Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Manfaat Menjalin Networking Untuk Perkembangan Karir

Berbicara mengenai karir pastinya tidak lepas dengan yang namanya networking. Apa itu networking? Networking yaitu sebuah jaringan yang menunjukkan bahwa kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri apalagi sukses sendiri, untuk itu butuh yang namanya relasi atau berkumpul dengan orang yang sudah sukses di suatu bidang. Apabila Anda masih duduk di bangku perkuliahan, sebaiknya ikutlah organisasi sebanyak mungkin baik itu di dalam kampus atau di luar kampus. Karena dengan ikut organisasi, Anda akan lebih mengetahui tentang dunia luar dan pastinya mendapatkan banyak pengalaman yang berharga. Jika Anda melihat orang sukses di luar sana, pasti mereka memiliki networking yang sangat luas. Nah berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan jika Anda memiliki networking yang luas.

Manfaat Networking Yang Sangat Luar Biasa

7 Manfaat Menjalin Networking Untuk Perkembangan Karir

1. Belajar Berkomunikasi

Ketika Anda mengikuti sebuah organisasi, pasti Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, khususnya organisasi kampus. Disana Anda akan dituntut untuk berbicara di depan umum bahkan tata bicaranya pun harus berbeda ketika bersama dengan kakak tingkat atau bahkan alumni. Nah dari situlah komunikasi Anda akan terlatih dan menjadikan diri Anda menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal sopan santun.

2. Punya Informasi Yang Luas

Jika Anda berteman dengan banyak orang pasti akan mendapatkan berbagai macam informasi, misalnya informasi tentang beasiswa, acara penting atau bahkan informasi tentang dunia kerja bisa Anda dapatkan melalui networking tersebut. Setiap orang pasti mempunyai informasi yang berbeda-beda, dan jika Anda berteman dengan orang tersebut maka Anda tidak akan menajdi orang yang kurang update atau biasa disebut dengan kudet.

3. Membuka Peluang

Dengan memiliki networning yang luas, pasti akan membuka banyak peluang yang besar bagi Anda. Peluang tersebut sangat banyak diantaranya yaitu peluang untuk mengikuti even penting, peluang mengikuti seminar, peluang mengikuti beasiswa dan masih banyak lagi. Dari peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membangun karir Anda kedepannya agar lebih baik lagi. Bayangkan jika Anda tidak mengikuti organisasi apapun dan hanya mengandalkan beberapa orang saja atau bahkan hanya mengandalkan internet, pasti hidup Anda begitu-begitu saja dan tidak akan pernah berkembang.

4. Bisa Menemukan Partner Bisnis

Jika Anda baru pertama kali masuk ke organisasi pasti akan merasa asing dengan orang lain yang belum Anda kenal, tetapi mereka biasa jadi memiliki peranan penting dalam perkembangan karir Anda terutama dalam bidang usaha. Dengan mengikuti organisasi, maka Anda akan mendapatkan teman yang satu tujuan dan Anda bisa bekerja sama dengannya. Jadi carilah teman sebanyak-banyaknya siapa tahu mereka bisa menjadi partner bisnis Anda di masa yang akan datang.

5. Sarana Promosi

Anda harus menjalin networking dengan siapa saja karena itu bisa memberi dampak positif bagi diri Anda. Jika Anda memiliki banyak teman, maka Anda tidak akan merasa canggung bila akan menawarkan suatu jasa atau produk. Contohnya Anda memiliki usaha di bidang editing, maka Anda bisa mempromosikan melalui teman Anda tersebut, siapa tahu teman Anda mau mempromosikan lagi ke banyak orang dan hal tersebut bisa menjadi sebuah awal dari perkembangan usaha Anda.

6. Dapat Belajar Banyak Pengalaman

Ketika Anda menjalin networking tertama dengan kakak tingkat sewaktu kuliah, maka akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga dan banyak dari mereka yang menceritakan pengalamannya. Contohnya teman Anda tersebut akan menceritakan pengalaman ketika mengikuti tes TOEFL, pengalaman dari Dosen atau pengalaman lainnya. Nah dari pengalaman tersebut Anda bisa belajar dan mempersiapkan diri ketika terdapat suatu permasalahan. Jika Anda sedang di posisi tersebut, maka Anda sudah berada di jalan yang benar.

7. Menjadi Pribadi Yang Aktif

Dengan mengikuti organisasi maka Anda akan dilatih menjadi pribadi yang aktif dalam segala bidang, karena disana pasti Anda akan disuruh untuk menyalurkan aspirasinya kepada teman yang lain. Terlebih jika sedang ada acara atau even pasti setiap organisasi akan membentuk panitia dan dari panitia tersebut Anda akan dilatih untuk melakukan berbagai macam kegiatan dan menjadikan diri Anda ekstrovet.
 
Nah itulah 7 manfaat menjalin networking dengan banyak orang, dan itu harus dilakukan oleh siapa saja demi perkembangan karir di masa depan. Tetapi perlu diingat, Anda harus pandai dalam memilih teman karena jika salah memilih teman maka akan berakibat fatal untuk kedepannya, bukannya menjadikan Anda disiplin, malah membuat Anda menjadi lebih malas. Bergabunglah dengan orang yang satu tujuan yaitu membangun masa depan yang lebih cerah.