Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tanda-Tanda Kalau Anda Sudah Mulai Dewasa

Mendengar kata dewasa pasti yang ada di benak orang lain yaitu tentang usia, mereka yang usianya sudah mencapai 20 tahun keatas disebut dewasa. Namun definisi dewasa yang sebenarnya buka dilihat dari usia, tetapi dari cara mereka berfikir dan memecahkan sebuah permasalahan. Banyak orang yang usianya masih muda sekitar 17-20 tahun tetapi pemikirannya sudah dewasa dan bisa berfikir lebih maju dibanding dengan orang yang usianya lebih tua dari mereka. Usia belum tentu menjadi penentu jika Anda sudah dewasa. Berikut beberapa tanda yang bisa membuktikan bahwa Anda sekarang sudah benar-benar dewasa meskipun usia masih muda.

Tanda Kedewasaan Seseorang

6 Tanda-Tanda Kalau Anda Sudah Mulai Dewasa

1. Bisa Memilih Baik dan Buruk

Tanda pertama yang menjadikan orang bisa disebut dewasa yaitu mereka bisa membedakan antara hal baik dan hal buruk. Contohnya ketika diajak temannya melakukan hal negatif bisa menolak karena sudah tahu akibat yang akan dirasakan jika melakukan hal tersebut. Jika Anda bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, walaupun usia Anda masih muda, sudah bisa dipastikan pemikiran Anda dewasa.

2. Berfikir Sebelum Bertindak

Orang yang pemikirannya sudah dewasa ketika ingin melakukan suatu hal, maka mereka mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulainya. Karena jika memulai tanpa berfikir, maka ujung-ujungnya pasti akan menyesal dibelakang. Berbeda dengan orang yang pemikirannya masih kekanak-kanakan, ketika mendapat suatu hal maka mereka langsung saja melakukan tanpa memikirkan akibat yang akan dirasakan.

3. Berbesar Hati Menerima Kritik

Kedewasaan seseorang bisa dilihat dari cara berfikirnya dan bagaimana mereka menrima kritik dari orang lain. Setiap kali melakukan kegiatan pasti ada saja orang yang mengkritik baik itu kritikan baik atau pedas. Mereka yang pemikirannya dewasa, ketika mendapat kritikan pedas dari orang lain tidak langsung emosi, malah diterima dengan senang hati dan membuat semua itu sebagai motivasi untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi.

4. Tidak Mudah Emosi

Ketika mendapatkan suatu cobaan pasti hampir semua orang meluapkan semua emosinya dengan berbagai cara, contohnya marah-marah pada orang lain, atau bahkan bisa dilampiaskan ke benda yang mereka miliki dan itu semua hanya dilakukan oleh orang yang pemikirannya belum dewasa atau bisa disebut dengan pikiran kecil. Berbeda dengan orang yang sudah dewasa ketika ada permasalahan, mereka menyelesaikannya dengan kepala dingin dan tidak melampiaskan emosinya dengan siapapun.

5. Tidak Haus Pujian

Sekarang banyak nih orang yang habis mendapatkan hadiah atau kejuaraan, mereka langsung posting di sosial media agar mendapatkan pujian dari teman-temanya. Selain itu dengan memposting hadiah atau prestasi, mereka pasti akan dicap sebagai anak yang pintar. Namun pemikiran orang dewasa tidak seperti itu, walaupun mereka mendapatkan banyak hadiah atau prestasi, mereka tidak akan mengumbar di media sosial dan mereka berfikir itu semua hanya pemberian dari Allah swt.

6. Bisa Mengalahkan Rasa Takut

Mereka yang pemikirannya sudah dewasa, pasti setiap kali ada tantangan, mereka akan melawannya dan terus maju sampai bisa. Tidak peduli apa kata orang lain, yang terpenting hanyalah bagaimana mendapatkan apa yang sudah mereka harapkan sebelumnya. Jika Anda masih memiliki rasa takut ketika ingin melakukan suatu kegiatan, maka belum bisa disebut orang dewasa.
 
Itulah 6 tanda jika Anda sudah mulai menjadi dewasa. Dewasanya seseoang tidak dilihat dari umur, tetapi dari cara mereka berfikir. Untuk Anda yang usianya sekitar 17-20 tahun tetapi pemikirannya sudah jauh kedepan, maka Anda sudah bisa disebut dewasa.