Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Persiapan Penting Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Setelah lulus kuliah pasti yang ada di pikiran mahasiswa yaitu mencari kerja dan mereka sibuk dengan CV-nya agar lebih cepat untuk dipanggil interview. Nah bagi Anda yang freshgraduate pasti akan mengalami hal yang sama. Ketika memasuki dunia kerja, semuanya harus dimulai dari nol lagi, karena suasana di tempat kerja sangat berbeda dengan lingkungan di perkuliahan. Anda harus beradaptasi dengan rekan kerja dan sebisa mungkin untuk berperilaku baik terhadap siapapun. Bagi Anda yang sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman kerja, maka ketika lulus kuliah pasti akan kebingungan. Nah agar Anda tidak bingung setelah lulus kuliah, bacalah artikel ini sampai habis karena saya akan membahas tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum memasuki dunia kerja.

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

6 Persiapan Penting Sebelum Memasuki Dunia Kerja

1. Mental

Ketika baru memasuki dunia kerja pasti ada saja omongan orang yang membuat hati Anda merasa tersinggung, dan hal tersebut sangat wajar karena Anda baru memasuki dunia kerja dan belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Untuk itu persiapkanlah mental dengan baik agar semua kritikan orang yang masuk tidak membuat Anda menjadi lemah, tetapi malah membuat Anda menjadi semakin kuat untuk menghadapi tantangan selanjutnya.

2. Mengenali Diri

Sebelum memasuki dunia kerja, alangkah baiknya carilah kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri Anda. Apabila memiliki kekurangan, maka tutuplah dengan kelebihan yang Anda miliki. Jangan sampai ketika sudah terjun di dunia kerja, Anda tidak mengetahui apa kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Dengan memperbaiki kekurangan, otomatis Anda akan lebih percaya diri kedepannya.

3. Mengasah Kemampuan

Jika Anda memiliki kemampuan di satu bidang, maka asah kemampuan tersebut agar nanti bisa bersaing di dunia kerja. Dengan memiliki kemampuan yang mumpuni, maka Anda akan lebih percaya diri ketika disuruh untuk membuat suatu projek di perusahaan. Kemampuan yang Anda miliki bisa dilihat dari hobi atau kebiasaan sewaktu kuliah yang sangat menonjol.

4. Mengontrol Emosi

Usia muda memang sangat sering melakukan kesalahan dan mudah sekali emosi. Mereka yang mudah emosi berarti tipe orang yang belum bisa menyelesaikan permasalahan dengan baik. Dan jika hal tersebut masih diterapkan di dunia kerja, maka kedepannya akan berdampak buruk bagi diri Anda sendiri. Untuk mengontrol emosi, Anda bisa meluangkan waktu untuk refreshing atau bahkan bisa dengan cara menarik nafas dan hembuskan secara perlahan. Sebaiknya kebiasaan buruk ketika masih kuliah jangan dibawa ke dunia kerja.

5. Menjadi Pendengar Yang Baik

Menjadi pendengar yang baik merupakan hal yang sangat berguna ketika sudah memasuki dunia kerja. Anda pasti akan mendapatkan apresiasi yang baik dari karyawan yang lain. Jika Anda dari sekarang sudah bisa menghargai pendapat orang lain dan mendengarkan curhatannya, maka suatu saat Anda akan dihormati juga oleh orang lain. Perilaku yang Anda lakukan kepada orang lain, pasti suatu saat akan kembali pada diri Anda sendiri.

6. Komitmen dan Disiplin

Sikap yang sudah diajarkan oleh guru maupun dosen tentang kedisiplinan, pasti akan sangat berguna ketika memasuki dunia kerja dan itu harus diterapkan setiap hari. Apabila Anda konsisten dengan pekerjaan, seberat apapun pekerjaan tersebut pasti akan terasa mudah dan berjalan dengan baik.
 
Itulah 6 persiapan yang harus diperhatikan mahasiswa terutama yang freshgraduate agar tidak grogi saat memasuki dunia kerja. Jangan jadikan kerja sebagai beban, namun jadikanlah sebagai kebiasaan yang baik. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda yang baru lulus kuliah dan ingin mendaftar pekerjaan.