Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Perbedaan Paling Menonjol Antara SMA dan SMK

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat menentukan kualitas diri seseorang, dan semua orang tua pun mengharapkan anaknya untuk sekolah lebih tinggi darinya. Saat anak lulus dari SMP, maka orang tua harus selalu memikirkan bagaimana pendidikan anak selanjutnya, apakah mau mendaftar SMA atau SMK, karena jika salah pilih akan membuat anak tersebut menjadi malas dalam belajar. Jadi orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Agar Tidak salah dalam memilih sekolah, maka bacalah artikel ini sampai selesai karena saya akan menjelaskan tentang apa saja perbedaan antara SMA dan SMK yang wajib diketahui.

Perbedaan SMA dan SMK

5 Perbedaan Paling Menonjol Antara SMA dan SMK

1. Tujuan Pendidikan

Sistem pendidikan di SMA dan SMK memiliki tujuan yang berbeda yaitu jika SMA mendidik siswanya agar fokus untuk belajar untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi karena kebanyakan mempelajari tentang teori, sedangkan SMK lebih condong ke praktek dan setelah lulus bisa langsung terjun di dunia kerja. Selain itu anak SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan yang sesuai.

2. Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di SMK lebih mahal jika dibandingkan dengan di SMA, karena di SMK lebih banyak praktek dan pasti membutuhkan yang namanya alat untuk praktikum, sedangkan SMA siswanya teoritis dan minim praktek, jadi biaya yang dikeluarkan lebih murah. Tetapi itu semua tergantung dari akreditasi sekolah Anda, jika sekolah Anda berakreditasi A atau sekolah unggulan, maka biayanya akan semakin mahal.

3. Jenis Jurusan

SMK memang sudah menjadi sekolah yang memfokuskan siswanya agar lebih siap untuk kerja, sehingga jurusan yang disediakan cukup banyak dan bagi Anda yang ingin menekuni satu bidang maka lebih baik pilih SMK saja. Sedangkan SMA jurusan yang disediakan yaitu IPA, IPS, Bahasa, dan jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang ahli dalam bidang teori.

4. Dunia Kerja

Sekarang banyak orang yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke SMK, karena siswa lulusan SMK pasti akan lebih siap untuk bekerja karena pada dasarnya dari awal sudah difokuskan untuk praktek. Sedangkan siswa SMA belum siap menghadapi dunia kerja dan lebih banyak yang setelah lulus melanjutkan ke perguruan tinggi.

5. Lama Pendidikan

Lama pendidikan yang  diselenggarakan oleh SMA dan SMK berbeda, SMA hanya menempuh pendidikan selama 3 tahun saja sedangkan siswa SMK bisa menempuh pendidikan biasanya ada yang sampai 4 tahun karena mereka ada program PKL (Praktek Kerja Lapangan). Untuk Anda yang sudah siap untuk terjun di dunia kerja, maka saya sarankan memilih SMK saja.
 
Itulah perbedaan antara SMA dan SMK, dan diantara keduanya tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, tergantung dari masing-masing siswa dalam menjalaninya. Tetaplah berniat untuk belajar dimanapun Anda bersekolah, karena dengan belajarlah Anda bisa mengubah masa depan.