Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Jangan Bekerja Menjadi Karyawan Seumur Hidup

Bekerja memang menjadi keinginan semua orang terutama mahasiswa freshgraduate yang masih sibuk-sibuknya mencari pekerjaan demi masa depannya. Biasanya mereka akan melamar ke sebuah perusahaan baik itu nasional maupun internasional, karena mereka pasti berfikir dengan menjadi karyawan di perusahaan besar akan membuat hidup lebih terjamin dan bisa bekerja dengan nyaman. Namun kenyataannya sangat berbeda, bekerja menjadi karyawan tidak seindah yang dibayangkan, terlebih jika masih bekerja di perusahaan kecil. 
 
Ketika menjadi karyawan, semua tanaga dan pikiran harus dihabiskan di tempat kerja tersebut agar nantinya bisa mendapatkan apresiasi dari atasan. Memang gaji karyawan cenderung tetap dan bisa diandalkan beberapa tahun kedepan, tetapi jika untuk jangka panjang bekerja sebagai karyawan tidak akan pernah membuat orang hidup bahagia. Berikut ada beberapa alasan mengapa Anda jangan menjadi karyawan di perusahaan seumur hidup.

Mengapa Jangan Menjadi Karyawan?

6 Alasan Jangan Bekerja Menjadi Karyawan Seumur Hidup

1. Perusahaan Bisa Menggantikan Anda

Semua perusahaan memiliki kewenangan untuk memberhentikan siapa saja yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika dalam pekerjaan Anda tidak serius maka bos akan sangat cepat untuk menyuruh orang lain untuk menggantikan posisi Anda. Selain itu ada juga yang karyawannya bekerja dengan baik dan disiplin tanpa ada kendala apapun tiba-tiba atasan memecatnya karena ada alasan tersendiri.

2. Gaji Tidak Sesuai Dengan Pekerjaan

Jika Anda menjadi karyawan toko ataupun perusahaan kecil, maka Anda dituntut untuk bekerja lebih keras dan biasanya karyawan masuk dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Dengan begitu tenaga Anda akan terkuras habis bahkan tidak sempat melakukan kegiatan lain kecuali di hari libur. Dari jam kerja kurang lebih 12 jam tersebut pasti gaji yang diberikan sangatlah kecil, biasanya untuk karyawan toko sekitar 1,8 juta saja perbulan. Jika Anda sudah berkeluarga maka akan sulit untuk memenuhi semua kebutuhan hidup setiap hari.

3. Hanya Memperkaya Orang Lain

Terlalu lama menjadi karyawan hanya akan membuat orang lain menjadi kaya, karena pemilik dari perusahaan tersebut sama sekali tidak bekerja, mereka setiap harinya hanya memantau karyawan yang bekerja di perusahaannya. Tidak bekerja tetapi bisa mendapatkan uang? Itulah prinsip hidup seorang bos. Semakin giat Anda bekerja maka kekayaan bos perusahaan akan semakin meningkat. Anda hidup di dunia ini jangan mau disamakan dengan binatang, yang disuruh bekerja setiap hari hanya untuk memperkaya tuannya.

4. Tidak Bisa Menabung

Menjadi karyawan tentu tidak akan bisa menabung. Bagaiamana mau menabung jika gaji yang didapatkan hanya cukup untuk makan diri sendiri, bahkan ada yang kurang. Sementara itu kebutuhan remaja sangatlah banyak dan pastinya ingin memberikan uang kepada orang tua setiap bulannya. Maka dari itu bekerja menjadi karyawan hanya akan membuat hidup Anda semakin tertekan dan memiliki banyak beban.

5. Tidak Bisa Mengembangkan Skill Yang Lain

Setiap orang pasti mempunyai skill tersendiri yang harus dikembangkan agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi. Nah apabila menjadi karyawan, kapan ingin mengembangkan skill? Sementara waktunya hanya sibuk digunakan untuk bekerja. Apabila skill Anda tidak dilatih dari sekarang maka ketika sudah tua nanti akan menyesal karena tidak mempunyai kemampuan apapun, dan hanya bekerja sebagai karyawan.

6. Menjadi Orang Penakut

Jika Anda menjadi karyawan, maka otomatis mental Anda akan menjadi penakut, contohnya takut dimarahi bos, takut kena PHK, takut terlambat bekerja dan masih banyak lagi. Kebanyakan karyawan sulit untuk keluar dari zona nyaman karena sudah terlanjur memiliki mental penakut yang datang ketika bekerja. Untuk menghilangkan mental penakut, Anda harus zona nyaman dengan cara berhenti menjadi karyawan. 
 
Usia muda jangan habiskan waktu Anda hanya untuk menjadi seorang karyawan, jadilah orang yang bisa menciptakan pekerjaan bagi orang lain. Jika dari awal sudah menjadi karyawan, maka sampai tua pun akan tetap nyaman menjadi karyawan karena gaji yanga didapatkan sudah pasti. Semoga artikel tersebut bisa membuka pemikiran semua mahasiswa yang sudah lulus agar jangan menjadi karyawan dan lebih baik memulai usaha sendiri.