Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Belanja di Media Sosial Supaya Aman dan Tidak Tertipu

Belanja online memang terkesan sangat simpel dan mudah untuk dilakukan, Anda tinggal memesan melalui Hp maka barang akan langsung diantarkan ke alamat Anda. Tetapi sekarang ini perlu diwaspadai  karena banyak sekali modus penipuan online terutama di media sosial. Mereka akan mencari untung sebanyak-banyaknya yaitu dengan cara menipun konsumen. Maka dari itu Anda harus selalu berhati-hati dalam belanja online di media sosial, jika Anda tertipu dalam barang murah mah tidak menjadi masalah, yang jadi masalah jika Anda sudah transfer uang ratusan ribu atau bahkan jutaan, tetapi barang tdak sampai tujuan, itu yang sangat dikhawatirkan oleh pembeli. Nah agar terhindar dari penipuan tersebut, sebaiknya Anda  perhatikan beberapa tips berikut ini dan terapkan ketika akan belanja online.

Tips Belanja Online Dengan Baik

5 Tips Belanja di Media Sosial Supaya Aman dan Tidak Tertipu

1. Ketemuan Langsung (COD)

Ketika Anda membeli sebuah barang di media sosial seperti facebook, maka sistem belinya harus COD, kenapa COD? Karena dengan cara ini, maka otomatis penjual dan pembeli akan bertemu langsung dan si pembeli bisa melihat barang secara fisik yang sudah dipesan. Hal ini bisa mengurangi potensi kecurangan dalam jual beli. Jika si penjual meminta untuk mentransfer uang duluan, maka Anda jangan mau dengan permintaan tersebut, karena bisa jadi itu merupakan modus penipuan. Dalam sistem jual beli yaitu ada uang ada barang, jadi kalau Anda belum melihat barangnya dengan jelas, tidak usah transfer uang dulu.

2. Mengecek Barang Dari Semua Sisi

Jika Anda membeli sebuah Hp di facebook, maka ketika COD harus diperhatikan baik-baik kualitas barang tersebut. Kebanyakan orang yang membeli Hp di media sosial kena tipu karena kurang teliti dalam mengecek. Yang harus Anda perhatikan yaitu mulai dari keyboard, speaker, sinyal internet, dan maish banyak lagi. Kenapa Anda harus mengecek bagian keyboard? Karena banyak sekali kasus setelah membeli Hp di media sosial, keyboardnya ada yang tidak berfungsi, maka dari itu hal utama dalam membeli Hp yaitu mengecek kualitas keyboard.

3. Alasan Barang Tersebut Dijual

Sebelum Anda membayarnya, lebih baik tanya dulu mengapa barang tersebut dijual. Jika penjual menjawab karena butuh uang, maka tidak ada masalah bagi Anda yang ingin membelinya tetapi harus tetap waspada. Selain itu Anda juga harus menanyakan asal-usul barang tersebut, karena sekarang ini banyak sekali barang curian yang diperjual belikan kembali. Jika barang tersebut barang hasil curian, maka jangan sampai Anda membelinya.

4. Harga Yang Ditawarkan

Selain kualitas barang, perhatikan juga harga yang ditawarkan oleh penjual. Jika barang yang Anda beli berkualitas baik maka otomatis harga yang ditawarkan cenderung mahal karena sesuai dengan kualitas barangnya tadi. Nah apabila penjual tersebut menjual barang bagus tetapi harganya murah, Anda harus waspada karena bisa jadi  barang tersebut terdapat kerusakan atau hal lainnya.

5. Minta Foto KTP Penjual

Cara ini jarang dilakukan, tetapi jika Anda melakukannya maka sistem jual beli pasti akan berjalan dengan lancar. Sesudah Anda mengetahui kualitas barangnya dan sudah membayar, maka mintalah foto KTP si penjual. Jangan mau jika Anda hanya dikasih nomer Hp saja, karena bisa jadi ketika sudah sampai di rumah nomer Anda diblokir oleh si penjual jika mereka benar-benar penipu. Apabila nomer Anda diblokir, maka laporkanlah ke polisi dengan cara memperlihatkan foto KTP si penjual tadi. Apabila Anda sudah meminta foto KTP, maka si penjual akan merasa takut apabila akan menipu.  
 
Selalu berhati-hatilah dalam berbelanja online baik itu barang murah maupun barang mahal, karena sekarang ini tidak peduli anak muda atau tua semuanya bisa menjadi penipu. Dan jangan mudah percaya dengan siapapun walaupun itu teman sendiri atau bahkan saudara. Semoga artikel diatas bisa membantu Anda dalam membeli sebuah barang di media sosial.