Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Membuka Bisnis Kos-Kosan Pasif Income Untuk Pemula

Investasi yang paling menguntungkan yaitu dengan cara membuka bisnis kos-kosan, karena hampir semua orang rantau pasti membutuhkan tempat tinggal, tak terkecuali mahasiswa. Semakin bertambahnya tahun, harga kos-kosan akan semakin mahal, sekarang saja rata-rata sewa satu kamar kos dengan biaya 500 ribu perbulan, itu pun kosan yang berada di kota kecil seperti Purwokerto, Salatiga, Cilacap dan lainnya. Sementara di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya pasti harga kos akan semakin mahal bahkan ada yang sampai 2 juta perbulan. Hal tersebut membuat peluang bisnis kos-kosan di masa yang akan datang semakin menjanjikan. Namun masih banyak orang yang mempunyai dana lebih tetapi tidak tahu bagaimana cara memulai bisnis kos-kosan ini. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai bisnis kos -kosan.

Tips Memulai Bisnis Kos-Kosan

5 Cara Membuka Bisnis Kos-Kosan Pasif Income Untuk Pemula

1. Melakukan Survei Lokasi

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan survei lokasi, dimana Anda bisa mencari lokasi yang banyak didatangi oleh perantau contohnya area kampus, tempat industri atau bahkan sekolah. Karena jika Anda membangun kos di lokasi tersebut, pasti kedepannya akan berjalan dengan baik, karena kebanyakan mahasiswa mencari tempat kos yang deket dengan kampus agar lebih mudah ketika ada kegiatan mendadak. Selain itu perhatikan juga kemudahan akses, keamanan, dan juga fasilitas umum  yang ada di lingkungan tersebut. Jangan sampai ketika Anda sudah membangun kos-kosan, malah terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Sediakan Tempat Yang Layak

Ketika membangun kos-kosan, Anda harus membuat desain yang menarik dan biasanya ukuran kamar kos yaitu 3X3. Selain itu sediakan beberpa furniture yang layak pakai. Jika Anda berkenan maka bisa mendatangkan petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungan kos setiap hari. Dan jangan lupa terapkan aturan yang sesuai misalnya gerbang harus ditutup ketika sudah jam 22.00 agar suasana kos bisa lebih nyaman.

3. Perhatikan Harga Sewa

Dalam menentukan harga sewa kamar kos tergolong susah-susah gampang, karena jika Anda mematok harga terlalu mahal maka kos akan sepi peminat, dan jika harganya terlalu murah pasti akan rugi. Anda bisa mempertimbangkan dari beberapa aspek yaitu dari segi fasilitas, perlengkapan dan lokasi kos. Biasanya kos-kosan yang lokasinya dekat dengan kampus atau kantor harga sewanya akan lebih mahal.

4. Dekat Dengan Penghuni Kos

Jika Anda sudah menjadi pemilik kos, maka usahakan untuk selalu menyapa penghuni kos atau bahkan bisa bertukar pikiran walaupun hanya sebentar. Apabila Anda bersikap ramah kepada penghuni kos, maka mereka akan betah bahkan akan merekomendasikan kos Anda kepada teman-temannya. Sebaliknya jika Anda bersikap cuek, maka mereka akan merasa terbebani ketika tinggal di kos dan pasti tidak akan bertahan lama.

5. Lakukan Promosi

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, dan membuat semua orang bisa mengakses internet dengan mudah. Hal ini bisa Anda manfatakan untuk promosi kos-kosan melalui berbagai macam platfom, seperti media sosial atau bahkan iklan baris. Anda juga bisa mendaftarkan tempat kos Anda di Mami Kos, karena kebanyakan mahasiswa mencari kosan lewat website tersebut. Selain itu Anda juga bisa melakukan potongan harga untuk penghuni pertama.
 
Itulah cara membuka bisnis kos-kosan yang bisa Anda lakukan. Bisnis kos akan berjalan dengan baik jika lokasinya di tengah kota, tetapi jika Anda membuat kos di pedesaan pasti akan sepi. Untuk itu bagi Anda yang rumahnya di daerah kota, apalagi kota besar maka manfaatkan untuk berbisnis kos-kosan agar bisa mendapatkan pasif income.