Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Manfaat Mentor Dalam Perkembangan Sebuah Bisnis

Bisnis merupakan sebuah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendiri, karena itu akan sangat sulit terlebih bagi pemula. Nah untuk Anda yang baru terjun ke dunia bisnis sebaiknya carilah seseorang yang sudah sukses di bidang tersebut atau biasa disebut dengan mentor/pelatih. Saat berlatih mobil saja harus membutuhkan mentor agar cepat bisa menyetir, apalagi dengan bisnis yang resikonya sangat besar, pasti harus mempunyai mentor agar semuanya bisa diarahkan dengan baik.
 
Untuk mendapatkan mentor, Anda bisa mengikuti berbagai komunitas bisnis yang ada di Indonesia. Di sana Anda akan betemu dengan banyak orang yang sudah sukses dan bisa Anda pilih sebagai mentor bisnis. Selain itu, mentor juga memiliki berbagai macam manfaat loh terutama dalam perkembangan bisnis. Pengen tahu apa manfaat mentor? Berikut ada beberapa manfaat jika Anda mempunyai mentor dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Manfaat Mempunyai Mentor Bisnis

5 Manfaat Mentor Dalam Perkembangan Sebuah Bisnis

1. Mendapat Pembelajaran Nyata

Ketika belajar bisnis tidak hanya dari buku saja, tetapi bisa melalui mentor yang siap membimbing Anda dari 0 sampai sukses seperti mereka. Anda akan mendapatkan banyak ilmu yang berharga dan itu akan langsung disampaikan oleh mentor bisnis Anda. Selain itu, pasti mereka akan menceritakan berbagai macam pengalamannya selama berbisnis, keluh kesah dan trik membangun sebuah bisnis agar bisa berjalan dengan lancar dan Anda akan diarahkan untuk bisa sukses seperti yang mereka rasakan.

2. Kemungkinan Sukses Lebih Besar

Mentor/pelatih memiliki peran yang sangat besar untuk kesuksesan Anda. Bagaimana tidak, mereka pasti akan membagikan berbagai macam tips dan trik agar menjadi orang sukses. Maka dari itu Anda bisa meniru semua kegiatan yang dilakukan oleh mentor agar nantinya bisa seperti mereka. Hampir 95% orang sukses pasti membutuhkan yang namanya mentor. Bagi Anda yang mempunyai mentor, maka ikutilah jejak mereka untuk menuju jalan yang lebih baik lagi.

3. Memberikan Dukungan

Ketika melakukan bisnis pasti membutuhkan yang namanya dukungan dari seseorang terutama mentor. Mentor yang baik pasti akan memberikan pengaruh positif bagi Anda karena mereka akan selalu memberikan saran yang baik ketika Anda mengalami kesusahan dalam berbisnis. Mereka juga sudah pernah mencicipi semua permasalahan mulai dari permasalahan ringan hingga rumit. Jadi kemampuan mereka dalam membimbing Anda tidak usah diragukan lagi.

4. Mengurangi Kesalahan

Dalam dunia bisnis pasti Anda akan menemui berbagai macam masalah, dan itu pasti dialami bagi pengusaha pemula. Nah untuk mengurangi terjadinya kesalahan, maka Anda butuh mentor yang sudah pernah mengalami berbagai macam hal dalam hidupnya. Mereka akan menyarankan Anda untuk melakukan kegiatan positif, dan jika mentor tersebut menyuruh Anda untuk melakukan sesuatu maka segeralah lakukan karena tidak mungkin mentor akan menjerumuskan Anda ke hal negatif, pasti mereka akan mengarahkan Anda ke hal yang benar dan minim resiko.

5. Sebagai Motivator

Setiap orang pasti pernah mengalami titik kejenuhan dan keterpurukan dalam berbisnis. Mereka akan merasa putus asa dan merasa bahwa kegiatan yang selama ini dilakukan sia-sia, nah disinilah peran mentor menjadi sangat penting. Mereka akan memompa semangat Anda agar lebih baik lagi. Kebangkrutan dalam berbisnis sudah menjadi hal biasa yang dialami seorang pengusaha, dan mereka pasti akan bangkit lagi untuk meraih apa yang sudah diimpikan sebelumnya. Mentor akan memotivasi Anda dan memberikan dukungan agar Anda bisa bangkit dari keterpurukan. Jika Anda bisa mengatasinya pasti Anda akan semakin mahir dalam mengelola sebuah bisnis.
 
Apabila Anda sudah menjadi orang sukses, maka jangan pernah lupakan mentor karena berkat jasa merekalah Anda bisa meraih semua yang Anda cita-citakan. Bersilaturahmi menjadi hal yang sangat penting dalam mempererat persaudaraan Anda dengan mentor. Selain itu, Anda juga bisa membawakan sedikit oleh-oleh kepada mentor sebagai wujud rasa terimakasih karena sudah membimbing Anda sampai sukses.