setelah bangun pagi sebaiknya Anda merencanakan akan melakukan hal apa saja di hari tersebut.

4. Jangan Terlalu Banyak Bermain

Kebanyakan mahasiswa ketika ada waktu longgar sedikit digunakan untuk pergi ke tempat wisata atau nongkrong dengan temannya, dan pada akhirnya mereka melupakan kewajibannya yaitu kuliah dan mengikuti organisasi. Bermain memang menjadi hal yang menyenangkan asalkan tahu waktu yang tepat dan pastikan semua tugas kuliah sudah diselesaikan dengan baik.

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Apabila Anda sudah terjun di organisasi maka jangan sampai menunda pekerjaan apapun itu, karena jika ada satu saja tugas yang tidak segera Anda kerjakan, maka semuanya pasti akan membuat Anda kebingungan. Jadi jika ada tugas dari organisasi atau tugas kuliah maka langsung saja kerjakan dan jika ada waktu luang gunakan untuk istirahat.

6. Istirahat Yang Cukup

Tidak hanya kuliah dan organisasi saja, tetapi kualitas tidur harus selalu diperhatikan, karena jika Anda terlalu sering tidur larut malam atau begadang maka ketika bangun pasti akan malas ketika akan melakukan berbagai macam kegiatan. Waktu tidur normal untuk mahasiswa yaitu maksimal jam 12 dan bangun maksimal jam 5 pagi. Jika Anda melakukan cara tersebut maka antara kuliah dan organisasi pasti akan berjalan dengan lancar. 
 
Menjadi mahasiswa aktivis harus mempunyai mental yang kuat dan siap menghadapai berbagai macam cobaan. Untuk Anda yang mengikuti banyak kegiatan di kampus seperti organisasi maka tidak ada salahnya menerapkan cara yang sudah saya bagikan diatas. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat bagi semua mahasiswa.