Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Mengapa IPK Sangat Penting Bagi Mahasiswa

Saat pertama kali masuk kuliah, pasti yang diinginkan mahasiswa baru yaitu lulus tepat waktu dan mendapatkan IPK cumlaude, karena dengan memiliki IPK yang bagus pasti akan menjadi salah satu kebanggan tersendiri apalagi itu hasil perjuangan kuliah selama 4 tahun. Namun ada orang yang mengatakan bahwa IPK tidak terlalu penting, pemikiran tersebut tidak salah dan tidak sepenuhnya benar karena dengan mendapatkan IPK bagus maka mahasiswa tersebut akan bisa melakukan berbagai macam kegiatan di kampus salah satunya yaitu mengikuti lomba dan juga berpeluang mendapatkan beasiswa. Untuk lebih jelasnya lagi bacalah artikel di bawah ini tentang pentingnya IPK bagi mahasiswa.

Alasan IPK Penting Bagi Mahasiswa

6 Alasan Mengapa IPK Sangat Penting Bagi Mahasiswa

1. Peluang Mendapat Beasiswa

Nah IPK sangat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa baik itu beasiswa di kampus atau beasiswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Biasanya kampus akan mensyaratkan IPK diatas 3.0 agar bisa mengikuti seleksi beasiswa. Jika Anda mendapatkan beasiswa maka bisa meringankan beban orang tua terebih kampus Anda kampus swasta yang biaya tiap semester sangat tinggi dibandingkan dengan kampus negeri.

2. Kebanggan Orang Tua

Semua orang tua pasti akan merasa bangga jika anaknya mendapatkan IPK cumlaude, dan pasti mereka tidak sia-sia membiayai anaknya kuliah. Pada saat wisuda pasti mahasiswa yang IPK-nya cumlaude akan dipanggil ke depan dan mendapatkan hadiah dari kampus. Orang tua mana yang tidak bangga jika anaknya menjadi lulusan terbaik.

3. Bisa Menjadi Asisten Dosen

Bagi Anda yang mempunyai IPK bagus dan mempunyai passion dalam mengajar, bisa mendaftarkan diri sebagai asisten dosen, karena dengan menjadi asisten dosen maka pengetahuan dan pengalaman selama kuliah akan bertambah. Selain itu Anda akan mendapatkan nilai plus dari dosen sebagai mahasiswa aktvis di kampus. Syarat menjadi asisten dosen biasanya memiliki IPK diatas 3.25 karena dengan IPK tersebut berarti Anda telah serius dalam mempelajari mata kuliah dan bisa dipercaya menjadi asisten dosen.

4. Bisa Mewakili Kampus

Semua kampus di Indonesia pasti setiap tahunnya mengadakan perlombaan antar mahasiswa, contohnya lomba olimpiade atau lomba debat mahasiswa. Nah untuk mengikuti lomba tersebut Anda harus mempunyai IPK diatas 3.0 karena kampus pasti akan memilih mahasiswa terbaik agar bisa membawa nama baik kampus pada saat perlombaan. Jika IPK Anda memenuhi persyaratan, langsung saja daftar diri agar nantinya bisa mewakili kampus di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga bisa menambah relasi dengan mahasiswa yang berbeda kampus.

5. Menjadi Syarat Melanjutkan S2

Setelah lulus program studi S1 pasti Anda akan menentukan kedepannya mau kemana, ada yang langsung bekerja dan ada juga yang lebih memilih untuk melanjutkan ke S2. Nah untuk lanjut S2 pasti ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya yaitu IPK. Biasanya IPK untuk mendaftar S2 biasanya minimal 3.25.

6. Lebih Cepat Dipanggil Interview Kerja

Harapan mahasiswa setelah lulus pasti ingin bekerja di perusahaan yang diimpikan. Nah dalam masuk perusahaan pasti ada seleksi Interview yang harus dilewati oleh si pelamar dan kebanyakan freshgraduate merasa resah karena sudah memenuhi persyaratan namun tidak dipanggil-panggil untuk tes interview. Penyebab tidak dipanggil interview yaitu karena IPK waktu kuliah sangat rendah atau tidak memenuhi persyaratan. Maka dari itu ketika masih kuliah usahakan mendapat IPK yang bagus agar nantinya bisa cepat dipanggil oleh perusahaan. 
 
Saat masih menjadi mahasiswa sebaiknya seimbangkan antara belajar dan mengikuti organisasi karena keduanya akan menjadi modal utama ketika sudah lulus nanti. Jangan remehkan IPK karena jika IPK Anda rendah maka ketika ingin melakukan kegiatan yang berbau akademik akan sangat sulit terutama melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.