Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Membeli Rumah Yang Nyaman Untuk Ditempati

Rumah merupakan sebuah tempat tinggal yang wajib dimiliki oleh semua orang, bagaimana kita bisa hidup tenang jika tidak mempunyai rumah? Nah bagi Anda yang sekarang belum berkeluarga atau yang sudah berkeluarga alangkah baiknya memilih rumah yang nyaman dan memiliki fasilitas yang mumpuni. Banyak pilihan yan disediakan di sebuah perumahan, dan Anda bisa memilihnya sesuai keinginan. Namun jika Anda masih bingung bagaimana cara memilih rumah dengan baik, bacalah artikel ini sampai akhir. Berikut beberapa cara memilih rumah yang tepat.

Tips Membeli Rumah

7 Tips Membeli Rumah Yang Nyaman Untuk Ditempati

1. Perhatikan Kebutuhan Keluarga

Sebelum mencari sebuah rumah, sebaiknya tentukan dulu sesuai kebutuhan keluarga, misalnya jumlah kamar, apakah ada garasi atau tidak, apakah perlu taman atau tidak. Nah semua itu harus dibahas terlebih dahulu agar saat mencari rumah sudah tahu kriterianya seperti apa.

2. Lokasi dan Akses Rumah

Apabila ingin mencari rumah di perumahan, maka carilah yang aksesnya mudah, tujuannya yaitu agar pemilik rumah tersebut bisa menjangkau daerah mana saja di kota tersebut. Dan pilihlah lokasi rumah yang berada di tengah kota agar mudah dalam melakukan apapun. Tetapi harga perumahan yang ada di tengah kota sangatlah mahal, jika Anda mempunyai budget sedikit maka carilah di pinggir kota dan biasanya harganya akan lebih murah.

3. Lingkungan Sekitar Perumahan

Apabila Anda membeli rumah, maka perhatikan juga kondisi lingkungan di sekitarnya, jangan sampai Anda salah pilih rumah. Contohnya jika Anda membeli rumah di daerah Jakarta, maka jangan memilih lokasi yang rawan banjir agar tidak kerepotan bila musim hujan tiba. Lingkungan perumahan harus aman dari yang namanya pencurian, dan harus ada satpam demi keamanan.

4. Fasilitas Sekitar Rumah

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, maka carilah rumah yang fasilitas sekitarnya cukup lengkap, contohnya terdapat ATM, pom bensin, restsoran, mall. Karena jika semua itu ada di sekitar rumah Anda maka akan mempermudah segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari..

5. Spesifikasi Material Bangunan Rumah

Sebagian orang sangat cuek terhadap kualitas material dari bangunan rumah tersebut, padahal ini merupakan faktor yang paling penting dalam membeli rumah. Contohnya jika rumah yang ingin Anda beli tersebut terbuat dari batu bata maka akan lebih kokoh dibandingkan yang menggunakan batako, rangka atap yang terbuat dari baja akan lebih ringan daripada yang terbuat dari kayu. Jadi  ketika Anda mengecek bangunan rumah usahakan menanyakan kondisi material dan bahan yang digunakan.

6. Desain Rumah

Carilah rumah yang desainnya simple namun tidak membosankan dan cocok untuk keluarga Anda. Orang yang berjiwa terbuka biasanya akan memilih rumah yang memiliki banyak jendela atau dinding kaca.  Selain itu ada juga yang suka dengan seni, maka biasanya memilih rumah yang arsitektur bangunannya menarik dan semi tradisional.

7. Kesehatan Rumah

Sebagai tempat tinggal, pastikan rumah tersebut layak untuk dihuni dan mendukung untuk kesehatan keluarga Anda. Karena jika kondisi rumah tidak mendukung, maka semua itu akan berdampak buruk bagi Anda dan keluarga. Hal yang harus diperhatikan yaitu sistem pembuangan limbah yang ada di sekitar rumah, posisi jendela yang tepat agar ventilasi udara bisa masuk, dan lingkungan sekitar yang selalu dijaga kebersihannya oleh petugas kebersihan.  
 
Bagi Anda yang baru saja menikah pasti akan sangat senang ketika membeli sebuah rumah baru. Sebelum membeli rumah alangkah baiknya perhatikan beberapa tips diatas agar tidak salah pilih. Semoga Anda semua bisa menemukan tempat tinggal yang layak dan sesuai impian.