Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Agar Tidak Menganggur Setelah Lulus Kuliah

Harapan semua mahasiswa yaitu bisa lulus tepat waktu dan bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang baik. Ketika Anda menjadi mahasiswa yaitu yang ada di pikiran Anda pasti bagaimana cara mendapatkan IPK yang bagus dan bisa segera bekerja di perusahaan yang diimpikan. Tetapi semua itu hanya berlaku saat menjadi mahasiswa baru saja dan ketika sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti akan dibebankan dengan tugas skripsi dan pasti akan stress dengan kehidupan setelah lulus kuliah. Hampir 80% mahasiswa di Indonesia setiap tahunnya pasti menganggur karena keterbatasan lapangan kerja. Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki kemampuan yang berbeda dengan mahasiswa pada umumnya. Nah ada beberapa cara yang bisa diterapkan oleh maba agar kuliah bisa berjalan dengan lancar dan setelah lulus tidak menjadi pengangguran.

Tips Agar Tidak Menjadi Pengangguran Terdidik

7  Cara Agar Tidak Menganggur Setelah Lulus Kuliah

1. Membangun Jaringan Semasa Kuliah

Ketika masih menjadi mahsiswa sebaiknya Anda bagun jaringan sebanyak mungkin, karena jika jaringan Anda luas maka itu akan menjadi jalan bagi Anda yang ingin mencari pekerjaan sesuai keinginan. Anda bisa membangun jaringan dengan dosen, teman atau orang yang bekerja di salah satu perusahaan incaran Anda. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan jika sudah lulus nanti.

2. Aktif Organisasi

Pengalaman berorganisasi menjadi syarat terpenting ketika memasuki dunia kerja. Sekarang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang mahasiswa yang dulunya sewaktu kuliah sangat aktif dalam mengikuti organisasi, karena dengan ikut organisasi maka Anda akan dilatih untuk menjadi pemimpin, berbaur dengan teman yang lain serta mengasah kemampuan public speaking Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan ilmu dari kakak tingkat yang sudah sukses di dunia kerja, dan pasti mereka akan memberikan pengalamannya selama menjadi mahasiswa.

3. Aktif Mengikuti Program Magang

Keterampilan seseorang menjadi modal utama untuk terjun di dunia kerja, untuk itu ketika ada program magang maka manfaatkan kegiatan tersebut agar skill Anda bisa meningkat. Anda bisa melakukan magang apabila liburan panjang, dan bisa memilih perusahaan yang Anda inginkan. Jangan gunakan waktu liburan Anda hanya untuk bermain game atau bahkan nongkrong dengan teman. Biasanya perusahaan tempat magang akan merekrut karyawan yang memiliki kemampuan yang cukup ahli di bidang yang mereka geluti.

4. Serius Dalam Mengikuti Mata Kuliah

Banyak mahasiswa yang meremehkan mata kuliah teori, karena mereka menganggap bahwa materi tersebut tidak penting dan tidak digunakan di dunia kerja. Memang ada beberapa mata kuliah yang tidak dibutuhkan di dunia kerja, namun Anda jangan semena-mena dengan mata kuliah tersebut, karena bsia jadi materi yang disampaikan dosen akan keluar ketika tes masuk dunia kerja. Jadi ikutilah semua mata kuliah sebaik mungkin dan kerjakan semua tugas yang diberikan dosen.

5. Kumpulkan Portofolio Sebanyak Mungkin

Portofolio merupakaan sebuah karya yang sudah Anda buat selama kuliah dan itu mempunyai nilai estetika yang tinggi. Hampir semua perusahaan besar membutuhkan yang namanya portofolio, karena HRD akan melihat seberapa kreatif mahasiswa tersebut selama kuliah. Contohnya Anda selama kuliah hobi menulis, maka buatlah tulisan sebanyak mungkin dan masukkan ke dalam sebuah website, dan nantinya setelah lulus bisa dibuat portofolio. HRD pasti akan melirik mahasiswa yang mempunyai karya daripada mahasiswa yang pasif dan hanya mengejar IPK.

6. Jangan Pernah Menolak Pekerjaan

Kebanyakan mahasiswa freshgraduate akan memilih pekerjaan sesuai dengan gelar dan jurusan yang mereka ambil selama kuliah, dan tidak mau bekerja apabila tidak sesuai dengan bidangnya. Nah sifat mahsiswa yang seperti ini bisa membuat mereka menjadi pengangguran. Jika Anda belum mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya, maka jangan gengsi untuk bekerja apa saja dan niatkan itu semua untuk mencari sebuah pengalaman.

7. Membangun Bisnis

Menjadi mahasiswa memang waktu yang tepat untuk melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya yaitu berbisnis. Mengapa mahasiswa wajib berbisnis? Karena ketika menjadi mahasiswa maka mereka belum memikirkan yang namanya keluarga, jadi masih bebas dalam melakukan berbagai macam hal. Maka dari itu gunakanlah masa kuliah untuk hal yang bermanfaat, dan jangan sampai masa muda Anda digunakan untuk hal yang berbau negatif agar tidak menyesal ketika sudah lulus.
 
Masa kuliah memang sangat menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman baru dari berbagai macam daerah di Indonesia. Tetapi harus selalu waspada dalam memilih pertemanan dan jangan sampai teman Anda menjerumuskan ke hal yang negatif. Ketika Anda ingin menyerah maka ingatlah orang tua di rumah yang ingin mengharapkan Anda menjadi orang sukses kedepannya, dan jangan sampai kuliah Anda sia-sia apalagi sampai nganggur. Untuk itu semangatlah dalam mencapai semua impian yang sudah Anda rencanakan dari awal dan semoga Anda semua bisa menjadi orang sukses.