Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Permasalahan Yang Sering Dialami Oleh Anak Kos

Jika Anda sudah menjadi seorang mahasiswa pasti akan mengalami yang namanya ngekos. Nah menjadi anak kos memang hal yang sangat menyenangkan karena bisa bebas dari aturan di rumah dan juga bisa kenal banyak orang. Tetapi anak kos juga sering mengalami sebuah permasalahan yang tidak  pernah terjadi di rumah. Berikut beberapa permasalahan yang sering dialami anak kos.

Permasalahan Anak Kos

8 Permasalahan Yang Sering Dialami Oleh Anak Kos

1. Telat Bangun Tidur

Nah ini yang paling sering dialami oleh anak kos. Jika Anda dirumah setiap pagi dibangunkan oleh orang tua, berbeda dengan di kosan karena Anda harus mengatur waktu tidur sendiri dan saat pagi hari sudah tidak ada lagi yang membangunkan Anda. Kebanyakan orang jika masih pertama menjadi anak kos pasti  bangunnya kesiangan.

2. Uang Habis

Anak kos yang mendapat uang saku bulanan harus bisa mengatur sebaik mungkin, dan ini akan sangat berat bila mendapat jatah bulanan yang minim. Biasanya anak kos yang cerdas akan masak nasi sendiri untuk menghemat pengeluaran. Dari keadaan itulah yang akan membentuk anak kos menjadi lebih dewasa dalam mengatur keuangan.

3. Sakit

Hampir semua anak kos pernah mengalami permasalahan ini. Hal yang paling berkenan jika menjadi anak kos yaitu sakit dan tidak  ada yang merawatnya. Ketika dirumah pasti ada ibu yang sering memperhatikan kita saat sakit. Tetapi jika sudah resmi jadi anak kos harus mempersiapkan semuanya dan harus kuat apabila tiba-tiba sakit.

4. Kamar Berantakan

Kebanyakan anak laki-laki jika ngekos pasti kamarnya berantakan, dan ini sudah menjadi hal yang lumrah dikalangan anak kos. Jika biasanya dirumah semua baju sudah ditata dengan rapi oleh orang tua, tetapi di kos baju akan berserakan di Kasur. Ketika Anda menjadi anak kos, harus pandai dalam mengatur baju agar tidak berserakan.

5. Tetangga Sebelah Berisik

Bagi Anda anak kuliahan pasti membutuhkan yang namanya ketenangan untuk mengerjakan suatu hal seperti mengerjakan tugas atau mengerjakan skripsi. Nah apa yang terjadi bila Anda sedang serius mengerjakan tugas tetapi tetangga sebelah bermain musik atau mendengarkan musik dengan nada yang sangat keras, pasti Anda akan terganggu dan merasa resah. Tetapi Anda harus menghadapinya dengan kepala dingin karena semua anak kos mempunyai sifat yang berbeda-beda.

6. Air Mati

Permasalahan pada air memang menjadi hal yang sangat dibenci oleh anak kos. Pasti Anda akan kesal ketika mau mandi tapi airnya mati, terlebih jika sudah tergesa-gesa mau masuk ke kampus, dan biasanya jika air mati mereka rela tidak mandi seharian. Masalah seperti ini yang sangat berekesan bagi anak kos.

7. Kehilangan Barang Kesayangan

Sebagai anak kos Anda harus selalu berhati-hati dalam meletakkan barang di kamar, karena tidak semua teman kos baik kepada Anda. Biasanya barang yang sering hilang yaitu kalung, cincin, jam tangan, uang dan masih banyak lagi. Masalahnya yang ngekos bukan hanya orang dari satu daerah saja, tetapi dari berbagai daerah dan pasti memiliki sifat yang berbeda. Apabila Anda merasa kehilangan barang, maka langsung saja laporkan ke ibu kos agar masalah cepat diselesaikan.

8. Saat Bokek Diajak Main

Ini yang sering jadi bahan pertimbangan anak kos, ketika ada teman yang ngajak main tetapi Anda tidak punya uang, disitulah Anda akan berfikir lebih dalam. Apabila Anda menolak ajakan teman pasti teman tersebut akan menjauhi Anda, dan kalau Anda mengikuti ajakan teman uang Anda akan cepat habis. Nah jika Anda mendapat uang saku pas-pasan, maka sebisa mungkin gunakanlah dengan baik dan jangan menghambur-hamburkan uang, karena jika uang Anda habis dan orang tua belum ngirim pasti akan kesusahan sendiri.

Dari permasalahan itulah mental anak kos akan dibentuk dan biasanya orang yang sudah pernah ngekos akan lebih mandiri dan berfikir dewasa. Bagi Anda yang sekarang masih tinggal bersama orang tua, persiapkanlah semuanya karena tidak selamanya Anda akan bersama orang tua terus. Latihlah diri Anda dari sekarang mulai dari bengun tidur hingga menjelang tidur. Usahakan semua kegiatan rumah Anda lakukan sendiri agar saat ngekos sudah terbiasa.