Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

4 Lulusan Sarjana Yang Bakal Jadi Pengangguran

Berpendidikan tinggi memang menjadi impian semua orang, karena harapannya bisa mengubah hidupnya dan mengangkat derajad keluarga. Banyak orang yang sangat membanggakan gelarnya karena sudah menempuh bangku perkuliahan. Namun apalah daya, tidak semua lulusan sarjana bisa merasakan hidup yang layak dan sekarang ini banyak sekali lulusan sarjana yang jadi pengangguran, dan akhirnya ijazah yang telah diperjuangkan selama kurang lebih 4 tahun tidak ada gunanya. 

Bagaimana perasaan orang tua jika sudah membiayai anaknya kuliah di luar kota dengan biaya yang mahal tetapi anaknya setelah lulus malah menjadi pengangguran. Nah bagi Anda yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, pertimbangkan dulu dengan matang apa tujuan Anda kuliah dan mau jadi apa setelah lulus kuliah nanti. Jangan sampai menjadi pengangguran terdidik. Berikut beberapa lulusan sarjana yang akan menjadi pengangguran.

Lulusan Sarjana Yang Bakal Nganggur

4 Lulusan Sarjana Yang Bakal Jadi Pengangguran

1. Lulusan Sarjana Pendidikan atau Keguruan

Loh kok lulusan sarjana pendidikan banyak yang nganggur? Apa muridnya tidak ada atau apa permasalahnnya? Banyangkan saja setiap tahun lulusan sarjana pendidikan sangat banyak. Sementara tiap tahunnya belum tentu ada guru yang pensuin, nah kalau sekolah sudah tidak menerima lowongan guru lagi, yang lulusan sarjana pendidikan mau kerja dimana dan mau jadi apa? Jadi pertimbangkan terlebih dahulu ketika mau memilih jurusan pendidikan.

2. Lulusan Bisnis

Gimana ceritanya lulusan bisnis bakal jadi pengangguran? Sekarang Anda lihat saja dosen yang mengajar di jurusan bisnis apakah dia juga mempunyai bisnis sendiri? Jika dosen tersebut tidak mempunyai bisnis, maka ilmu yang diajarkan kepada Anda bukan dari pengalaman dia, tetapi dari pengalaman orang lain. Jika Anda ingin menjadi pengusaha, maka belajarlah langsung dari seorang pengusaha yang sudah sukses, dan tidak usah kuliah bisnis, karena ilmu yang didapat di bangku kuliah sama ilmu yang didapat langsung dari pengusaha sukses sangat jauh berbeda. Terlebih lagi jika lulusan bisnis tetapi setelah lulus tidak mempunyai modal yang cukup untuk usaha, maka itu semua akan sia-sia.

3. Lulusan Asal-asalan

Lulusan asal-asalan sudah pasti jadi pengangguran, tetapi jika nasibnya beruntung maka bisa bekerja di sebuah perusahaan besar. Jadi ketika Anda kuliah jalani dengan serius dan penuh semangat walaupun salah jurusan, karena nasib tidak ada yang tahu. Tugas kita sebagai manusia yaitu berusaha dan berdoa.

4. Pemalas

Mahasiswa pemalas bisa disebabkan karena beberapa faktor yaitu karena terdapat masalah dalam keluarganya atau bahkan malas dengan sistem perkuliahan. Seorang pemalas pasti dalam hidupnya tidak mempunyai visi, dan sebisa mungkin jangan menjadi sarjana pemalas, karena kasihan orang tua sudah mengeluarkan biaya yang banyak tetapi malah anaknya jadi sarjana pemalas. Ketika Anda merasa malas, maka ingatlah kedua orang tua Anda dirumah yang sedang berjuang mati-matian mencari uang untuk membayar kuliah Anda.

Memang benar apa yang dikatakan orang,  walaupun kita sudah kuliah bukan berarti pekerjaan akan datang dengan sendirinya, dan semua itu tergantung dalam diri orang tersebut. Jadilah sarjana yang berkualitas dan jangan sampai kalah dengan orang yang tidak kuliah. Orang yang tidak kuliah saja bisa sukses, maka yang kuliah harus bisa lebih sukses. Buat apa kuliah jika ujung-ujungnya nganggur, mending lulus SMA langsung terjun di dunia usaha.