Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Paling Ampuh Mengobati Cacar Air Untuk Semua Kalangan

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan karena virus yang biasa disebut dengan varicella zoster. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak saja, tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Menurut pemahaman orang biasanya penyakit cacar air hanya bisa datang sekali saja seumur hidup. Tetapi penyakit menular ini bisa terjadi kepada siapapun yang daya tahan tubuhnya menurun. Penularan cacar air bisa melalui batuk, bersin atau juga bisa melalui kontak fisik langsung dengan penderita karena terkena cairan yang melepuh. 
 
Untuk itu jika di sekitar Anda ada orang yang terkena cacar air, maka sebisa mungkin Anda menunda dulu bertemu dengannya agar tidak tertular dengan penyakit tersebut. Namun apabila Anda sudah sudah mulai merasakan seperti mual, tidak nafsu makan atau pusing selama kurang lebih 2 minggu, maka bisa dipastikan Anda mengalami gejala awal cacar air. Setelah itu cacar air akan mulai muncul seperti bintik ruam di sekitar wajah, perut, punggung, tangan dan dada. Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya kurang lebih sekitar 2 bulan, dan baisanya setelah bintik ruam tersebut melepuh akan meninggalkan bekas luka hitam. 
 
Bagi penderita cacar air usia remaja atau dewasa, pasti bekas luka tersebut akan sulit untuk hilang, berbeda dengan anak kecil. Sebenarnya dalam mengobati penyakit ini tergantung dengan kekebalan tubuh penderita. Untuk anak kecil biasanya hanya dengan mengolesi salep saja sudah bisa diatasi dengan baik, tetapi untuk orang dewasa harus membutuhkan penanganan yang khusus agar penyakit ini bisa cepat sembuh. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengalami penyakit cacar air.

Pengobatan Penyakit Cacar Air

7 Cara Paling Ampuh Mengobati Cacar Air Untuk Semua Kalangan

1. Hindari Menggaruk Ruam

Biasanya jika baru awal muncul bintik ruam, maka rasanya pasti akan gatal dan biasanya penderita akan menggaruk bagian yang gatal tersebut. Jika Anda terlalu sering menggaruk bagian yang ruam, maka bitnik tersebut akan semakin menyebar luas ke area tubuh dan itu akan sangat sulit untuk diobati. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa membeli obat gatal agar tidak terlalu sering menggaruk.

2. Mandi Air Dingin

Cara selanjutnya untuk mengobati cacar air yaitu dengan mandi dengan air dingin. Mengapa harus air dingin? Karena biasanya orang yang menderita cacar air akan merasakan panas dan ketika mandi dengan air dingin otomatis panas tersebut akan hilang. Selain itu Anda juga bisa mengompres bagian yang gatal dengan es batu agar lebih nyaman dan nyenyak ketika tidur.

3. Berikan Obat Penurun Panas Deman

Sebelum ruam menyebar luas ke area tubuh, sebaiknya minum obat penurun panas agar suhu tubuh tetap terjaga. Karena jika dibiarkan maka akan berakibat fatal seperti kejang-kejang. Obat penurun panas ini juga dapat meredakan gatal-gatal yang disebabkan karena keringat.

4. Istirahat di Rumah

Ketika Anda sedang mengalami penyakit cacar air, sebaiknya kurangi dulu aktivitas keluar rumah, karena posisi tubuh Anda pasti sangat lemas dan jika dipaksakan untuk keluar rumah maka resiko pingsan di tengah jalan akan semakin besar. Selain itu penyakit cacar air ini bisa menular ke siapa saja, dan jika Anda terlalu sering beraktivitas di luar maka akan membahayakan orang di sekitarnya.

5. Menggunakan Obat Alami

Dalam mengobati cacar air juga bisa menggunkan bahan alami seperti madu, cuka apel, baking soda, oatmeal, minyak lavender dan kunyit. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut untuk mengobati luka yang masih membekas. Apabila Anda mengobatinya dengan bahan alami memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi akan lebih bermanfaat dan minim efek samping.

6. Menjaga Asupan Makanan dan Cairan

Penyebab utama cacar air yaitu sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah dan itu dikarenakan kurangnya asupan makanan dan nutrisi setiap harinya. Agar penyakit tersebut tidak semakin memburuk, maka perbaikilah pola makan Anda yaitu dengan makan teratur dan makanlah makanan yang bergizi serta minum air secukupnya. Selain itu Anda juga harus menghindari makanan yang pedas dan yang mengandung lemak. Untuk minuman usahakan menghindari yang mengandung soda atau minuman yang terlalu asam.

7. Mandi Air Dicampur Dengan Baking Soda

Untuk mengurangi rasa gatal di tubuh, Anda bisa mandi dengan menggunakan air dan dicampur dengan baking soda. Redam kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit. Mandi dengan menggunakan campuran baking soda tidak akan menimbulkan efek samping, jadi bisa digunakan oleh siapa saja yang menderita cacar air.
 
Setiap orang pasti akan mengalami penyakit cacar air dan cara mengobatinya pun sangat mudah, jadi jika Anda sedang mengalami penyakit ini tidak usah khawatir karena sekarang sudah banyak cara untuk menyembuhkannya. Tetaplah jaga kesehatan dan rajin berolahraga setiap hari agar terhindar dari penyakit cacar air.