Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Perbandingan Antara Kuliah di Universitas Negeri Dengan Swasta

Kuliah merupakan hal yang sangat diinginkan hampir semua remaja. Setelah lulus dari SMA atau SMK pastinya ingin sekali melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, namun masih banyak siswa yang bingung antara kuliah di Universitas Negeri (PTN) atau kuliah di Universitas Swasta (PTS). Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya kuliah di Universitas Negeri karena mereka memandang bahwa Universitas tersebut memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan swasta. Persepsi tersebut harus segera ditinggalkan, karena sekarang sudah banyak Universitas Swasta yang tidak kalah bagus dengan Negeri, bahkan bisa bersaing hingga tingkat Internasional loh. Nah bagi Anda yang baru lulus sekolah, lebih baik perhatikan beberapa hal berikut ini agar lebih mantap ketika memilih sebuah Universitas.

Universitas Negeri VS Universitas Swasta

6 Perbandingan Antara Kuliah di Universitas Negeri Dengan Swasta

1. Fasilitas Kampus

Hal pertama yang perlu dilihat yaitu dari segi fasilitas kampus. Kampus negeri bisa dibilang sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari ruang kelas, laboratorium, musholla, wifi, bahkan kampus negeri biasanya memiliki lahan yang cukup luas, jadi jarak antara fakultas satu dengan yang lainnya cukup jauh. Sedangkan kampus swasta, setiap tahun pasti akan ada renovasi gedung atau bahkan bisa membuat gedung baru. Selain itu fasilitas di kampus swasta tidak kalah dengan negeri dan kualitasnya pun sudah cukup mumpuni untuk sistem pembelajaran.

2. Mahasiswa di Kampus

Tingkat persiangan masuk kampus negeri terbilang cukup sulit dan kebanyakan orang yang kuliah di kampus negeri didominasi dengan anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Biasanya mereka dulu waktu SMA sering meraih rangking antara 1 sampai 10 paralel. Selain itu kegiatan organisasi di kampus negeri terbilang cukup aktif dibanding dengan kampus swasta terutama banyak sekali UKM yang diadakan kampus negeri. Sedangkan di kampus swasta tingkat kecerdasan mahasiswanya terbilang cukup bagus karena ada juga siswa pintar yang lebih kampus swasta dibanding negeri dengan berbagai alasan.

3. Dosen Pengajar

Cara mengajar antara dosen kampus negeri dan swasta sangat berbeda. Dosen kampus negeri jarang banget yang mempunyai usaha di luar karena mereka sudah berstatus sebagai PNS, dan juga cara mengajarnya pun lebih bagus dan mereka fokus pada mahasiswa. Sedangkan dosen di kampus swasta cara mengajarnya masih setengah-setengah dan belum bisa maksimal ketika pembelajaran. Selain itu banyak juga yang memiliki usaha sampingan di luar, dan membuat kualitas mengajarnya berkurang.

4. Materi Perkuliahan

Jika Anda kuliah di kampus negeri pasti akan mendapatkan banyak sekali materi yang berstandar tinggi. Setiap pertemuan ada banyak tugas yang harus Anda kerjakan, jadi mahasiswa lebih fokus dengan materi perkuliahan dan juga aturan perkuliahan yang sangat ketat membuat mahasiswa lebih disiplin dalam hal waktu. Sedangkan sistem perkuliahan di kampus swasta terbilang cukup enak, karena meteri yang diajarkan tidak sesulit kampus negeri. Selain itu syarat untuk lulus pun bisa dipenuhi dengan mudah.

5. Biaya Kuliah

Nah ini alasan mengapa banyak orang tua yang menyarankan anaknya untuk kuliah di kampus negeri, yaitu biayanya yang cukup murah dan ditentukan dari pendapatan orang tua. Selain itu juga banyak sekali beasiswa yang ditawarkan di kampus negeri. Sedangkan di kampus swasta biaya perkuliahan sangat mahal, apalagi kampus swasta yang sudah terkenal dan memiliki akreditasi A. Biaya yang mahal tersebut akan digunakan untuk membayar Dosen, karyawan kampus dan juga untuk membangun gedung-gedung baru.

6. Reputasi Alumni

Banyak orang yang menganggap bahwa lulusan dari Universitas Negeri lebih memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan dengan Universitas Swasta. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena di Indonesia ada banyak kampus swasta yang memiliki lulusan yang berkualitas dan juga bisa mengalahkan lulusan dari kampus negeri.  Untuk saat ini universitas yang bisa bersaing di dunia kerja dan memiliki lulusan yang berkualitas yaitu dari Telkom University, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Islam Indonesia.
 
Itulah perbandingan antara kamus negeri dan kampus swasta. Anda bebas mau kuliah di mana saja asalkan niat dan belajar dengan fokus. Percumah jika kuliah di kampus negeri tetapi pemikiran Anda tidak bisa maju, bahkan bisa dibilang bodoh. Lebih baik kuliah di kampus swasta tetapi memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan bisa bersaing di dunia kerja.