Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memulai Kerja Part Time

Saat menjadi mahasiswa pasti jadwal setiap harinya berbeda dengan anak sekolah, karena kuliah lebih banyak waktu luang. Banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berbagai macam kegiatan salah satunya yaitu kerja part time. Kerja part time artinya kerja paruh waktu yang bisa dilakukan di pagi hari atau malam hari saja. Kerja part time yang cocok utuk mahasiswa yaitu menjadi Barista di café, menjadi penulis atau bahkan bisa juga bekerja di restoran. Sebisa mungkin ketika masih kuliah gunakanlah waktu luang untuk hal yang bermanfaat agar nantinya setelah lulus sudah mempunyai banyak pengalaman. Berikut alasan mahasiswa harus melakukan kerja part time saat kuliah.

Mengapa Harus Kerja Part Time?

7 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Memulai Kerja Part Time

1. Meringankan Beban Orang Tua

Bagi sebagian mahasiswa pasti semua biaya kuliah masih ditanggung orang tua dan tentunya Anda juga masih mengalami hal tersebut. Nah untuk meringankan beban orang tua sebaiknya melakukan kerja part time agar mendapatkan uang yang nantinya digunakan untuk membayar sebagian biaya kuliah. Selain meringakan beban orang tua, apabila bisa membiayai kuliah sendiri itu merupakan hal yang sangat membanggakan.

2. Mendapatkan Pengalaman

Ketika sudah lulus kuliah dan melamar di sebuah perusahaan pasti yang pertama kali ditanyakan oleh HRD yaitu pengalaman kerja dari si pelamar. Jika Anda selama kuliah sudah mempunyai pengalaman kerja yang cukup banyak, maka kemungkinan HRD akan mempercayai Anda untuk bekerja di perusahaannya. Apabila sudah terbiasa kerja part time, pasti setelah lulus kuliah tidak gagap dengan pekerjaan.

3. Mengasah Skill

Kerja part time bukan berarti untuk mencari uang saja, namun juga bisa untuk meningkatkan skill yang Anda miliki. Contohnya Anda mempunyai skill menulis, maka bisa membuat website sendiri atau bahkan bisa menjadi penulis di website orang lain. Dengan begitu kemampuan menulis Anda akan semakin meningkat. Kerja part time usahakan sesuai dengan hobi Anda agar saat menjalankannya tidak terbebani dan selalu merasa senang.

4. Menambah Koneksi

Menghabiskan waktunya untuk belajar di kampus saja pasti teman yang Anda kenal hanya itu-itu saja, dan pastinya tidak akan mempunyai banyak kenalan di luar. Nah apabila melakukan kerja part time, otomatis akan bertemu dengan orang dari semua kalangan. Saat masih menjadi mahasiswa memang orang tersebut tidak berpengaruh bagi Anda. Namun nanti setelah lulus pasti Anda akan membutuhkan orang tersebut untuk membantu mendapatkan pekerjaan.

5. Belajar Mengatur Waktu

Ketika memutuskan untuk bekerja part time, otomatis Anda akan dituntut untuk bisa membagi waktu antara kuliah, berorganisasi (bagi yang ikut) dan bekerja. Jika semuanya bisa berjalan dengan lancar maka Anda sudah bijak dalam mengatur waktu. Namun lebih baik utamakan yang menjadi prioritas terlebih dahulu dan jangan sampai kuliah Anda terbengkelai hanya karena bekerja.

6. Menambah Tabungan

Menabung merupakan hal yang sangat dianjurkan terutama untuk mahasiswa, karena jika Anda mempunyai tabungan maka ketika ingin membeli sesuatu tidak meminta kepada orang tua lagi. Anda bisa mencari kerja part time yang sekiranya menawarkan gaji yang lumayan untuk ditabung, dan jangan sampai Anda sudah menghabiskan waktunya untuk kerja part time, tetapi gaji yang diberikan kecil.

7. Melatih Untuk Lebih Menghargai Uang

Mencari uang tidak semudah yang dibayangkan, maka dari itu Anda harus bisa menghargai uang walaupun itu sedikit. Nah kebanyakan anak muda sering menghambur-hamburkan uang dengan membeli barang yang tidak seharusnya dibeli. Dengan mengikuti kerja part time, maka Anda akan merasakan bagaimana sulitnya mencari uang dan pasti akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.
 
Menjadi mahasiswa jangan sampai hanya belajar di kelas saja, namun juga harus berusaha untuk keluar dari zona nyaman seperti kerja part time. Melakukan kerja part time bisa dibilang sulit karena Anda harus bisa menyeimbangkan antara kuliah dan bekerja. Tetapi pengalaman yang Anda dapatkan akan lebih banyak dibandingkan dengan teman Anda yang tidak melakukan kerja part time. Untuk itu latihlah diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh dari sekarang dengan cara memulai bekerja.