Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Dasar Semua Orang Harus Mempunyai Tujuan Hidup

Semua orang yang hidup di dunia ini pasti mempunyai tujuan hidup, karena jika hidupnya tidak mempunyai tujuan maka orang tersebut akan seperti air di atas daun talas yang tidak mempunyai pendirian. Tujuan hidup bukan hanya tentang materi saja, tetapi juga menyangkut dengan kebahagiaan. Jika Anda sudah mempunyai tujuan hidup, maka setiap hari pasti sudah tahu apa yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan. Untuk itu semua orang harus memiliki tujuan hidup agar kehidupannya menjadi lebih baik lagi. Mengapa orang harus memiliki tujuan hidup? Nah berikut alasan paling mendasar seseorang harus punya tujuan dalam menjalani hidupnya.

Mengapa Harus Mempunyai Tujuan Hidup?

5 Alasan Dasar Semua Orang Harus Mempunyai Tujuan Hidup

1. Agar Tahu Arah Mana Yang Harus Diambil

Dengan mempunyai tujuan hidup maka Anda akan mengetahui bagaimana kehidupan Anda selanjutnya dan mau dibawa kemana diri Anda. Contohnya Anda ingin mendapatkan IPK cumlaude, maka ketika pertama kali masuk kuliah sudah pasti tahu apa yang harus dilakukan selama perkuliahan, seperti belajar yang rajin, aktif di kelas, dan juga mengikuti organisasi. Namun jika Anda belum mempunyai tujuan hidup, pasti akan kesulitan ketika menentukan arah kedepannya dan tidak tahu apa yang harus dicapai.

2. Memotivasi Diri sendiri

Apapun tujuan hidup Anda pasti akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat untuk mendapatkannya. Jika Anda setiap hari melihat tujuan Anda yang ditempelkan di depan kaca, maka otomatis Anda akan selalu termotivasi untuk melakukan hal yang sepantasnya dilakukan untuk mencapai semuanya. Selain itu Anda juga dituntut untuk lebih aktif dalam segala hal terutama dalam meraih semua impian.

3. Tidak Mudah Terpengaruh Hal Buruk

Pengaruh buruk bisa datang kapan saja, baik itu dari teman ataupun dari siaran televisi. Nah jika Anda sudah mempunyai tujuan hidup maka seberat apapun godaannya tidak akan pernah terpengaruh, bahkan Anda tetap fokus pada tujuan yang akan dicapai. Jika Anda sudah tidak perpengaruh dengan apapun, maka Anda sudah bisa dipastikan sebagai orang yang sanggup untuk memgang prinsip tujuan hidup.

4. Mendapat Hasil Terbaik

Saat Anda sudah menetapkan tujuan tertentu maka jangan ragu untuk mendapatkannya, dan tetaplah fokus. Semakin tinggi impian otomatis Anda akan semakin bersemangat dalam mencapainya dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Apabila Anda tidak mempunyai tujuan hidup, maka Anda tidak tahu hal apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

5. Menjauhkan Dari Stress

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya kekecewaan atas hasil yang belum bisa dicapai, maka dari itu dengan adanya tujuan hidup membuat Anda menjadi semangat untuk bangkit dari keterpurukan dan kembali fokus pada tujuan. Sebuah tujuan hidup bisa menjauhkan Anda dari stress dan depresi yang bisa Anda alami ketika mengalami kekecewaan. 
 
Tujuan hidup memang belum bisa dirasakan sekarang, tetapi Anda akan merasakannya 5 sampai 10 tahun kedepan dan berfikir bahwa mempunyai tujuan hidup merupakan hal yang sangat penting, karena untuk menentukan kehidupan Anda di masa depan. Untuk itu milikilah tujuan hidup dari sekarang agar semua kegiatan yang Anda lakukan semakin terarah ke jalan yang benar.