Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Yang Perlu Anda Ketahui

Tidur merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang setelah melalukan berbagai macam aktivitas seharian. Tidak hanya tidur malam saja loh, bahkan setiap orang harus melakukan tidur siang karena tidur siang memiliki berbagai macam manfaat yang jarang dikatahui. Banyak orang yang tidak mengatahui apa sih manfaat tidur siang. Berikut manfaat yang akan Anda rasakan jika melakukan tidur di siang hari.

Manfaat Tidur Siang

6 Manfaat Luar Biasa Tidur Siang Yang Perlu Anda Ketahui

1. Meningkatkan Daya Ingat

Nah ini sangat baik jika dilakukan oleh seorang pelajar maupun mahasiswa. Setelah setengah hari belajar di sekolah, sebaiknya luangkan waktu untuk tidur siang paling tidak 1 jam itu sudah cukup. Daya ingat seorang pelajar bisa dilatih dengan cara tidur siang, tetapi tidur siang harus selalu dibatasi dan jangan terlalu lama.

2. Menenangkan Pikiran

Bagi Anda yang sudah bekerja alangkah baiknya melakukan tidur siang walaupun sebentar, karena dengan tidur siang maka pikiran Anda akan kembali menjadi  fresh. Setelah tidur siang pasti Anda akan lancar dalam memikirkan sesuatu dan merencanakan hal berikutnya.

3. Memperbaiki Suasaana Hati

Ketika Anda sedang merasa sedih atau tidak mood dalam melakukan suatu kegiatan, maka luangkan waktu untuk tidur siang, karena banyak peneliti yang mengatakan bahwa tidur siang akan memperbaiki suasana hati.

4. Menjadi Lebih Bersemangat

Tahukah Anda bahwa dengan tidur siang dapat menjadikan diri lebih bersemangat loh. Dari yang  tadinya kurang fit atau malas melakukan suatu hal, setelah tidur siang sekitar 1 jam pasti akan kembali bersemangat. Untuk Anda yang masih sekolah, bisa melakukan tidur siang agar belajar di sekolah lebih bersemangat. Nah perlu diingat jangan tidur saat pelajaran, tetapi tidur saat istirahat saja.

5. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Ternyata tidur siang juga bisa mencegah penyakit jantung dan stroke, terlebih bagi Anda yang sering begadang. Jika Anda sering begadang, maka tambahlah watu tidur siang agar tidak terserang penyakit yang berbahaya. Manfaat ini bisa Anda rasakan apabila rutin tidur siang setiap harinya minimal 30 menit.

6. Menghilangkan Rasa Lelah

Setelah melakukan olahraga sebaiknya Anda melakukan tidur siang setidaknya 1 jam saja sudah cukup, karena dengan tidur siang maka otot yang tadinya tegang saat olahraga menjadi lebih ringan. Selain itu badan Anda akan terasa enak setelah tidur siang.
 
Itulah manfaat yang mungkin akan Anda rasakan ketika tidur di siang hari. Luangkah waktu untuk tidur siang walaupun sebentar karena itu akan sangat berdampak pada kesehatan jiwa dan raga. Ketika melakukan suatu pekerjaan maka harus diimbangi dengan tidur, karena jika dipaksa terus bekerja maka tubuh akan kelelahan dan ketika melakukan kegiatan selanjutnya pasti akan terasa malas dan tidak bersemangat.