Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Manfaat Yang Akan Dirasakan Jika Rajin Menulis

Menulis merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan jika dilakukan secara ikhlas dan konsisten. Menulis bisa dikatakan susah susah gampang, karena harus mencari ide atau kerangka sebelum memulainya. Bagi yang sudah terbiasa menulis, paling membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuangkan ide kreatifnya, tetapi bagi pemula pasti akan merasa kesulitan dalam menulis, bahkan ada juga yang masih kesulitan menentukan suatu tema atau topik yang akan dibahas. Nah dari situlah banyak sekali orang yang enggan untuk menulis, padahal jika dilakukan secara konsisten menulis dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para penulis. Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika rajin menulis.

Manfaat Jika Konsisten Menulis

5 Manfaat Yang Akan Dirasakan Jika Rajin Menulis

1. Mengatasi Kepikunan

Orang yang sering menulis otomatis pikirannya akan terus berjalan menemukan berbagai macam ide yang akan dibuat karya tulis. Nah apabila otak Anda sering digunakan untuk berfikir maka secara tidak langsung bisa memecahkan berbagai macam permasalahan yang ada dan bisa mencegah kepikunan. Selain itu, otak Anda dapat dengan mudah menangkap sebuah informasi dari mana saja. Untuk itu jika Anda berkeinginan untuk melatih daya ingat atau mengatasi kepikunan, maka rajin-rajinlah menulis apapun itu artikelnya.

2. Melatih Untuk Terus Berkarya

Seorang penulis atau blogger pasti setiap harinya harus bisa menemukan suatu tema atau judul yang akan dibuat sebuah artikel dan artikel yang akan dibuat tidak boleh sama dengan artikel sebelumnya. Nah dari situlah ide kreatif muncul, lalu dituangkan di dalam artikel dan menjadi sebuah karya yang sangat bagus.

3. Melatih Cara Berfikir

Dengan menulis, maka Anda akan dilatih untuk selalu berfikir kritis, karena artikel yang Anda buat tidak hanya dibaca oleh 1 atau 2 orang saja, melainkan dibaca seluruh masyarakat. Untuk itu mereka yang sudah profesional biasanya menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami, sehingga orang yang membaca artikel tersebut menjadi lebih nyaman.

4. Bisa Mengurangi Stress

Apabila Anda selesai melakukan pekerjaan dan bisa dibilang stress dengan pekerjaan Anda tersebut, maka istirahatlah sejenak sambil berfikir untuk menentukan ide yang akan dibuat artikel. Anda bisa menuangkan segala keluh kesah selama bekerja dan juga bisa membagikan tips dan trik  yang bermanfaat bagi orang lain.

5. Melatih Kesabaran

Banyak yang beranggapan bahwa menulis merupakan hal yang sepele dan mudah untuk dilakukan. Semua itu memang benar jika dilakukan oleh orang yang sudah profesional, namun jika dilakukan oleh pemula menulis akan jauh lebih sulit dari apa yang sudah dibayangkan sebelumnya. Karena jika masih pemula pasti akan sulit untuk mencari pembaca yang setia dan juga sulit untuk menjadikan artikel dikenal orang. Jika dilakukan secara konsisten, maka lama-kelamaan kesabaran seseorang akan terlatih.

Jangan jadikan menulis artikel untuk mencari uang, melainkan untuk berbagi manfaat dan informasi kepada orang lain. Jika Anda menulis hanya karena uang, maka selamanya Anda tidak akan bisa menjadi penulis profesional. Karena penulis profesional menjadikan menulis sebagai hobi yang dijalankan setiap hari dan tidak mengharapkan uang sepeser pun. Jika dari menulis tersebut bisa medapatkan uang, maka itu merupakan bonus dari orang tersebut.