Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Prospek Kerja Bagi Lulusan S1 Kebijakan Pendidikan

Jurusan ini memang terkesan asing karena hanya terdapat di satu kampus saja yang menyediakan jurusan Kebijakan Pemerintah. Dibawah naungan FKIP, tentu jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tentang dunia pendidikan. Prospek kerjanya pun sangat luas, dan bagi Anda yang sekarang kuliah di jurusan ini bisa membaca artikel ini sampai akhir, karena akan membahas tentang prospek kerja lulusan kebijakan pendidikan.

Peluang Kerja Lulusan Kebijakan Pendidikan

7 Prospek Kerja Bagi Lulusan S1 Kebijakan Pendidikan

1. Penulis

Ketika lulusan dari Kebijakan Pendidikan pasti memiliki wawasan yang luas, karena selama kuliah sudah mempelajari berbagai macam hal sesuai dengan kebijakan pendidikan. Anda bisa menjadi seorang penulis handal, dan bisa mengembangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah melalui tulisan yang Anda buat. Jika Anda konsisten menulis, maka gaji yang diapatkan akan lumayan besar. Anda bisa membuat artikel tentang dunia pendidikan dan diupload ke website Anda.

2. Jurnalis

Di fakultas ini Anda tidak hanya diajari tentang dunia pendidikan saja, tetapi juga akan mengatahui berbagai macam hal seperti sosiologi, ilmu filsafat dan masih banyak lagi ilmu lainnya yang saling berhubungan dengan kebijakan pendidikan. Untuk itu, Anda bisa menjadi apa saja salah satunya yaitu jurnalis atau wartawan.

3. Staf Lingkungan Sekolah

Selain menjadi guru, Anda juga bisa bekarir sebagai staf lingkungan sekolah. Kemampuan Anda dalam mengkritisi kebijakan sekolah atau hal yang berhubungan dunia pendidikan, tentu akan sangat dibutuhkan mulai dari TK hingga perguruan tinggi.

4. Konsultan Pendidikan

Setelah lulus menjadi sarjana kebijakan pemerintah, Anda tidak usah khawatir karena banyak lowongan pekerjaan salah satunya yaitu menjadi konsultan pendidikan. Apabila Anda menjadi konsultan, maka bisa bekerja untuk pemerintah atau swasta. Disini Anda akan menganalisa atau mengkritisi semua kegiatan terkait tentang pendidikan. Gaji dari konsultan pendidikan sendiri tergantung seberapa besar kemampuan Anda dalam bisa tersebut.

5. Anggota Legislatif

Menjadi anggota legislatif menjadi pilihan selanjutnya bagi lulusan sarjana kebijakan pendidikan. Anda bisa melamar di berbagai lembaga mulai dari tingkat daerah hingga pusat. Semua ilmu yang Anda dapatkan di bangku kuliah bisa Anda terapkan dan dijadikan wawasan agar bisa mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

6. Wirausaha

Tidak usah malu apabila Anda lulusan sarjana tetapi memilih untuk menjadi pengusaha, karena prospek kedepannya bisa lebih baik jika dijalankan dengan konsisten. ilmu yang Anda dapatkan selama di bangku kuliah bisa diterapkan di dunia usaha.

7. Praktisi Pendidikan

Menjadi praktisi pendidikan merupakan sebuah tujuan bagi lulusan kebijakan pendidikan, karena semua ilmu yang Anda dapatkan bisa diaplikasikan di masyarakat. Gaji menjadi praktisi pendidikan bisa dibilang cukup besar dan itu semua tergantung dengan kemampuan Anda.
 
Jurusan S1 Kebijakan Pendidikan hanya bisa ditemui di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Jangan minder apabila Anda lulusan S1 Kebijakan Pendidikan, karena prospek kerjanya sangat luas dan akan terus dibutuhkan sampai kapanpun.