Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Mudah Membuka Bisnis Babershop Untuk Pemula

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis yang masih berkembang sangat pesat yaitu barbershop. Mengapa barbershop? Karena sekarang banyak sekali pria yang membutuhkan penampilan yang stylish dan berkelas. Maka dari itu sekarang barbershop banyak sekali dijumpai di kota-kota besar. Di barbershop tidak hanya perlayanan rambut saja, tetapi juga ada tempat untuk ngobrol santai yang bisa membuat pelanggan semakin nyaman. Bagi Anda yang mempunyai skill di bidang tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk menjalankannya siapa tahu bisa berkembang.
 
Biasanya bisnis barbershop dilakukan oleh anak muda, karena anak muda pasti sudah mengetahui berbagai macam model yang diinginkan oleh semua orang. Untuk Anda yang berminat bisnis barbershop, maka perhatikan dulu beberapa tips dibawah ini agar bisnis barbershop bisa berjalan dengan lancar.

Tips Berbisnis Babershop

6 Tips Mudah Membuka Bisnis Babershop Untuk Pemula

1. Memilih Lokasi Yang Strategis

Langkah pertama dalam memulai bisnis barbershop yaitu dengan pemilihan lokasi. Usahakan Anda mencari lokasi yang strategis dan mudah untuk dijangkau, sehingga barbershop Anda akan mudah dilihat oleh orang lain dan kemungkinan untuk berkembang sangat besar. Anda bisa memilih tempat di daerah yang dekat dengan kampus, atau tempat keramaian. Apabila rumah Anda berada di kota dan lokasinya strategis, maka bisa dijadikan barbershop.

2. Buat Konsep Yang Menarik

Saat ini barbershop sudah mulai berkembang salah satunya yaitu dari segi konsep desainnya yang menarik. Contohnya Anda menambahkan alunan musik di dalam ruangan atau bisa juga buat barbershop Anda seperti café yang memiliki tempat untuk ngopi agar pelanggan bisa lebih santai dan betah ketika potong rambut di barbershop Anda. Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa hiasan yang tidak membosankan dan beri warna yang menarik.

3. Mempekerjakan Baber Berpengalanan

Kesuksesan bisnis barbershop tergantung dengan keahlian/skill yang dimiliki seorang baber itu sendiri. Jika baber yang Anda rekrut memiliki keterampilan yang luar biasa, maka kemungkinan bisnis Anda ini akan berkembang dengan pesat. Jika Anda ingin merekrut baber, maka perhatikan dulu keterampilan atau bisa juga lihat sertifikat yang mereka miliki. Selain itu, Anda juga harus memeperhatikan sikap mereka dalam menghadapi pelanggan. Semakin ramah baber dalam melayani pelanggan, maka akan semakin betah pelanggan tersebut di barbershop Anda, bahkan mereka akan merekomendasikan barbershop Anda kepada orang lain.

4. Mempersiapkan Peralatan Yang Lengkap

Peralatan yang lengkap memang sudah menjadi syarat mutlak dalam membuka bisnis barbershop, karena semakin banyak alat yang disediakan maka akan semakin mudah ketika pelanggan meminta  model rambut tertentu. Anda juga harus menyediakan kursi yang nyaman, cermin ukuran 1x2 meter dan jika perlu tambahkan AC agar lebih nyaman. Untuk peralatan cukur Anda bisa membelinya secara paket kumplit yang sudah disediakan di berbagai macam toko khusus barbershop.

5. Menyediakan Paket Promo

Ketika baru saja membuka bisnis barbershop, sebaiknya Anda berikan promo kepada pelanggan agar mereka semakin tertarik untuk datang ke barbershop Anda. Sesuaikan harga dengan usia, contohnya orang dewasa dengan harga Rp.30.000 dan anak-anak Rp.20.000. Selain itu, coba tawarkan beberapa paket seperti creambath, hair cloring, cukur kumis dan cukur rambut. Anda juga bisa memberikan potongan harga hingga 50% untuk pelanggan pertama sebagai promosi. Agar lebih menarik lagi, berikan diskon seperti potong rambut gratis bagi mereka yang sudah berkali-kali melakukan potong rambut di barbershop Anda.

6. Mengikuti Trend

Cara selanjutnya agar sukses dalam bisnis barbershop yaitu selalu up to date tentang gaya rambut yang diminati. Hal ini yang menjadikan perbedaan antara barbershop dan tempat cukur biasa. Selalu pantau terus public figure agar Anda bisa melihat gaya rambut mereka dan nantinya bisa diterapkan di barbershop Anda. Selain itu Anda juga bisa mencari referensi di berbagai media seperti pinterest agar tahu gaya rambut yang disukai.
 
Itulah 6 tips sukses berbisbis barbershop yang harus Anda lakukan. Kunci sukses dalam membuka barbershop yaitu pemilihan lokasi dan juga sistem pelayanannya yang bagus. Ketika barbershop Anda sudah berkembang maka bisa membuka cabang di daerah lain agar lebih maju lagi.