Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Mengapa Anda Harus Melanjutkan Pendidikan ke S2

Pendidikan memang menjadi hal yang harus diperjuangkan semua orang, karena dengan pendidikan maka kualitas seseorang akan semakin terlihat dan pola pikirnya akan berubah. Orang yang berpendidikan tinggi dengan yang pendidikannya rendah pasti dari cara berfikirnya sudah berbeda. Maka dari itu Anda harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk berkolaborasi dengan lingkungan sekitar. Memang pendidikan tinggi tidak menjamin kesuksesan seseorang, tetapi setidaknya bisa menjadi jalan menuju sukses.
 
Sekarang banyak mahasiswa yang setelah lulus S1 langsung melamar pekerjaan sesuai dengan bidang yang dimiliki dan ada juga yang memilih untuk melanjutkan ke S2. Namun dari sekian banyaknya mahasiswa yang diwisuda, hanya beberapa saja yang lanjut S2 karena mereka mempunyai tujuan sendiri-sendiri. Jika Anda masih bingung setelah lulus S1 mau ngapain, maka bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S2. Berikut beberapa alasan mengapa Anda setelah lulus S1 harus lanjut S2.

Alasan Melanjutkan S2

6 Alasan Mengapa Anda Harus Melanjutkan Pendidikan ke S2

1. Masih Muda dan Ada Kesempatan

Mahasiswa yang lulus S1 rata-rata masih umur sekitar 23 tahun atau bahkan kurang. Nah umur segitu masih produktif untuk melakukan berbagai macam kegiatan dan tidak ada salahnya jika memutuskan untuk melanjutkan ke S2. Tujuan melanjutkan S2 yaitu agar karir kedepannya bisa lebih baik. Selain itu bagi pria yang umurnya masih di bawah 25 tahun belum memiliki tanggungan keluarga, jadi masih bisa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

2. Membanggakan Orang Tua

Semua orang tua pasti ingin sekali jika suatu saat anaknya menjadi orang sukses. Mereka pasti rela mengeluarkan uang demi membiayai kuliah anaknya, bahkan sampai S2. Jika Anda masih mampu terutama mampu dalam pikiran, maka lebih baik lanjut ke S2 agar bisa melihat orang tua bangga karena anaknya bisa menempuh pendidikan S2. Orang tua mana yang tidak bangga melihat anaknya bisa sekolah tinggi dan tentu tidak semua orang bisa lanjut ke S2.

3. Prospek Kerja Yang Meningkat

Sekarang banyak sekali perusahaan yang memprioritaskan pelamarnya menyandang gelar S2, karena dengan gelar tersebut otomatis orang akan lebih ahli di bidangnya. Bahkan setelah Anda lulus S2, banyak sekali perusahaan yang bisa Anda lamar dan itu akan menjadi peluang bagi Anda untuk mengembangkan karir. Selain itu lulusan S2 akan lebih mudah untuk naik jabatan ketika bekerja di sebuah perusahaan ternama.

4. Gaji Yang Lebih Tinggi

Tidak dapat dipungkiri apabila sudah menyandang gelar S2, ketika bekerja di perusahaan pasti akan mendapatkan gaji yang sangat fantastis. Dan tentunya gaji yang didapat jauh lebih besar dibandingkan dengan orang yang hanya lulusan S1. Bagi Anda yang ingin memiliki gaji besar ketika bekerja, maka tidak ada salahnya untuk memilih lanjut ke S2.

5. Bisa Menjadi Dosen

Bagi Anda yang berminat untuk terjun ke dunia pendidikan, salah satunya yaitu menjadi dosen, maka diharuskan untuk melanjutkan S2 karena syarat utama menjadi dosen yaitu memiliki gelar S2. Menjadi dosen sangatlah menyenangkan, apalagi diterima di perguruan tinggi favorit.

6. Lulus S1 Belum Mendapat Pekerjaan

Hampir semua lulusan S1 setelah wisuda mendaftar pekerjaan dan tidak sedikit dari mereka yang belum juga mendapatkan pekerjaan yang diimpikan atau bisa dibilang nganggur. Hal tersebut membuat para freshgraduate lebih memilih untuk melanjutkan ke S2. Bagi Anda yang lulus S1 belum mendapatkan pekerjaan, sebaiknya lanjut S2 atau bisa juga membangun sebuah bisnis.
 
Kesuksesan seseorang tidak dilihat dari seberapa tinggi mereka menempuh pendidikan, tetapi kesuksesan yang sebenarnya yaitu ketika mereka lulus mau melakukan hal apa dan bagaimana prosesnya. Sekarang banyak sekali lulusan S1 atau S2 yang masih menganggur karena persaingan di dunia kerja sangat ketat, jadi jika mahasiswa yang tidak memiliki skill pasti ujung-ujungnya akan nganggur. Jadi manfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin dan jangan sampai mengecewakan orang tua yang telah membiayai dari kecil sampai kuliah.