Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Dampak Buruk Kecanduan Gadget Bagi Anak Usia Dini

Di era teknologi yang samakin canggih seperti sekarang ini, semua orang pasti akan mengenal lebih dalam tentang gadget atau sejenisnya. Gadget memang sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui segala informasi yang ada. Bahkan anak kecil pun sudah bisa mengoperasikan gadget seperti bermain game dan melihat video di youtube. Di sini peran orang tua sangatlah penting dalam mengenalkan teknologi pada anak, tetapi selalu berikan batasan ketika mereka sedang menggunakan gadget dan jangan sampai niat baik Anda malah berakibat fatal, contohnya anak menjadi kecanduan gadget. Apabila Anak sudah ketergantungan dengan gadget maka akan menimbulkan bahaya yang mana itu akan terus dirasakan hingga sudah tua nanti. Berikut beberapa dampak buruk jika anak terlalu sering bermain gadget.

Akibat Kecanduan Gadget

6 Dampak Buruk Kecanduan Gadget Bagi Anak Usia Dini

1. Bahaya Radiasi

Apabila anak terlalu sering bermain gadget maka gangguan kesehatan pun akan terjadi terutama radiasi pada mata. Kebanyakan anak jaman sekarang bermian gadget seharian penuh, apalagi sekarang sekolah masih online pasti banyak anak yang menggunakan Hp dalam sistem pembelajaran. Tidak hanya itu, ketika pelajaran sudah selesai biasanya mereka bermain game bersama teman-temannya sampai lupa waktu. Maka dari itu, kebanyakan dari mereka yang ketergantungan gadget sudah memakai kacamata minus.

2. Penurunan Perkembangan Otak

Banyak peneliti yang membuktikan jika anak terlalu banyak bermain Hp, apalagi bermain game maka kualitas otak mereka akan menurun dan mereka menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Padahal lingkungan menjadi hal yang sangat penting untuk perkembangan anak dan apa jadinya jika anak kecil sudah terbiasa bermain game dan tidak peduli dengan apa yang dilakukan orang lain, pasti mereka akan merasakan akibatnya 10 tahun mendatang.

3. Menjadi Introvert

Terlalu lama di rumah dan bermain gadget akan membuat anak menjadi orang yang introvert, artinya anak tersebut tidak bisa berbicara dengan lancar dan pemalu karena menghabiskan waktunya hanya untuk bermain gadget. Ketika dia sudah dewasa, maka mereka sulit untuk bergaul dengan orang baru dan selalu tertutup dalam hal apapun.

4. Obesitas

Akibat selanjutnya yang akan dirasakan jika anak terlalu lama bermain gadget yaitu penyakit obesitas, karena mereka jarang melakukan kegiatan fisik yang mengakibatkan tubuh tidak bisa membakar kalori dengan baik. Biasanya anak yang kecanduan gadget kegiatannya hanya makan, tidur dan asik dengan gadgetnya sendiri. Maka dari itu banyak sekali penyakit yang menyerang tubuhnya.

5. Prestasi di Sekolah Menurun

Lihat saja perkembangan anak yang kecanduan gadget dengan yang tidak pernah bermain gadget, pasti akan sangat berbeda ketika di sekolah terutama dalam hal prestasi. Mereka yang asik dengan gadgetnya biasanya tidak akan peduli dengan apa yang disampaikan oleh guru dan akibatnya ketika ulangan tidak bisa mengerjakan. Untuk itu bagi orang tua yang anaknya masih SD atau SMP sebaiknya batasi mereka dalam menggunakan gadget, karena itu semua untuk kebaikan anak Anda.

6. Menurunnya Minat Baca

Jika anak terlalu banyak mengoperasikan gadget, maka mereka tidak akan mempedulikan apapun terutama membaca. Pasti ketika disuruh membaca mereka akan menolak dan lebih menyukai youtube sebagai media mencari informasi. Memang ketika anak melihat youtube tidak sepenuhnya salah, tetapi jika keseringan akan membuat anak tersebut jarang membaca buku, padahal informasi yang sesungguhnya berasal dari buku.
 
Semua orang tua harus tegas dalam mendidik anaknya agar masa depan anak tertata dengan baik. Jangan biarkan anak terlalu lama mengoperasikan gadget, jika Anda memperbolehkan maka batasi waktu penggunaannya, contohnya anak boleh bermain gadget selama 2 jam saja tetapi setelah mereka selesai belajar agar mereka tidak lupa dengan kewajibannya sendiri.