Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa Semester Akhir

Setelah sekian lama menempuh kuliah akhirnya sampai juga di semester akhir atau semester 7. Biasanya mahasiswa yang sudah menginjak semester 7 akan bimbang dan pasti akan mendapat pilihan tentang tempat yang akan dijadikan sebagai awal menitih karir atau bisa disebut dengan magang. Magang bagi mahasiswa artinya mereka mencari pengalaman di sebuah perusahaan yang mereka impikan dan disitulah kemampuannya akan teruji dan pastinya mendapat banyak pengalaman berharga. Namun dalam memilih tempat magang harus sesuai dengan bidang yang Anda geluti, jangan sampai tempat magang Anda tidak sesuai dengan jurusan yang Anda ambil. Nah berikut beberapa tips yang harus dilakukan mahasiswa tingkat akhir agar tidak salah dalam memilih tempat magang.

Tips Cerdas Memilih Tempat Magang

5 Tips Memilih Tempat Magang Bagi Mahasiswa Semester Akhir

1. Tentukan Tujuan Magang

Ketika Anda ingin magang di sebuah perusahaan, maka jangan tergesa-gesa dalam memilih perusahaan tersebut. Tentukan dulu tujuan Anda mengikuti magang apakah ingin mencari nilai mata kuliah, mendapatkan pengalaman atau bahkan ingin merasakan rasanya terjun di dunia kerja. Selain itu Anda juga harus menggali potensi yang Ada pada diri Anda, dimana bakat yang Anda miliki dan Anda nantinya akan terjun di bidang apa. Jika Tujuan awal Anda hanya untuk mengisi waktu luang, maka carilah perusahaan yang biaa-biasa saja, namun jika niat Anda magang yaitu setelah lulus pengen bekerja di perusahaan tersebut, maka carilah perusahaan yang bagus dan berkualitas karena hal tersebut akan menentukan karir Anda di masa yang akan datang.

2. Kumpulkan Informasi

Dalam memilih tempat magang, Anda jangan fokus ke satu perusahaan saja, tetapi Anda harus aktif mencari informasi tentang perusahaan yang masih membuka lowongan untuk magang. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memilih tempat magang yang sesuai dengan bidang yang Anda sukai. Contohnya Anda kuliah di jurusan Teknik Telekomunikasi, maka carilah perusahaan yang bergerak di bidang tersebut dan jangan sampai Anda salah memilih perusahaan. Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut melalui website, kakak tingkat atau bahkan melalui dosen.

3. Konsultasi Dengan Kakak Tingkat

Apabila ingin magang di perusahaan, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada kakak tingkat yang sudah pernah magang, terlebih jika mereka magang di perusahaan yang Anda tuju. Anda bisa menyuruh mereka untuk menceritakan pengalaman selama magang di perusahaan tersebut dan mintalah pendapat atau saran apa yang harus dilakukan ketika magang. Dengan berdiskusi dengan kakak tingkat, otomatis Anda akan lebih memahami kelebihan dan kekurangan dari perusahaan yang Anda tuju, dan bisa mengerti bagaimana alur kerjanya.

4. Persiapkan Dokumen

Nah di tahap ini Anda akan dilatih untuk membuat CV, portofolio, dan surat lamaran. Jadi jangan asal-asalan dalam membuat sebuah CV karena itu akan sangat berpengaruh untuk karir Anda kedepannya. Sekarang banyak sekali contoh CV yang menarik dan bisa Anda dapatkan melalui berbagai macam website. Selain itu juga terdapat beberapa template yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan membuat CV agar lebih menarik lagi. Dalam membuat CV sebaiknya gunakan bahasa formal agar enak untuk dibaca, selain itu juga jangan lupa sertakan semua kemampuan yang Anda miliki agar HRD tertarik dengan bakat yang Anda kuasai.

5. Masukkan Lamaran sebanyak Mungkin

Hal yang penting dilakukan saat ingin magang yaitu kirimlah surat lamaran sebanyak mungkin dan jangan sampai Anda hanya mengirimkan surat lamaran ke satu perusahaan saja, karena tidak semua perusahaan menerima anak magang. Jika Anda diterima di banyak perusahaan, maka bisa memilih perusahaan mana yang cocok dengan kemampuan yang Anda miliki.
 
Magang merupakan langkah awal yang harus dilakukan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Jadi jangan asal-asalan dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan sebagai tempat magang. Dan ketika sudah diterima di tempat magang yang Anda inginkan, maka galilah informasi sebanyak mungkin karena informasi di tempat magang tidak akan didapatkan di bangku kuliah.